DuckDNS Pengganti Gratis dari DynDNS

Beberapa layanan penyedia internet memungkinkan kita untuk memiliki server yang bisa diakses dari luar jaringan rumah. Misalnya server untuk CCTV sederhana, atau sekadar lupa membawa file yang ada di rumah, lalu kita bisa ambil dari internet. Ciri-cirinya adalah kita mendapatkan IP public. Berbeda dengan penyedia internet wireless seperti Bolt, Telkomsel, XL, dll, alamat kita adalah IP lokal di belakang sebuah server ber IP public. Sehingga sama sekali tidak ada cara untuk menghubungi komputer kita dari internet.

IP public yang didapat komputer kita sifatnya dinamis, berubah-ubah setiap waktu. Untuk mengatasi masalah ini, kita memerlukan layanan DNS dinamis yang bisa mendeteksi perubahan alamat IP kita. Dulu, DynDNS sangat populer, tetapi sekarang sudah berbayar.

Sebagai ganti DynDNS, sekarang ada DuckDNS.org dengan fungsionalitas yang sama. Sekarang saya pakai layananan ini untuk server CCTV Raspberry-pi yang ada di rumah. Sehingga ketika IP berubah, kita tidak perlu direpotkan oleh perubahan ini. Silakan kunjungi website-nya di duckdns.org.

By Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *