Song Book of Our Life

It is such a great honor to be here tonight to introduce one of the greatest musical talents of our lifetime. A Man, who everything he touches turns the gold, and usually platinum. How can a career like David Foster be measured? 15 Grammy Awards, hundreds of hit records. His talent is interwoven into the songbook of all of our lives. 

Itu adalah kata-kata Andre Agassi, petenis terkenal itu, waktu membuka konser David Foster pertama (Hitman Concert David Foster and Friends 2008) yang menjadi salah satu konser terbaiknya sepanjang masa. Saya sangat setuju. Ada banyak lagu yang menjadi jangkar kenangan yang secara spesifik akan mengantarkan kita kepada kenangan itu.

Baru saja Spotify saya memutar lagu Here for You dari Firehouse. Tiba-tiba saya kembali ke awal-awal masuk SMU di SMUN 01 Boyolangu. Waktu itu saya baru beli kaset Firehouse dan sedang memutarnya berkali-kali di tape deck merk Sansui punya bapak. Suasana sekolah yang baru, teman-teman baru. Ternyata sudah 20 tahun yang lalu.

Ada satu album lagi yang punya jangkar kuat seperti itu. Albumnya Mr Big yang Deep Cuts. Itu seperti mesin waktu yang mengantarkan saya ke Malang, di sekitar Universitas Negeri Malang waktu saya kos tiga hari di sana untuk mengikuti ujian masuk universitas negeri yang waktu itu bernama SPMB. Langsung ingat angkot GL (Gadang Landungsari) yang mengesankan. Saya naik bus Tulungagung-Malang (bus Bagong) turun di terminal Gadang, lalu lanjut angkot GL atau LG. Saya sudah lupa nama jalan kos-kosannya, tapi waktu itu kos-kos-an baru, hanya berjarak 200 meter dari kampus Fakultas Ekonomi, tempat saya mengikuti ujian.

Bagaimana dengan sidang pembaca teman-teman sekalian? Apa ada daftar lagu-lagu yang punya jangkar kenangan begini?

One thought

  1. Ada, mas! Gangsta’s Paradise dari Coolio feat. L. V.!
    Lagu ini mengantar keberangkatan saya ke Surabaya, ke ITS, untuk memulai babak baru dalam hidup sebagai mahasiswa 😀
    Saat mau berangkat, tv di rumah lagi disetel MTV dan lagu yang lagi main ya Gangsta’s Paradise itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *