Selamat Bekerja, Pak Jokowi!

Setelah melalui proses Pilkada yang mungkin menjadi Pilkada paling heboh se-Indonesia, Jakarta telah menentukan gubernurnya yang baru yaitu figur populer Joko Widodo (Jokowi) dan wakilnya Basuki T Purnama (Ahok). Tampil mengalahkan gubernur petahana (incumbent) yang amat kuat, Pak Fauzi Bowo (Foke). Sebagai orang yang ikut mengais-ngais rezeki di ibukota, saya ingin berkomentar tentang beberapa hal.

Jakarta adalah tempat semuanya bertemu. Saya pikir tidak ada satu solusi yang bisa menyelesaikan permasalahan yang menyenangkan semua pihak. Ibarat obat, selalu ada efek sampingnya. Jadi rasanya tidak mungkin akan terjadi perubahan yang cepat hanya dalam waktu lima tahun saja. Tidak ada superman semacam itu dengan sistem pemerintahan seperti sekarang.

Belum lagi tangan-tangan kekuasaan yang tidak pernah muncul di permukaan yang mengendalikan dari bawah tanah. Mungkin saya terlalu banyak baca novel mafia macam Godfather, tetapi saya yakin di Jakarta ini pasti ada “penguasanya” dan mungkin ada beberapa kelompok yang kuat. Misalnya tentang kebijakan transportasi massal. Dengan transportasi publik yang nyaman, bisa dipastikan pembelian mobil dan motor pribadi akan menurun drastis. Bos-bosnya masak mau tinggal diam?

Tetapi paling tidak, Pak Jokowi membawa harapan baru bagi Jakarta untuk berubah. Daripada jika dipimpin lagi oleh gubernur petahana yang dalam kampanyenya sama sekali tidak menawarkan pembaruan dan perubahan, tentu ini lebih baik. Meskipun belum pasti apakah janji-janji kampanyenya akan bisa dilaksanakan atau tidak, tapi paling tidak ada harapan untuk menuju kesana. Saya pikir ini salah satu faktor utama masyarakat Jakarta memilih Jokowi-Ahok.

Selamat bekerja Pak Gubernur!

By Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

1 comment

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *