Dirgahayu Indonesiaku

Sore itu terik. Cahaya matahari kuning keemasan terasa menyilaukan menyiram setiap sudut lapangan Pasar Pahing yang luas. Tetapi kesibukan tampak nyata semakin meningkat di setiap sudutnya. Kami, anggota tim paduan suara gabungan beberapa SMP di kota Tulungagung pun telah menyiapkan diri. Celana pendek biru dengan seragam kemeja putih lengkap dengan peci biru tertulis “SLTP Negeri 02 Tulungagung”. Bangga sekali rasanya menjadi wakil sekolah. Meskipun warna seragamnya sama, tetapi pernak-pernik kecil seperti ini tetap saja membedakan, seperti warna badge, kain segitiga yang ditempel di lengan atas menunjukkan kelas berapa. Badge saya berwarna hijau dengan huruf “A”, atau kelas 1A, kelas paling favorit tempat bercokolnya anak-anak terpandai.

Masih dua jam lagi sebelum upacara penurunan bendera. Menurut rencana, kami akan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan beberapa lagu wajib nasional. Pak Herry Subagyo, guru seni musik kami, sudah sibuk dengan koleganya, mencoba-coba piano. Untunglah kami hanya diharuskan menyanyi saja, tidak harus meniup recorder seperti kebiasaan kalau upacara bendera di halaman sekolah, memainkan lagu Mengheningkan Cipta. Ke-khidmat-an lagu ini selalu rusak kalau ada tiba-tiba suara satu recorder yang melengking salah tiup.

Tiga hari sebelumnya, semua anak kelas satu dikumpulkan di speelood (aula) sekolah yang tidak terlalu luas. Kami disuruh menyanyikan lagu wajib secara bersama-sama. Pak Herry mengaudisi kami dengan cepat, memilih sekitar tiga puluh anak yang akan dipilih menjadi anggota tim paduan suara obade untuk upacara penurunan bendera 17 Agustus 1997 di lapangan Pasar Pahing Tulungagung.

Empat belas tahun kemudian, seluruh bulu kuduk saya merinding ketika mendengarkan lagu “Hymne Kemerdekaan” dinyanyikan oleh tim obade istana. Sungguh lagu ini lagu yang terlupakan bahwa ini masuk playlist yang kami nyanyikan dulu. Di depan televisi LG 14 inch, di rumah kost-kost-an di sudut Jakarta, saya terpaku…

Dirgahayu Indonesiaku.

By Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

2 comments

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *