Tentang Rapor Kuliah

Oke, jadi tadi malam saya ke Student Services untuk mengambil transkrip nilai trimester lalu. Alhamdulillah nilainya memuaskan, lulus semua tidak ada yang harus mengulang. Bahkan mata kuliah Business Ethics saya dihadiahi nilai A bulat. Alhamdulillah, usaha keras saya untuk membuat review se-komprehensif mungkin dalam setiap tugas mendapatkan hasil yang memuaskan.

Tetapi saya agak merasa aneh. Kalau saya cum laude di sekolah teknik saya bisa berbangga kepada diri saya sendiri. Tetapi kalau cum laude di sekolah bisnis dimana saya sama sekali tidak memiliki sense of business, saya kok agak malu. Mungkin memang tidak ada asosiasinya antara nilai teoritis dengan praktiknya di lapangan. Teman saya berkomentar bahwa saya tidak bisa menjadi CEO yang baik gara-gara nilai Business Ethics saya yang A. Terlalu strict, terlalu malaikat, padahal CEO itu kan mesti fleksibel dan flamboyan, apalagi dengan kondisi dunia bisnis Indonesia yang serba lentur, karet, dan abu-abu.

Gara-gara itulah, saya berjanji akan memiliki sebuah start-up kecil nanti ketika sudah resmi punya embel-embel MM. Saya sedang belajar materi-materi yang dibutuhkan untuk menyiapkannya. Bukan sebuah start-up yang muluk-muluk, yang penting ada. Jika seorang sarjana informatika sudah menghasilkan cukup banyak karya, tidak enak di hati rasanya kalau kelak seorang master of business administration tidak memiliki bisnisnya sendiri. Apalagi malah tidak punya sense of business sama sekali.

Chayo!!

By Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *