E-Learning Rakyat dan Onno W Purbo

Jika ada kuliah gratis dari universitas-universitas luar negeri terkenal oleh Coursera.org, ternyata juga ada produk lokal tentang e-learning, yaitu eLearning Rakyat. Isinya adalah materi kuliah berbagai topik yang bisa diikuti secara free.

Onno W Purbo still rocks! Itu kesan saya waktu melihat web ini. Beliau masih konsisten bergerak di bidang open source dan penyebaran ilmu secara terbuka. Mungkin bisa dikatakan beliau adalah “guru bangsa” bidang telekomunikasi dan informatika Indonesia — meskipun lebih berat ke sisi telco-nya. Ide-idenya soal RT/RW net ketika internet masih menjadi barang yang sangat mewah menurut saya merupakan sebuah milestone perkembangan dunia telematika Indonesia. Sampai sekarang beliau masih “berkelahi” dengan pemerintah soal ide barunya, open BTS.

Wacana santer mengenai dukungan supaya beliau menjadi Menkominfo tentu sangat beralasan. Dengan power, cita-cita dan visi itu bisa menjadi kenyataan. Cyberlearning seperti ini bisa dikembangkan lebih luas lagi. Sayangnya beliau menolak.

Saya sedikit banyak bisa mengerti. Orang yang biasa di posisi bersebarangan, tentu sulit ketika tiba-tiba ada di posisi yang biasa dia serang. Bicara tentang pemerintah Indonesia, khususnya kementerian, adalah bicara mengenai benturan kepentingan, perang politik yang tidak ada habis-habisnya. Sebelum sampai ke perwujudan ide-ide, ada jalan panjang yang harus ditempuh untuk menuju ke sana. Dan berbagai kompromi harus dilakukan, hingga ide-ide yang idealis itu harus terkikis oleh kompromi.

Published
Categorized as Opini, Review

By Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

5 comments

  1. Sebenarnya aku dan temen-temen juga pengen banget Kang Onno jadi menkominfo, tapi di sisi lain memang sepertinya Kang Onno lebih baik berada di posisinya sekarang.

    Eh, aku punya beberapa buku dari Kang Onno mau gak Lih?

  2. Kenal kang onno dari twitter dan beberapa bukunya. Keren orangnya, konsisten dalam hal teknologi untuk masyarakat. Hm… sayang juga ya yg dipolitik malah gak paham tentang teknologi di jabatan yg berkaitan dengan itu.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *