Pesona Gunung Kelud

FLICKR
Lokasi: Puncak Kaldera Kelud, Kediri, Jawa Timur
Nikon D90 | Nikkor AF-S 18-105 mm VR

Gunung Kelud adalah gunung berapi yang masih aktif di daerah kabupaten Kediri, Jawa Timur. Gunung ini terakhir meletus sekitar tahun 1990 dimana hujan abunya sampai di rumah saya. Waktu itu saya masih duduk di bangku TK. Saya masih ingat bahwa sore itu mendung gelap seperti mau hujan, tetapi tiba-tiba hujan turun tetapi bukan air — pasir. Pagi harinya halaman rumah dipenuhi pasir belerang putih sedalam selutut anak kecil, dan saya dengan riang gembira bermain truk dari kayu mengangkut pasir ke sana ke mari, mengganggu Ayah yang sedang sibuk membersihkan genteng.

Mungkin Gunung Kelud adalah salah satu gunung api aktif yang puncaknya mudah diakses. Perjalanan ke sana bisa dilakukan dengan naik mobil, parkir di sebelah kaldera-nya, kemudian berjalan kaki kira-kira lima ratus meter masuk terowongan bunker langsung tiba ke perut kawahnya.

Liburan lebaran kemarin saya berkesempatan untuk mengunjungi kawasan wisata ini. Saya ingin melihat kondisi Gunung Kelud setelah erupsi tahun 2007 kemarin yang menghilangkan kaldera danau menjadi sebuah puncak anak gunung baru yang terus membesar dan meninggi. Jalan menuju puncak sudah beraspal mulus, dengan pemandangan kanan kiri yang luar biasa indah.

Dan jangan lupa bahwa di sini juga ada jalan yang dinamakan misterious road, yaitu jalan misterius yang melawan hukum gravitasi. Yap, jadi ada jalan sepanjang 100 meter yang menanjak, namun setiap benda-benda yang dilepaskan tidak akan menggelinding jatuh, tetapi malah memanjat naik dengan kencang! Botol air mineral, bola, sukses naik dengan gembira.

Penasaran, saya ikutan mencoba. Tidak tanggung-tanggung, uji cobanya pakai mobil mini SUV berlabel Daihatsu Taruna. Benar saja, ketika rem tangan saya lepas, kaki kanan siap menginjak pedal rem kalau-kalau mobil mundur ke belakang. Bukannya turun, mobil malah merangkak naik dengan akselerasi yang mengejutkan. Boleh percaya boleh tidak, Anda harus coba sendiri ketika ke sini.

*) Link: Gunung Kelud di Wikipedia

By Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

8 comments

  1. aku belum pernah naik ke kelud, kapan2 maen kesitu ah. penasaran pisan sama jalan anti gravitasi itu. aku kira pengaruh medan magnet alam, masuk akal kalo mobil menggelinding naik. tapi kalo botol air mineral menggelinding naik jelas nggak magnetik ya?

  2. terus kalau lewat misterious road mau turun masih bisa kan ?
    takutnya bisa naik gak bisa turun mobilnya 🙂
    eh iya pas gunung meletus itu rumah saya jg kebagian abunya

  3. Tipuan mata kali Lih. Keliatannya jalan naik padahal sebenarnya turun :p
    Lebaran kemarin juga sempat ke gunung kelud, ke tempat sodaranya Woro. Tapi sayangnya ga sampe puncak, dh terlalu sore 🙁

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *