Wayback Machine

Beberapa kali saya kehilangan data karena hardisk yang rusak dan saya tidak punya backup-nya. Karena itu saya kehilangan data-data masa kuliah saya termasuk naskah tugas akhir saya. Termasuk foto-foto! (Salahkan Friendster!). Tetapi barusan saya iseng crawling blog saya ke tahun-tahun 2006 dan menemukan foto-foto yang saya sendiri sudah tidak memilikinya. Hyuk…

Artikel tertanggal 26 Mei 2006, waktu saya dan klub fotografi Teknik Informatika ITS hunting ke air terjun Kakek Bodo di Pasuruan. Dari kiri ke kanan, Baiquni (Dede’), Pak Waskitho Wibisono (dosen saya Pengantar Teknologi Informasi, Sistem Digital 1, dan Sistem Digital 2), Pak Nunut Priyo Jatmiko (almarhum) (dosen saya Interaksi Manusia dan Komputer), Helmi, Hendra.

Tertanggal 15 Mei 2006. Ini waktu saya memberikan sharing mengenai Java Server Pages, pelatihan internal dari kita untuk kita yang diadakan oleh Laboratorium Pemrograman.

Tertanggal 12 Mei 2006. Namanya eliza.its.ac.id. Komputer PC saya yang dibelikan ibu waktu saya masuk kuliah. Spek-nya Intel Pentium 4 1,8 GHz memory 128 KB. Saya baru tahu belakangan kalau ibu perlu pinjam uang dulu buat membelikan saya cangkul ini.

Meja kerja waktu saya magang di Puskom ITS jadi admin ITSnet. Kotak hitam itu notebook IBM Thinkpad dengan spek Intel Pentium III 1,0 GHz. Bandel. Saya duduki seharian juga masih idup aja dia.

Tertanggal 14 November 2006. Ini komputer eksperimen Hewlett-Packard seri Vectra dengan prosesor Intel Pentium 2. Namanya Nirmaladewi. Dewi Bulan.

Ini namanya Gryphon. Inilah server production yang difungsikan sebagai Firewall masuk ke jaringan ITS waktu itu. Sekarang saya tidak tahu spesifikasi server-server ITS. Mungkin kelas server begini sudah dipensiunkan dari dulu-dulu.

Demikian nostalgia sejenak.

Author: Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

2 thoughts

  1. weits keren keren.. jadi servernya tower begitu ya bro.. kalo jaman dulu its.ac.id jalan di server kayak apa bro? sebenarnya datacenternya itsnet ini kayak apa sih jadi penasaran juga, kok bisa2nya saban FRS-an down..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *