Bikin Web Jaman Sekarang

Kemajuan teknologi, betapa mudahnya ya sekarang membuat web. Ini saya bandingkan waktu saya masih sering ikut project pembuatan website atau portal. Apalagi jika kembali ke tahun 2005-an.

Membuat satu paket website portal sebenarnya ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan. Yang pertama kali adalah mendesain tampilan. Biasanya diproses dengan Adobe Photoshop, lalu gambar dipotong-potong kecil. Langkah berikutnya membuat versi halaman HTML dari desain tersebut. Menggabungkan gambar dengan tulisan. Dari halaman HTML statik, kita membuat halaman dinamis-nya dengan teknologi scripting dan database. Umumnya, alat yang dipakai adalah script PHP dan database MySQL. Selesai? Belum. Jangan lupa buatkan halaman administrasi untuk update isi website. Para penulis isi website kan bukan orang IT, jadi harus dibuatkan antarmuka yang enak untuk menulis.

Ada banyak kualifikasi teknis yang diperlukan dari proses pembuatan website. Desainer grafis, desainer database, dan programmer merangkap system configurator. Dan biasanya, desainer grafis tidak bisa menulis script, dan programmer script tidak bisa membuat desain yang cantik. Jadi perlu kerja tim kecil untuk itu. Sehingga pengerjaannya pun tidak bisa cepat, dan biasanya mahal.

Itu dulu.

Sekarang, semua sudah disediakan dan nyaris otomatis. Sekarang sudah ada software jadi bernama Content Management System (CMS). CMS seperti WordPress sangat populer bukan hanya dipakai sebagai blogging platform, tapi juga sebuah portal web. Saya tidak mengira kalau perkembangan WordPress sedemikian cepat sehingga versi terbarunya sekarang sangat canggih dan sangat memudahkan.

Dengan CMS, pekerjaan untuk mendesain database, mendesain antarmuka, dan membuatkan halaman administrasi bisa dihapus. WordPress bisa diinstall langsung. Bahkan dari provider hostingnya, sudah disediakan installer-nya. Bahkan kita tidak perlu download. Langsung disediakan, klak klik klak klik, next-next-next, selesai. Setelah itu tinggal konfigurasi.

Urusan tampilan, kita juga tidak perlu pusing lagi mendesain dengan Photoshop. Saya heran juga, selama saya bekerja sebagai tukang bikin web portal, saya tidak pernah menemukan desainer web yang bagus. Mungkin saya aja yang kurang beruntung. Tapi zaman sekarang, sudah ada ribuan template/theme yang siap pakai di web sana. Tidak terlalu mahal, dengan uang 30-50 dollar saja, kita sudah bisa dapat template premium yang cantik. Mau yang gratisan lebih banyak lagi.

Terima kasih kepada era Macromedia (Adobe) Flash ketika web dipenuhi animasi-animasi full flash. Tren yang segera bergeser ke desain yang efisien dan enak dibaca membuat tampilan web menjadi mirip-mirip. Orang sekarang tidak komplain jika tampilan suatu web sama atau mirip dengan web lain (karena pakai template gratisan). Orang sekarang lebih fokus ke konten, kalau isinya sama persis baru salah satu akan apes dituduh plagiat.

Jadi urusan tampilan juga beres. Tinggal pakai template yang sudah ada, download, pasang, konfigurasi. Sesuaikan isi dan gambarnya. Dan yang bikin saya kaget, sekarang kan semua web pakai image slider tuh (itu, gambar-gambar yang bergantian yang ditaruh gede di halaman depan), ternyata WordPress versi terbaru juga telah menyediakan fitur itu. Ga perlu susah-susah pasang plugin atau menulis script JQuery sendiri. Luar binasa.

Teknologi jaman sekarang sudah sangat memudahkan. Tapi apakah itu membuat bayaran bikin web jadi lebih murah? Ya seharusnya jangan dong, itu kan periuk nasi kami, hehehehe…

Published
Categorized as Internet

By Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

1 comment

  1. Bener banget, teknologi memudahkan segalanya, termasuk membuat web/blog. Sekarang buat web/blog gk sampe 10 menit, beli domain dan hosting, install WP, dan JADI! So, simple 🙂

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *