Upload File di Java Servlet

Pada aplikasi berbasis web, terkadang saya perlu mendapatkan input dari user berupa file yang harus ia upload melalui web. Bagaimana melakukannya di aplikasi berbasis Java? Panduan singkat ini akan menerangkannya. Saya menggunakan servlet sebagai basis aplikasinya — sebenarnya tidak penting kita memakai basisnya, bisa servlet, bisa JSP biasa, atau struts, spring, JSF, whatever lah. Kemudian,… Continue reading Upload File di Java Servlet

Titik Terang Itu Mulai Terlihat

Minggu ini, tepatnya Jumat pagi kemarin, mission impossible-ku perlahan-lahan mulai terlihat ujungnya dengan berjalannya program fractal encoder-decoder-ku (akhirnya *whuzzz*). Dengan berbekal hanya referensi program C buatan Yuval Fisher tahun 1992, aku mencoba membangunnya di Java. Satu-satunya yang kujiplak dari Yuval adalah cara berpikir algoritmanya. Struktur data-nya harus aku bangun sendiri. Sedihnya, program Yuval tidak 100%… Continue reading Titik Terang Itu Mulai Terlihat

Published
Categorized as TA/Kuliah

Proposal TA-ku di-ACC Hari Ini

Implementasi Sistem Temu Kembali Citra Berdasarkan Histogram Parameter Fraktal Itu adalah judul TA-ku yang proposalnya sudah di-ACC (akhirnya) oleh dua dosen pembimbingku, pak RL dan pak IRF. Judulnya nggak keren banget yah? Lebih keren kalo pake bahasa inggris sebenernya: Implementation of Image Retrieval System Based on Histogram of Fractal Parameter (wikss…) Besok tinggal dikumpulkan ke… Continue reading Proposal TA-ku di-ACC Hari Ini

Published
Categorized as TA/Kuliah

Kasihan Orang Matematika

Yap, judul itu adalah kutipan perkataan pak RL yang masih berngiang-ngiang di telingaku. Kemarin kita mendiskusikan masalah teori fractal compression secara pendekatan algoritmik. Beruntunglah kita sebagai orang komputer. Untuk membuktikan suatu teori — misalnya suatu image kontraktif terhadap image lainnya — orang Ilmu Komputer cukup bikin program dan membuktikannya secara rekursif dan menampilkan hasilnya. Lha,… Continue reading Kasihan Orang Matematika

Published
Categorized as TA/Kuliah

Fractal Coding… huaaa… :((

emang susah betul yak… Pak Rully tu dah kurang baik apa, aku udah dikasih referensi buanyak sekali soal fractal compression, tapi kok ya akunya dedel nggak bisa bisa. ngerun program aja setengah mati. padahal waktu terus berjalan. pokoknya aku harus keluar dari ITS taon depan! tapi… hiks…. :((. udah lah, tak putusin, aku mulai ngoprek… Continue reading Fractal Coding… huaaa… :((

Published
Categorized as TA/Kuliah

Semangat Ngerjain TA Lagee

Tadi pagi pas presentasi PPL ke Bu Siti jaringan TC-107 putus ( payah… 🙁 ), jadi aku terpaksa ambil file dari eliza ke flash disk. Eeh.. di depan kelasnya PASTI ketemu Pak Rully, lalu kita jadi diskusi panjang soal semangat-ku yang memudar gara-gara pusing baca paper buat TA aku yang fractal coding. Akhirnya motivasi dari… Continue reading Semangat Ngerjain TA Lagee

Published
Categorized as TA/Kuliah