Golden Moment

Jika saya ditanya, kapan waktu terbaik untuk memotret landscape, maka saya akan menjawab begini…

Dalam sehari ada dua kali kesempatan yang diberikan untuk fotografer untuk mendapatkan hasil yang terbaik, yaitu pagi dan sore. Waktu pagi adalah mulai matahari terbit sampai jam sembilan, sedangkan untuk sore adalah sekitar jam empat sampai tenggelam matahari. Makanya salah satu kehebatan fotografer landscape adalah kemampuannya bangun pagi dan langsung ngebut ke lokasi gak pake mandi :)). Jadi kira-kira ada waktu sekitar dua sampai tiga jam.

Tetapi ada satu lagi waktu yang disebut golden moment, ini adalah saat yang paling tepat untuk memotret landscape untuk night shot. Meskipun namanya night shot, waktu terbaik pengambilannya sebenarnya bukan malam hari karena saat itu langit sudah gelap gulita sehingga kurang artistik untuk dilihat.

Golden moment adalah waktu sesaat tepat setelah matahari tenggelam, dimana semburat merah candikala sudah hilang dan digantikan oleh warna biru. Yap! Warna biru! Biru yang kontras dan tebal. Dan saat lampu-lampu kota sudah menyala dihiasi warna biru langit yang tua, maka foto night shot akan terlihat sempurna. Dan fotografer hanya diberi waktu sekitar sepuluh sampai lima belas menit saja untuk menyelesaikan semuanya. Setelah itu langit akan segera berubah menjadi hitam kelam. Saya sering terkesima menyaksikan cepatnya perubahan alam itu terjadi dan tahu-tahu saja saya sudah tidak bisa pencet shutter lagi.

Selamat hunting, salam jepret!

Author: Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

2 thoughts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *