Aplikasi Mobile untuk Ramadhan

Seperti yang ditanyakan olehnya, apa saja persiapan yang saya sedang lakukan untuk menyambut bulan Ramadhan tahun ini, maka saya menjawab tidak banyak yang saya persiapkan. Saya lebih menyiapkan mental. Memperbaiki kualitas sholat lima waktu dan memperbaiki bacaan Al-Qur’an.

Target saya tidak terlalu muluk: ingin mengkhatamkan Al-Qur’an dalam satu bulan. Saya juga mengharapkan bulan Ramadhan nanti adalah waktu saya untuk berprihatin. Saya ingin menunduk mohon ampun, bersujud untuk-Nya, menyerahkan segala urusan kepada-Nya. Bahwa untuk ikhlas itu sulit ya Allah. Bahwa untuk ber-istiqamah itu sulit ya Allah. Bahwa untuk memeluk agama-Mu dengan kaffah itu maha sulit ya Allah…

Eh, kok jadi keterusan, kembali ke laptop he he he…

Ada dua aplikasi mobile yang saya install untuk menyambut bulan Ramadhan. Aplikasi pertama adalah aplikasi Adzan dari SearchTruth.com. Fungsinya sebagai petunjuk batas-batas waktu sholat lima waktu. Bukan apa-apa, saya ini termasuk yang masih buruk sholatnya, jadi saya install ini lebih sebagai pengingat supaya tidak ketinggalan kereta, syukur-syukur nanti kalo saya bisa memperbaiki kualitas sholat saya.

Kemudian yang kedua adalah Al-Qur’an mobile dari 7langit.com. Saya menemukan aplikasi Qur’an lainnya di BlackBerry Application Center, yaitu uQur’an, tetapi yang satu itu hurufnya terlalu kecil dan nampaknya bukan huruf Arab yang dipakai di Qur’an terbitan Indonesia. Aplikasi dari 7langit.com ini hurufnya lebih besar sehingga lebih enak dibaca, meskipun saya agak kurang familiar dengan tanda bacanya. Maklum, saya tidaklah piawai dalam membaca Al-Qur’an — hanya bisa baca dengan terbata-bata — jadi harus menggunakan huruf yang gede-gede supaya lebih lancar.

Bukan perkara gampang menyelesaikan target tersebut buat saya. Apalagi tahun ini adalah tahun pertama Ramadhan bersamaan dengan kuliah kelas malam. Saya berharap catatan sholat tarawih saya tidak terlalu memburuk nanti, dan bisa mengikuti sekali dua kali sholat qiyamul lail di Istiqlal atau di Al-Hikmah.

Ayo, sudahkah kita persiapkan diri untuk menyambut Ramadhan?

By Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

3 comments

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *