Sekadar Cita-Cita

Dalam bidang komputasi, computer science, sebenarnya ada banyak hal yang saya cita-citakan yang sampai sekarang belum terlaksana. Yeah, alasannya klise sih, waktu. Demi waktu. Saat ini saya lebih menggunakan slot waktu luang saya untuk hal-hal di luar komputer — belajar piano dan membaca buku. Saya tidak ingin 24 jam waktu saya sehari sebagian besar habis untuk komputer. Saya yakin ini pun tidak akan lama, karena waktu kuliah akan segera dimulai dan praktis saya akan mencurahkan sebagian besar perhatian di sana, disamping pekerjaan di kantor tentu saja.

Jadi, saya daftar saja cita-cita saya ini di sini, untuk pengingat:

  1. Membuat prototipe sistem business intelligence berbasis Pentaho dan MySQL. Bukunya sudah ada, saya datangkan langsung hardcopy-nya dari Amazon.
  2. Saya ingin membuat situs chord musik yang bisa melakukan konversi nada dasar. Pengguna hanya perlu memasukkan file teks berisi chord, sistem akan melakukan parsing teks dengan artificial intelligence yang dimilikinya, dengan output chord baru dengan nada dasar baru.
  3. Di dunia mobile, saya ingin membuat sebuah aplikasi Java Midlet berisi kamus dan tesaurus bahasa Inggris. Saya akan kumpulkan sumber dari situs online semacam dictionary.com dengan perambah internet kecil, saya kumpulkan di database lokal ponsel agar bisa digunakan secara offline. Ini tantangannya, bagaimana menyimpan data besar dalam ukuran sekecil-kecilnya. Lalu saya akan menyebarkannya dengan lisensi yang benar-benar free.
    Adakah aplikasi seperti ini yang free? Cita-cita ini terbentuk karena saya mencari program tesaurus untuk Nokia N95 saya dan tidak menemukan yang benar-benar gratis kecuali yang online.
  4. Di dunia Geographic Information System (GIS), saya ingin mengembangkan prototipe GIS yang berisi informasi detail mengenai kota kelahiran saya: Tulungagung. Saya akan kembangkan sistem berbasis open source: Map Server. Saya selalu tertarik ketika melihat presentasi tentang GIS dan ingin mempelajarinya.

Hahaha… empat dulu. Ini yang di dunia computer science. Belum lagi cita-cita di bidang musik sehubungan dengan pelajaran piano saya. Belum lagi yang di bidang accounting.

Waktu terbatas. Kemampuan terbatas. Keinginan menggebu-gebu. Nggak boleh kemaruk… saya yakin suatu saat pasti akan terwujud, atau daftar di atas akan semakin memanjang, ha ha ha…

By Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

9 comments

  1. nomor 0. Punya pacar! saya akan mengkolaborasikan segala kemampuan dan pengetahuan serta sumber daya menggunakan metodologi yang paling mutakhir yang saya miliki untuk memikat gadis impian. wkwkwkwk! semoga lolos filter moderator

  2. @fahmi!:
    ah, bot mah jadi ngga asik lagi. karma yang menegangkan adalah keasyikan plurk 😀

    @Fenty:
    ahahaha…

    @geblek:
    ah, enggak lah, D3 kalo potograpi udah menghasilkan duit aja. Kalo sekadar hobi sih mendingan enggak he he he

    @ennykus:
    secara reguler dimasukkan kulkas enn biar ngga panas 😀

    @jka:
    indeks mulai dari 1 om.. tidak ada nomor 0 :p

    @Lina:
    kursusnya ke teman kantor yang menggelar kelas virtual piano setiap setelah jam kantor. share2annya ada di facebook sayah he he he…

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *