Tentang Paid Review

Blog saya ini terakhir ngecek PR-nya 3. Dulu waktu masih saya hotlink-an dari website ITS sempat naik ke 4. Lho kok bisa? Ya bisa wong pernah nulis webnya dan pegang password rootnya. Jadi saya melakukan cara curang buat ndompleng popularitasnya web ITS.

Saya ngga pernah menghitung, tapi saya pikir PR 3 sudah bisa di-monetisasi ya? Saya beberapa kali dapat email blast dari produk tertentu untuk diminta menulis paid review di blog saya. Nggak tahu beneran apa nggak, nggak tahu juga bayarannya seberapa.

Sepuluh tahun yang lalu, saya memulai galihsatria.com dengan idealisme. Bahwa saya tidak akan mencari uang dari web ini. Jika saya menulis review, biarkan itu menjadi review yang jujur tanpa kepentingan apalagi ada bayaran di belakangnya. Memang sempat saya ingin mendapatkan penghasilan pasif dari web ini sehingga web ini bisa hidup sendiri membiayai sewanya per tahun. Tapi saya pikir-pikir lagi, ah ya sudahlah selama saya masih mampu menabung untuk biaya sewa hosting.

Menulis blog, sudah menjadi semacam kebutuhan seperti makan dan minum. Sekarang blog ini sudah bisa menjadi mesin waktu yang mengantar saya melihat saya sendiri di tahun 2004 sampai sekarang, dan sampai nanti, insya Allah.

By Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

2 comments

  1. hwhwhw… kalo ada yang minta review, ya saya review aja bro, tapi dengan bahasa saya sendiri ndak mau disuruh mbagus2in produknya

    untuk di blog utama saya, ada banyak artikel yang paid review, baik yang dengan link maupun tidak. kalo di blog yang sengaja buat paid review, hampir semua artikelnya dibayar orang :d

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *