Dennis Ritchie

Namanya memang tidak akan sepopuler Steve Jobs, tapi saya pikir semua programmer akan mengenal Dennis Ritchie. Minimal programmer yang pernah belajar bahasa C. Ya, Dennis Ritchie adalah salah satu tokoh besar di dunia IT yang meletakkan fundamental penting di dunia bahasa pemrograman. Dialah pencipta bahasa C, sebuah bahasa yang menjadi dasar sistem operasi paling stabil di dunia: UNIX.

Setiap programmer yang memulai pelajarannya dari bahasa C akan menjadi programmer yang baik. Karena memang bahasa C menuntut setiap programmernya untuk menulis secara rapi, terstruktur, dan disiplin. Tetapi bahasa C juga membuka kesempatan seluas-luasnya untuk mengakses segala resource yang ada di komputer, dari level teratas sampai level bahasa mesin (izin akses langsung ke bahasa assembly untuk memakai interupt-interupt prosesor).

Bandingkan dengan programmer-programmer jalanan yang kebanyakan belajar mulai dari bahasa Visual Basic (baik yang versi 6 atau .net nya) atau bahasa PHP. Saya hampir yakin bahwa tingkat kerapian dan kedisiplinannya akan jauh di bawah programmer yang khatam bahasa C. Bahasa C tidak hanya sekadar bahasa terstruktur yang sekarang sudah jarang dipakai, tetapi bahasa C adalah sebuah kerangka berpikir yang akan menuntun programmer untuk berpikir dengan rapi pula. Makanya Dennis Ritchie dianggap sebagai guru para programmer sedunia.

Bahasa C juga menjadi fondasi bahasa-bahasa berorientasi objek yang terkenal sekarang: Java, bahkan Visual Studio .net meninggalkan filosofi Visual Basic dan mengikuti Java. Kebanyakan kerapian dan kedisiplinan C dibawa ke bahasa-bahasa modern. Tetapi keluwesan bahasa C untuk mengakses banyak resource dibatasi oleh bahasa-bahasa modern. Ada pemeo yang terkenal, “Dennis Ritchie membuat C dengan berpikir semua programmer akan menulis seperti Dennis Ritchie. James Gosling membuat Java dengan berpikir semua programmer akan menulis seperti Dennis the Menace”.

Saya termasuk beruntung mulai belajar pemrograman dari bahasa C.

RIP Dennis Ritchie.

By Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

5 comments

  1. Untuk awal bahasa C bagus mas…tapi klo kelamaan..”kemeng” juga.
    Contoh sederhana, misal mau compare String d C, akan lebih njlimet daripada di Java

  2. saya juga memulai coding pertama kali tahun 2004 dengan bahasa C, dan itu ternyata membentuk karakter dan pola pikir pemrograman hingga 7 tahun ini, terima kasih dan selamat jalan Mr. Dennis Ritchie.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *