Change or Die!

Bahkan ketika blog masih di puncak tren dan waktu itu banyak selebblog yang menulis topik spesifik (niche), saya berkata bahwa saya takkan mampu menulis blog dalam topik tunggal yang sedikit. Dan sekarang ketika banyak orang memilih menulis dalam kultwit berseri yang singkat-singkat, blog spesifik pun telah banyak yang tumbang. Sedangkan saya; meskipun saya kadang-kadang juga menulis twit berseri, saya sudah terlanjur cinta ngeblog. Saya sudah merasakan dampak positif menulis secara rutin seperti ini.

Saya orangnya memang moody, agak rakus dengan ilmu pengetahuan, dan gampang pamer. Jadi saya menulis apa yang sedang saya sukai. Ketika ada sedikit saja sesuatu yang membekas, saya buru-buru menuliskannya di blog. Sok sharing, padahal pamer. Hanya dengan cara inilah saya tetap bisa memiliki energi untuk menulis di blog. Kata “kesibukan” yang sering menjadi momok para blogger tidak pernah mengganggu saya. Saya sibuk. Saya selalu sangat sibuk. Tetapi menulis blog adalah hal lain, ketika gairah itu tiba-tiba muncul, saya akan menyampingkan kesibukan saya sebentar dan menyisihkan lima belas hingga dua puluh menit berikutnya untuk menulis.

Karena itulah, topik utama blog ini selalu berganti. Ketika saya memuja seorang wanita, saya menulis curhat untuknya. Saya tulis puisi hanya untuknya. Ketika saya ingin mengenangnya sebagai seorang yang khusus yang pernah hadir dalam hidup saya — yang mungkin takkan pernah ada lagi yang seperti itu — saya tulis kenangan untuknya.

Ketika saya sedang suka fotografi, saya pamerkan foto-foto saya. Saya tulis teknik-teknik yang baru saja pelajari. Saya menuliskan betapa asyiknya bisa mengantisipasi suatu momen, meramalkan kejadian, dan menangkapnya dalam bingkai warna-warni cahaya yang cantik. Sampai sekarang saya masih suka memotret, meskipun mungkin tidak segila tahun-tahun lalu.

Nah, Pak SeaGate di postingan ini menyadari kalau ada perubahan lagi. Memang saya menambahkan satu kategori postingan lagi di situ. Saya sedang suka mengamati gerak-gerik pasar modal. Tulisan saya nyaris seperti tulisan analis pasar modal yang setiap harinya memelototi chart. Padahal saya masih beberapa hari saja di situ. Kata saya, saya melakukan entry dan exit berdasarkan analisis yang rumit, padahal kenyataannya, mungkin tak lebih dari spekulasi untung-untungan saja.

Tapi begitulah, kalau saya menunggu saya menjadi kompeten di suatu bidang untuk memulai menulis, saya takkan pernah menulis. Nyatanya, saya sekarang hampir tidak pernah menulis lagi tentang dunia pemrograman. Padahal bisa dikatakan, dari semua bidang yang saya tulis di sini, saya paling kompeten di bidang IT programming. Tapi ya itu tadi, gairah untuk menulis nyaris tidak ada. Dengan kompetensi tersebut, saya jadi lebih berhati-hati dalam menulis, menyusun tulisan di atas fakta-fakta ilmiah. Ujung-ujungnya, menulis jadi lebih susah dan lebih berat. Akhirnya, tak jadi menulis, hehehe…

By Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

7 comments

  1. Saya suka merasa sebal deh sama selebtweeps yang demen kultwit. Agak2 arogan menurut saya. Kan di twitter itu gak ada arsip penyimpanan selayaknya di blog. Susah dicari pula nanti tweet2nya, apalagi kalau sudah tenggelam dengan tweet2nya yang lain.

    Nanti kalau ada yang minta buat kultwit tema tertentu, si pemberi kultwit bakal bilang, “itu sudah saya kultwitkan dua bulan yang lalu.” WHAT? Mau cari dimana tweet2 yang usianya sudah dua bulan??

    Itu ada blog loh, mbok ya ditulis di blog aja apa susahnya? Karena sibuk? Gak ada waktu? Kalo sibuk dan gak ada waktu, kenapa masih sempat untuk ngasi kultwit yang panjangnya bisa amit2?

  2. Hee, ternyata saya disebut di sini.. Jangan pake Pak dong, saya kan masih muda πŸ˜€

    Topik barunya saya suka kok πŸ™‚

    Dengan kompetensi tersebut, saya jadi lebih berhati-hati dalam menulis, menyusun tulisan di atas fakta-fakta ilmiah. Ujung-ujungnya, menulis jadi lebih susah dan lebih berat. Akhirnya, tak jadi menulis, hehehe…

    nah, inilah yang terjadi pada blog saya πŸ˜€

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *