Notepad++

Saya heran, kenapa sampai sekarang Windows tidak menyediakan sebuah text editor yang bagus. Sampai versi terbarunya, Windows 8.1 hanya menyediakan Notepad dengan fungsi yang sangat dasar. Bahkan untuk undo saja hanya bisa sekali saja. Tidak pernah berkembang.

Padahal buat kami para programmer, fungsi editor teks itu sangat penting. Saking terbiasanya, untuk mencatat hal-hal yang perlu dicatat, saya menggunakan Notepad juga. Dan bencana terjadi kalau lupa save, komputer tiba-tiba shut down. Notepad mana ada punya fitur auto save. Saya malas membuka Microsoft Word yang berat untuk hal yang ringan-ringan begitu.

Untung ada Notepad++, editor teks biasa yang punya fungsi macam-macam yang sangat berguna. Mengingatkan saya ke ViM, tetapi dengan antar muka yang jauh lebih mudah.

Salah satu fitur penting adalah syntax highlighting. Di dunia ini banyak sekali bahasa pemrograman dengan aturan yang berbeda-beda. Pasti pusing sekali membaca bahasa planet begitu jika tidak ada pembeda warna untuk tanda.

Fitur yang menarik lainnya adalah seleksi kursor secara kolom. Kalau selama ini fungsi seleksi kursor adalah dari kiri ke kanan mengikuti baris, kalau ini dari atas ke bawah mengikuti kolom. Dan masih banyak lagi fitur-fitur yang berguna untuk manipulasi teks.

Menariknya, proyek ini adalah proyek open source. Ini salah satu proyek open source yang menghasilkan produk yang luar biasa. Silakan diunduh di http://notepad-plus-plus.org/

Published
Categorized as Review

By Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

5 comments

  1. Microsoft tidak membuat feature yang canggih pada editornya, seperti Notepad dan MS Paint, mungkin untuk membuka peluang bagi para mitranya. Bagi-bagi kuelah; agar yang open source bisa dapat publisitas dan yang proprietary bisa dapat duit.

    Saya juga pakai Notepad++ dan di situ juga ada built in FTP-nya lho. Jadi bisa buka file teks dari suatu FTP, memodifikasinya dan menyimpan langsung ke site FTP tersebut begitu kita tekan Save. Ada lagi XML pretty formatter, tapi ini plugin.

  2. ya bener bro, saya sering juga nyatet apa-apa pake notepad. membuat halaman html juga seringnya pake notepad. enak dan ringan. sayangnya ya minim banget fitur tadi. langsung budal ngundoh yang ++ deh :p

  3. Sudah coba github atom mas? https://atom.io free & opensource juga, dan menurut saya lebih bagus. Apalagi ada integrasi dengan source control, jadi langsung tahu kita sedang di branch apa, file mana saja yg berubah / yg belum di commit.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *