Tokopedia dan Baterai iPhone Saya

Ponsel iPhone 4S saya sudah berumur hampir tiga tahun. Ini adalah ponsel terlama saya yang sampai saat ini belum ada rencana untuk ganti. Semua kebutuhan saya masih bisa dilakukan oleh handphone ini. Alhamdulillah jatuh sana sini kok ya masih baik-baik saja hanya baret-baret kecil. Hanya saja baterainya yang sudah parah. Buat bermain CoC (Clash of Clans) hanya bertahan satu dua kali serang saja.

Jadi saya mempertimbangkan untuk membeli iPhone 6S baterai baru. Selama ini kalau ganti suku cadang ya ke mall Ambasador. Tapi tiba-tiba saya kepikiran, sebenarnya posisi kita lemah terhadap pedagang-pedagang di mall. Berapa harga baterai iPhone 4S? Katakanlah dikasih pedagang sana harganya 200 ribu. Kualitas ori. Oricina kwkwkw. Mana ada baterai Apple original, mereka tidak jualan suku cadang, tapi jualan service penggantian suku cadang. Siapa yang tahu kalau harga aslinya cuma 50 ribu? Mana minta langsung dipasang kan, ga pernah tahu bentuk fisiknya seperti apa. Tawar menawar sampai bosan dapat harga 120 ribu masih untung besar mereka. Mau muter-muter cek harga ke setiap toko juga percuma, saya yakin mereka telah membentuk kartel.

Pikiran saya langsung menuju toko online. Adanya toko online membuat kita memiliki banyak pilihan. Pedagang di mall emang banyak, tapi karena mereka bersekongkol, banyak pilihan itu semu. Sebenarnya pilihan kita tidak banyak. Lain dengan toko online yang penjualnya berbeda-beda.

Saya menuju ke toko online yang lagi gencar promosi dimana-mana. Yang ikonnya Isyana Sarasvati itu. Tokopedia. Sebenarnya kalau ga salah dulu lebih ramai Bukalapak. Tapi nampaknya kekuatan uang berbicara di sini. Seperti Lazada dulu yang menggusur toko-toko online yang lebih dulu hadir karena promosinya yang sangat rajin pasang iklan dan baliho.

Ada banyak variasi baterai. Dari harga 50 ribu sampai harga 300 ribu. Yang mana yang harus dibeli? Apa jaminannya saya beli yang 300 ribu dapat dengan kualitas 300 ribu juga? Karena ga ada jaminan — sama saja kayak di mal Ambasador — saya memilih berdasarkan reputasi penjual dan review positif yang paling banyak. Saya akhirnya beli yang harga Rp. 110.000.

Barang datang sehari kemudian. Modal nekat, saya membongkar sendiri iPhone saya. Andalan saya sama: Youtube. Mungkin saya merasakan apa yang dirasakan dokter bedah waktu melakukan operasi pertamanya. Saya mengikuti petunjuk dari Youtube dengan hati-hati. Dan saya baru bisa bernapas lega ketika baterai terpasang dan iPhone bisa start-up dengan sukses.

Performa baterai pengganti ini lumayan. Dari yang cuma tahan 2-3 jam menjadi 4 hingga 6 jam. Buat saya ini sudah cukup. Ayo clan waaar!

By Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

7 comments

  1. soal toko onlen saya lebih suka olx utk liat2 barang2 belas, maklum hobi #Lah. tapi kalo utk sparepart sepeda tetep bukalapak juaranya, lebih lengkap disitu. Tokopedia belum eksplore, karena ya belum ada yang ingin dibeli aja sih haha gak penting

    dan iya sgala macam tutorial skarang gampang ditemukan di youtube, jd pengen ganti batre iphone 3g saya euy.. 😀

  2. aku belanja online cuma buat beli buku. hahaha…
    eh sama baju ding, 1-2 kali. itupun ke temen sendiri yang kenal.
    aku gak marem kalo gak pegang2 dan gak liat langsung barangnya mas. apalagi baju, walah…udah ukuran bodi gak ideal, milih bajupun jadi lebih ribet. #malahcurhat

  3. wah awet juga ya batre aifun. sudah 3 tahun baru soak. lha ini henfun saya baru setahun belum ada sudah ngedrop aja. sekali dicas penuh hanya bisa 3 jam 🙁

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *