Stand by Me Doraemon 2

Gara-gara bulutangkis Olimpiade Tokyo 2020 (2021), saya langganan Vidio premium selama seminggu dan mendapati ada film Stand by Me Doraemon 2 sedang tayang di sini. Film ini bercerita sekitar pernikahan Nobita dan Shizuka dan plot nya berlarian menyeberangi zona waktu masa depan dan masa lalu (definisi mesin waktu di Doraemon sangat sederhana, masa depan dan masa lalu itu seperti orang lain yang bisa kita temui dan ajak ngobrol).

Tentang pernikahan Nobita dan Shizuka ini, saya membandingkannya dengan cerita ending alternatif yang pernah viral di social media. Bahwa Doraemon tiba-tiba baterainya habis, lalu Nobita bertekad untuk bisa memperbaikinya lagi. Nobita yang bodoh dan ceroboh berubah menjadi sepintar Dekisugi. Di masa depan, akhirnya ia bisa mengembalikan Doraemon.

Saya lebih suka versi resmi Stand by Doraemon 2.

Nobita dewasa tetaplah sama dengan Nobita anak-anak. Tetap bodoh dan ceroboh. Nobita galau tidak bisa membahagiakan Shizuka karena kondisi dia begitu. Shizuka menerima lamarannya karena menurut Shizuka, Nobita tidak bisa hidup sendiri dan harus ditemani oleh orang yang perhatian dan mengerti Nobita. Ini bikin galau Nobita sehingga dia perlu merenung. Tempat merenungnya ga main-main, di tahun di masa Nobita kecil dengan menaiki mesin waktu Doraemon yang sedang mampir karena Nobita kecil ingin melihat pernikahan Nobita dengan Shizuka.

Ini realistis. Nobita tetap dijadikan apa adanya. Sikap Shizuka juga sangat sesuai dengan karakternya. Dia menyukai Nobita apa adanya. Ketika Nobita babak belur karena berusaha melindungi Shizuka, dia malah marah besar. Shizuka jelas tidak mungkin bisa menyukai dan menerima Dekisugi. Kita sering bertanya-tanya, kenapa? Padahal Dekisugi ganteng dan pintar? Kalau kita mendalami karakter Shizuka, tentu akhirnya kita bisa mengerti. Cinta itu tidak bisa dipaksakan. Bahkan jika Nobita tiba-tiba berubah sepintar Dekisugi seperti di cerita alternatifnya, bisa jadi Shizuka malah tidak menerima lamaran Nobita.

Pada akhirnya Nobita juga mengerti. Jika ia lari dari Shizuka, ia malah akan membuat Shizuka menderita. Dan demikianlah akhirnya mereka menikah. Selamat buat Nobita dan Shizuka.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *