Hobi Baru: Berkebun

Sepupu ipar saya yang psikolog pernah melakukan assessment singkat tentang saya dan saya dinilai begini: hal yang saya minati terlalu banyak sehingga tidak ada yang fokus. Ia memang benar by the way he he he…

Dan ini hobi baru saya: berkebun.

Ada tanah terbuka yang sempit di samping rumah yang selama ini dibiarkan. Rumput Gajah Mini sudah rusak ditumbuhi tanaman-tanaman liar. Cabe yang tumbuh tak sengaja berkembang subur sekali, gemuk ginuk ginuk tapi tak berbuah. Ada keengganan begitu deh turun merapikan. Mau panggil jasa tukang taman pasti mihil.

Sampai kami jalan-jalan ke Taman Buah Mekarsari akhir tahun kemarin. Dari sana beli bibit Mangga Manalagi dan Rambutan. Eh berhasil ternyata, sampai sekarang dua pohon itu bertahan hidup. Dari situ semangat berkebun mulai menyala. Saya bertahap setiap minggu membersihkan tanaman liar, mencangkuli rumput yang sudah rusak.

Akhir pekan kemarin, saya mulai menanaminya dengan bibit rumput. Rumput Gajah Mini juga sih. Terus saya beli tanaman hias dua puluh biji buat ditanam. Diatur sedemikian rupa sehingga harapannya nanti bisa seperti taman-taman di kantor-kantor atau rumah-rumah orang kaya begitu. Ternyata tanamannya masih kurang, pantesan jasa bikin taman itu mahal, sebijinya aja cukup mahal, hehehe…

Sayang kemarin tidak sempat memotretnya, keburu sore. Ini kalau berhasil, saya akan membuat taman bunga di depan rumah (sekarang juga tak terurus), terus bikin taman hidroponik, lalu bikin sistem pengairan otomatis yang bisa dikontrol dari email… halah…

By Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

1 comment

  1. rumput gajah mini itu rentan banget, kepanasan dikit mati, kebanyakan air mati. manja. tapi kalo bener ngrawatnya tumbuhnya bagus. kalo rumput golf kan harus rajin motongi. gajah mini enggak

    saya sudah nanam lengkeng setahun lebih yang lalu, sekarang pohon utamanya sudah sama kayak lengan saya. sekarang lagi dilematis, dikasih bibit sawo sama bapak, sedangkan 2 spot pohon sudah penuh buat nangka (bawaan rumah) dan belimbing wuluh (saya tanam pas baru deal rumah ini). harus ada yang dimatikan salah satu haha..

    (mungkin mengorbankan spot tempat sampah beton, dibongkar aja, diganti tempat sampah portable, supaya bisa ditanami sawo tanpa membuhun salah satu dari belimbing wuluh ataupun nangka)

    #dowone_komenku_ngalahi_postingane

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *