Informasi Lalu Lintas yang Tidak Jelas

Setiap pagi dan sore, radio selalu menemani perjalanan pergi dan pulang kantor. Secara periodik ada informasi lalu lintas untuk berbagai jalan. Ada yang hasil pemantauan sendiri ada juga yang bersumber dari TMC Polda Metro Jaya. Sampai sekarang informasi itu belum bisa berguna buat saya. Istilah kualitatif yang dipakai terlalu banyak: padat merayap, padat, ramai cenderung… Continue reading Informasi Lalu Lintas yang Tidak Jelas

Berbahasa Indonesia dengan Baik dan Benar

Bahasa Indonesia itu mudah karena menjadi bahasa sehari-hari. Tetapi untuk bisa berbahasa Indonesia dengan baik dan benar, itu urusan lain. Banyak faktor saya rasa. Selain karena strukturnya yang memang sulit, kita punya bahasa Indonesia yang tidak baku sehingga orang yang berbicara dengan baik dan benar akan menjadi terdengar aneh. Nggak usah jauh-jauh, masih banyak orang… Continue reading Berbahasa Indonesia dengan Baik dan Benar

Penulis Favorit

Mana yang duluan, tokoh-tokoh dalam buku yang mempengaruhi karakter atau pembaca buku memilih buku yang sesuai dengan karakternya? Dalam kasus saya, saya rasa pemilihan bacaan saat saya SD hingga SMP sangat mempengaruhi perkembangan karakter saya. Waktu SD, saya dikenalkan dengan Lima Sekawan (Enyd Blyton) dan kisah Trio Detektif. Saya sangat tertarik dengan tokoh Jupiter Jones… Continue reading Penulis Favorit

Published
Categorized as Intermezzzo

Superhero

Spoiler alert! Di film Spiderman 2, ada scene yang cukup berkesan buat saya, yaitu pada waktu Spiderman berusaha menjauhi Mary Jane waktu ia sudah mendapatkannya. Padahal sebelumnya, mati-matian ia berusaha mendekati Mary Jane namun selalu ditolak. Eh, pas sudah dapat, malah dilepaskan. Ngeselin ga tuh? Alasannya sangat romantis, Peter Parker tidak ingin Mary Jane celaka… Continue reading Superhero

Rangkaian Elektronika

Saya masih SD ketika saya dikenalkan rangkaian elektronika. Adalah kakak saya yang waktu itu mendapatkan pelajaran Elektronika di sekolah, dibelikan solder dan timah. Mencoba membuat PCB (Printed Circuit Board) sendiri dengan cara sablon — menutupi jalur sirkuit dengan spidol marker tahan air dan merendamnya di larutan ferric chloride¬†(FeCl3). Setelah larut dengan air dan menyisakan jalur… Continue reading Rangkaian Elektronika

Peraturan Lalu Lintas yang Tidak Konsisten

Saya pikir salah satu biang kerok penyumbang ruwetnya lalu lintas Jakarta adalah ke-tidak-konsisten-an peraturan lalu lintas. Maksudnya pelaksanaannya itu, kadang iya kadang nggak, pak polisi tidak tegas dan punya standar ganda. Misalnya tanda dilarang putar balik nih. Di perempatan 7-Eleven Mampang, kalau kita dari arah Rasuna Said, di situ terpampang jelas tanda dilarang putar balik.… Continue reading Peraturan Lalu Lintas yang Tidak Konsisten

Published
Categorized as Intermezzzo

Menelusuri Awal Mula Blog Saya

Pesan moralnya (halah, belum apa-apa kok sudah pesan moral): Hati-hati apa yang teman-teman tuliskan apapun di internet. Internet akan menyimpannya: selamanya! Meskipun kalian sudah hapus, itu akan tetap disimpan selamanya sebagai aib atau karya sastra di belantara digital. Saya baru saja menelusuri jejak-jejak tulisan saya di internet melalui http://www.archive.org, dan dia mengingatkan saya apa yang… Continue reading Menelusuri Awal Mula Blog Saya