Cloud Computing dan Windows Azure

Duh, lama-lama bisa dikira jadi salesnya Microsoft dan paid review ini, hehehe…

Saya memang sedang mencoba-coba layanan cloud sih. Setelah kemarin mencoba layanan cloud untuk backoffice, kemarin saya mencoba layanan cloud yang bersifat lebih general lagi, yaitu Windows Azure.

Apa itu Windows Azure? Kurang lebih layanan infrastruktur server yang ada di dalam cloud. Seperti application hosting atau Virtual Private Server. Jadi kita bisa menyewa satu komputer server di dalam cloud untuk kebutuhan bermacam-macam. Di sana sudah disediakan banyak template untuk server, bisa berbasis Windows, Linux, dan sebagainya. Uniknya, harga sewa untuk server Windows lebih murah daripada sewa untuk server Linux, hehe…

Karena free tiga bulan pertama, jadi layanan ini juga bisa dijadikan ajang ngoprek. Secara saya sudah tidak punya lab kampus lagi yang bisa dijadikan mainan. Jadi saya kemarin mencoba membuat server Ubuntu di cloud. Setelah itu aksesnya pakai SSH seperti layaknya server biasa. Yang menarik juga, disediakan image virtual untuk Sharepoint 2013. Jadi yang mau belajar setup Sharepoint, juga bisa memakai Azure ini untuk coba-coba.

Register for trial-nya gampang, tetapi kita harus memasukkan nomor telepon dan kartu kredit yang valid buat ini. Kartu kreditnya dicharge Rp. 95 doang.

Dah sekian saja unpaid review-nya. Cuma mau sekadar share doang kalau dengan cloud kita bisa melakukan macam-macam dengan cukup bermodalkan koneksi internet — dan biaya sewa tentunya. ^_^

By Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

1 comment

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *