Studi Kasus: Mencatat Aset dalam GNU Cash

So far, kita sudah punya beberapa account register. Sekarang saatnya melakukan pencatatan. Pertama-tama kita masukkan catatan harta, hutang, baru kemudian cash flow. Mari kita bikin sebuah studi kasus.

Galih (24 tahun) adalah seorang lulusan universitas dari Surabaya yang berurbanisasi ke Jakarta Raya. Ia diterima menjadi seorang junior programmer di sebuah software house di bilangan Sudirman-Thamrin dengan gaji per bulan Rp. 3,150,000. Untuk bekerja, ia menggunakan sebuah laptop bermerk Compaq Presario V3000 hasil pemberian kakaknya. Ia menyewa sebuah kamar kos-kosan di daerah Mampang Prapatan dengan harga Rp. 600,000 sebulan. Karena merasa tidak nyaman dengan transportasi umum, ia mencicil sebuah sepeda motor Yamaha Jupiter MX. Hartanya yang lain adalah sebuah ponsel Samsung Galaxy Mini yang ia gunakan untuk berceloteh di Twitter dengan id: @galihsatria. Hobinya fotografi, untuk jeprat jepret ia memakai kamera saku Panasonic Lumix DMC F3.

Untuk menerima gaji bulanan, ia menggunakan rekening Bank Mandiri. Tercatat saldo yang ada di rekeningnya adalah Rp. 4,138,900. Ia belum memiliki rekening lain dan kartu kredit.

Ia berharap bisa segera mengganti notebook tuanya dengan hasil keringatnya sendiri. Targetnya adalah sebuah Toshiba Portege. Karena suka fotografi, ia juga ingin sebuah kamera DSLR entri level Nikon D3100 agar lebih bisa berekspresi dengan hobinya. Cita-citanya memiliki sebuah rumah sendiri ketika ia menemukan jodohnya.

Bantulah Galih menyusun catatan keuangannya dengan GNU Cash. Siap! Kali ini kita akan bantu Galih mencatat harta dan kewajibannya dulu.

Hartanya adalah:

  • Laptop Compaq Presario V3000 tua, ditaksir kalau dijual akan bernilai Rp. 2,000,000.
  • Yamaha Jupiter MX baru seharga Rp. 14,000,000.
  • Samsung Galaxy Mini, kira-kira seharga Rp. 900,000.
  • Kamera saku Panasonic Lumix DMC F3, mungkin seharga sekitar Rp. 500,000.
  • Saldo bank sebesar Rp. 4,138,900.

Kewajibannya adalah:

  • Cicilan kredit untuk sepeda motor Jupiter MX, sebanyak Rp. 800,000 setiap bulan selama dua tahun ke depan.

Oke Galih, mari kita bantu mencatat di GNU Cash. Pertama-tama, dari account Asset, kita buat satu lagi subaccount bernama Fixed Asset untuk mencatat harta Galih. Kemudian, kita isikan saldo Bank Mandiri Galih pada account Bank Mandiri yang sudah dibuatkan di postingan sebelum ini. Karena ini adalah awal pencatatan, maka kita catat di account-account yang bersangkutan pada Opening Balances.

Untuk lebih jelasnya lihat screenshot berikut ini:

Cara membuat subaccount Fixed Asset, pada Assets klik kanan, klik New Account.

Buka account tersebut dengan double click, dan masukkan semua harta tetap Galih. Kira-kira hasilnya menjadi seperti ini:

Masukkan saldo tabungan Galih ke dalam account Bank Mandiri:

Langkah selanjutnya adalah membuat account kewajiban untuk Galih. Pada account Assets, klik kanan, pilih New Account. Pertama-tama kita buat placeholder dulu karena ke depan mungkin si Galih ini akan memiliki banyak hutang. Perhatikan bahwa checkbox placeholder tercentang, account type adalah Liability, dan parent account adalah New top level account.

Kemudian buatlah subaccount liabilities bernama Jupiter MX untuk menampung hutang sepeda motor. Pada account Liabilities klik kanan, klik new Account, kemudian beri nama Jupiter MX. Seperti halnya Fixed Asset dan Bank Mandiri, buka account ini dan isi dengan Rp. 14,000,000. Perhatikan bahwa berbeda dengan account asset, account liabilities diisi di kolom kanan atau kredit, namun GNU Cash tidak membuat kita bingung karena di situ sudah tertulis Decrease dan Increase.

Beres sudah! Kita sudah mencatat kondisi awal keuangan si Galih. Secara kasat mata, kita tahu bahwa kondisi keuangan Galih cukup sehat karena net worth-nya masih positif tujuh juta. Ini terlihat dari account Equity-nya yang berjumlah Rp. 7,538,900. Tetapi apakah kondisi keuangannya juga sehat ketika kita sudah masuk pada cash flow yang sangat erat kaitannya dengan lifestyle alias gaya hidup? Kita akan analisa di posting berikutnya, hehehe…

PS: Tidakkah bermain-main dengan angka seperti ini menyenangkan? Yuk, coba sendiri dengan kondisi kita masing-masing.

Author: Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

6 thoughts

  1. noted om @galihsatria disana sudah ada Galaxi Mini phone. 😉 “posting lanjutan soal finplanning, studi kasusnya Galih :D”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *