Superhero

Spoiler alert!

Di film Spiderman 2, ada scene yang cukup berkesan buat saya, yaitu pada waktu Spiderman berusaha menjauhi Mary Jane waktu ia sudah mendapatkannya. Padahal sebelumnya, mati-matian ia berusaha mendekati Mary Jane namun selalu ditolak. Eh, pas sudah dapat, malah dilepaskan. Ngeselin ga tuh?

Alasannya sangat romantis, Peter Parker tidak ingin Mary Jane celaka karena Spiderman akan menghadapi lawan-lawan berat dari dunia kejahatan. Ini adalah anugerah sekaligus kutukan mempunyai kekuatan super. Kutukan untuk tidak bisa menjadi manusia biasa lagi.

Di seri Spiderman terbaru, The Amazing Spiderman, yang dibintangi Andrew Garfield, scene ini didaur ulang. Di akhir cerita, ayah sebelum mati meninggalkan pesan untuk menjauhi anaknya. Jadilah si xxx galau karena ditinggalkan si Peter. Alasan yang sama.

Scene ini didaur ulang dengan bagus waktu Peter Parker terlambat masuk kelas dan bilang, “Maaf bu, saya tidak akan terlambat lagi.”

Gurunya menjawab, “Jangan berjanji apa yang tidak bisa kau tepati!”

Lalu Peter Parker sambil duduk dan tersenyum. Ia duduk di belakang Mary Gwen sambil berbisik, “Bukankah itu yang menyenangkan dari sebuah janji?” Mary Jane Gwen Stacy pun tersenyum lega dan bahagia.

***

Well, cerita tentang superhero memang tidak ada habisnya. Sedemikian memikat hingga orang bertanya-tanya jika kamu diberi kekuatan superhero, pengennya menjadi seperti siapa? Superman? Spiderman? X-Men? Gatotkaca? Kalau saya sih, seperti Nobita saja. Ia punya Doraemon yang memberikannya kekuatan superhero, teman-teman yang baik, dan ia tetap tidak menyadari kalau ia sebenarnya bisa menjadi apa saja. Nobita tetaplah bodoh, polos, dan tetap baik ke semua orang.

Karena setiap superhero pasti memiliki dilema. Lha, Nobita, ia tidak akan mengalami dilema karena ia tidak menyadari kalau ia sebenarnya memiliki kekuatan super dari Doraemon. Ia bisa melakukan apa saja. Tapi karena ia polos dan memiliki hati yang bersih, kekuatan supernya itu tidak membahayakan orang lain. Bahkan seringkali, ia gunakan untuk membantu dan membahagiakan orang lain.

*) Saya baru ingat tokoh kekasih barunya Peter namanya Gwen Stacy, abis nonton Amazing Spider-Man 2, hehehe

Author: Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

2 thoughts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *