Tentang Award ISBA Minggu Kelima Desember 2009

Adalah sebuah entri post di Facebook dari raja hosting Om Deteksi, dan entri @luxsman di plurk yang memberitahu saya bahwa blog.galihsatria.com terpilih menjadi pemenang blog award mingguan Internet Sehat Blog Award (ISBA) kategori lifestyle. Wew… gaya hidup.

Berikut kutipan artikel di detikinet mengenai review blog.galihsatria.com

Mengabadikan sebuah objek melalui sebuah kamera bukanlah sebuah proses yang sulit, meski juga tidak bisa dibilang gampang. Kepekaan mata untuk mengimajinasikan sebuah situasi yang dilihatnya untuk menghasilkan sebuah foto yang bagus menjadi salah satu titik kunci. Pembahasan mengenai kepekaan mata terhadap objek fotogratis adalah salah satu entry yang terdapat di blog blog.galihsatria.com. Blog ini banyak mencurahkan fokusnya ke serba-serbi dunia fotografi. Sebenarnya, tidak cuma fotografi secara teknis saja, tetapi juga tentang cerita di balik sebuah foto karya empunya blog. Selain teknis pengambilan gambar, di blog ini juga terdapat beberapa artikel lain seperti misalnya tentang memilih kamera, atau perbandingan fitur-fitur kamera dari berbagai merk. Walau banyak terfokus dalam hal fotografi, ada beberapa tulisan lain yang tak terkait fotografi yang bisa dinikmati seperti tulisan review buku atau tentang desain web.

Tentang Fotografi

Saya tidak ingat betul kenapa — A New Day Has Come menjadi blog yang terfokus pada dunia fotografi — meskipun tidak murni – masih ada beberapa artikel soal catatan harian, review buku, dan sedikit dunia computer science. Sebenarnya, selain fotografi adalah hobi baru saya pada saat itu (dengan datangnya sebuah Nikon D40 baru), upload foto adalah salah satu trik saya agar blog tetap bisa terupdate tanpa harus memikirkan ide mengenai artikel baru. Upload foto sangat simpel, upload ke flickr, beri sedikit cuap-cuap tentang latar belakang foto atau apa yang saya suka tentang foto itu: selesai.

Memang akhirnya berkembang ke teknis yang detail tentang fotografi. Padahal pengetahuan fotografi saya sebenarnya sangat dangkal, hanya berbekal pengetahuan otodidak tanpa pendidikan atau training formal. Para fotografer profesional seharusnya bisa menerangkan dengan lebih akurat dan jelas mengenai dunia ini. Tapi ya.. itulah saya kira menariknya dunia blogger.

Kita bisa menulis apa saja di blog sendiri dengan akurasi tulisan yang entah seperti apa. Semua diserahkan kepada pembaca. Saya sendiri seharusnya lebih sering menulis tentang pemrograman, Java, internet, database, windows, linux, unix — karena ekspertise formal saya ada di situ. Tetapi mungkin karena sudah setiap hari bergulat dengan hal itu, menulis di blog menjadi tidak menyenangkan, berbeda dengan saat kuliah S1 dulu yang banyak hal-hal yang menarik untuk diceritakan. Menarik untuk saya sendiri. Passion untuk saya.

Nah, passion itu sekarang ada di fotografi. Menyenangkan sekali bercerita tentang fotografi — tentang konsep, tentang komposisi, atau hanya sekadar menceritakan apa yang ada di benak saya pada saat akan mengambil sebuah foto. Mungkin kelak saya akan bosan dengan fotografi dan ganti membahas tentang musik he he he…

Ucapan Terima Kasih

Akhirnya, saya mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada pembaca blog.galihsatria.com yang telah menyisihkan sedikit waktu dan bandwidth-nya untuk berkunjung membaca celotehan saya. Saya tidak pernah mengira kalau blog ini mendapat apresiasi sedemikian tinggi karena melihat trafik dan jumlah komentar yang ada, blog ini masih termasuk kategori blog yang tidak terlalu populer.

Terima kasih untuk yang telah merekomendasikan blog ini kepada tim juri ISBA, dan oleh karena itu, izinkan saya memasang banner blog award ini sebagai persyaratan untuk berpartisipasi di seri tiga bulanan. Rasanya kok sombong sekali kalau sudah dikasih award terus tidak mau ikut seri lanjutannya, he he he…

Thank you.

By Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

10 comments

  1. No no no… jangan beralih dulu ke musik sebelon saia menyedot ilmu fotografinya om (devil)

    Selamat.. selamat. Ini salah satu blog yang saia idolai, karena saia melihat sememangnya blog ini menggambarkan seorang Galih Satria.

    Traktirannya ditunggu 😀

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *