Machine Learning, Kecerdasan Buatan

Isteri saya seorang akuntan yang setiap hari memelototi jutaan angka-angka kecil di spreadsheet untuk mengontrol budget dan spending perusahaan. Setelah Zafran lahir, saya bertanya apakah ada yang bisa saya bantu untuk mempercepat pekerjaannya supaya tidak sering lembur sehingga Zafran bisa ketemu bundanya setiap hari. Sesuatu yang berulang, biasanya bisa dibantu oleh komputer.

Ternyata ada. Setiap bulan ada ribuan daftar transaksi yang harus dipilah-pilah berdasarkan nomor kontrak dan itu harus dilakukan satu per satu. Biasanya makan waktu tiga hari lembur untuk menyelesaikan itu. Saya lihat sekilas memang nampak tidak terpola, sehingga sulit untuk diotomatisasi sistem dan memerlukan expert judgement dari si pengontrol anggaran.

Demi anak, saya memeras otak dan berusaha mengumpulkan segala daya upaya. The power of kepepet itu memang hebat ya. Saya berusaha mengingat-ingat konsep kecerdasan buatan yang dulu kuliahnya termasuk saya benci karena penuh dengan notasi Matematika (siapa yang ingat eigen value, kovarian, naive bayes, hahaha…)

Kembali ke spreadsheet isteri, jadi memang ada polanya jika saya bisa memberikan set training data kepada si sistem untuk dipelajari. Jadi saya membuat sebuah classifier sederhana untuk mengelompokkan data transaksi itu. Semakin banyak informasi yang dipelajari si sistem, harapannya dia akan semakin cerdas. Itu konsepnya.

Implementasinya menggunakan macro Excel. Setiap bulan, data-data yang tidak dikenali sistem akan dimasukkan ke training set untuk dipelajari si sistem. Bulan depan, seharusnya dia sudah mengenali itu. Setelah memproses data tiga bulan pertama, sistem berhasil mengelompokkan hingga 75% data. Tidak sempurna sih, tapi itu bisa membantu pekerjaan yang bisa hingga tiga hari menjadi dua jam saja. Setengah hari laporan bisa jadi. Dan Zafran akan gembira, seperti Ayahnya, hehehe…

PS: Textbook acuan saya, Machine Learning: Hands-on for Developers and Technical Professionals.

By Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *