Beli Codec Raspberry-Pi

Salah satu kekurangan Raspberry-Pi jika dijadikan media center adalah ketidakmampuannya memutar video berformat MPEG. Dia bisa memutar video HD dengan sangat baik, tapi ketika memutar MPEG (bisa dalam bermacam ekstensi file: avi, mpg, wmv, dll).

Raspberry-Pi ternyata mengunci secara hardware untuk tidak bisa memutar format tersebut karena lisensinya harus bayar. Untuk mendapatkan lisensi tambahannya, kita harus membeli codec yang dijual di www.raspberrypi.com. Di website Raspberry Pi (www.raspberrypi.org), ada menu yang menuju ke situ dengan judul Buy Codec.

Harganya murah, hanya GBP 2 saja. Pembayarannya bisa dengan Paypal. Saya sendiri kemarin beli lisensi itu dan mendapatkan kiriman license key-nya dalam waktu sekitar 3 jam berikutnya melalui email. Kode itu kemudian disisipkan di file config.txt yang ada di SD Card. XBMC punya plugin untuk mengatur settingan ini (termasuk cara overclock-nya). Setelah kode itu dimasukkan, saya bisa memutar video-video berformat MPEG itu dengan lancar. Raspbmc sempat crash di awal-awal, tetapi kemudian setelah dilakukan update OS, masalah itu hilang.

By Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

1 comment

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *