Karena Waktu Tidak Berlaku Linear di Jakarta

Ini postingan basi sebenarnya, mengomentari kemacetan yang ada di Jakarta. Saya pikir sekarang mau tinggal di mana saja di Jabodetabek, tidak bisa menghindari kemacetan yang terjadi. Dan karena kemacetan, waktu keberangkatan menjadi sangat tidak linear di Jakarta.

Jarak antara rumah dengan kantor adalah 14 km. Jika berangkat jam 05:00, maka sampai kantor adalah 05:20 (20 menit). Berangkat jam 05:15, sampai kantor adalah jam 05:55 (40 menit). Berangkat jam 05:30, sampai kantor jam 07:30 (2 jam)! Berangkat jam enam pagi, entahlah mau sampai kantor jam berapa. Pernah sopir taksi cerita, ia mengantar penumpang ke Gambir berangkat jam enam kurang lima, sampai stasiun Gambir jam… sebelas! Lima jam!!

Teman saya yang tinggal di BSD City, sedang mempertimbangkan untuk beli sepeda motor. Ia menyerah dengan kondisi Commuter Line (KRL) yang tidak ada harapan. Padahal, empat atau lima tahun yang lalu waktu ia membeli rumah di sana, ia selalu bawa koran pagi. Buat bacaan di KRL, katanya. Alangkah nyamannya. Mungkin karena itulah, orang berbondong-bondong beli properti dan tinggal di BSD, dan perkembangan kapasitas angkutan kereta tidak bisa mengimbangi ledakan itu.

Naik sepeda motor menang di waktu, tapi sekarang sudah melelahkan karena harus berkompetisi dengan pemotor lainnya. Belum lagi kalau hujan. Dan satu lagi, polusinya nyaris tak tertahankan. Menghirup asap knalpot langsung. Di kehamilan isteri yang memasuki bulan kelima, saya akhirnya memutuskan untuk ikut bermacet-macet ria. Kasihan ibu dan baby-nya kalau menghirup udara polusi yang tidak sehat untuk perkembangan janin. Jadi mendingan berangkat jam lima pagi.

Kok masih betah tinggal di Jakarta? Hehehehe… Inilah kami, warga urban Jakarta yang tahan banting dan dituntut mengelola waktu seefektif dan seefisien mungkin. Karena waktu tidak berlaku linear di Jakarta.

By Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

2 comments

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *