Xming, Menjalankan X di Windows

Kadangkala, ketika sedang melakukan remote ke mesin Unix atau Linux, saya membutuhkan untuk menjalankan program yang berwindow (memiliki user interface). Ini memang agak tidak lazim karena biasanya hampir seluruh program di *nix bisa dijalankan dengan command line saja. Kebiasaan inilah yang membuat saya nyaman tetap bekerja di Windows, kemudian tinggal remote ke mesin *nix menggunakan PuTTY dan melakukan segala hal yang saya perlukan dengan command line.

Nah, bagaimana memunculkan window *nix dalam Windows? Bukankah Microsoft Windows tidak memiliki XWindow server yang diperlukan oleh *nix?

Program yang terkenal dalam hal ini adalah Exceed Hummingbird (sekarang Open Text Connectivity), sebuah program propietary yang saya kenal sejak kuliah dulu. Lalu ada beberapa program lainnya lagi namun saya tidak pernah merasa nyaman memakainya — karena ketidaktahuan bagaimana memunculkan window Unix.

Hari ini saya menemukan software free yang bernama Xming. Cukup lightweight karena hanya sekitar 2 MB saja. Cara menjalankannya juga pada dasarnya sama dengan program-program XServer untuk Windows lainnya, cuma baru dengan Xming ini saya berhasil menjalankan sebuah window tanpa harus minta bantuan orang lain, hehehe…

Katakanlah Anda akan menjalankan program xterm dari mesin Unix di alamat 10.2.3.4. Maka yang perlu Anda siapkan adalah:

  1. Buka file x0.hosts dengan texteditor favorit (kalau saya gvim) di folder instalasi Xming (defaultnya C:\Program Files\Xming), dan masukkan entry 10.2.3.4. Ini membuat XServer akan mengizinkan mesin remote itu membuat window di komputer Anda. Tanpa ini, tidak akan ada window yang berhasil dibuat. Tidak akan ada pesan yang berguna bagi Anda kenapa window yang Anda harapkan tidak juga muncul. (khas program gratisan hehe).
  2. Login ke mesin remote Unix dengan PuTTY (protokol SSH atau Telnet sama saja). Misalnya, alamat komputer Anda yang dijadikan XServer adalah 10.2.3.5. Export display ke komputer dengan perintah:
    [shell] $ export DISPLAY=10.2.3.5:0
  3. Jika sudah, coba jalankan xterm dari terminal PuTTY:
    [shell] $ xterm
  4. Jika sebuah window xterm muncul di komputer lokal yang ber-windows ini, Anda sukses mengkonfigurasi XServer di komputer Anda.

Selamat melanjutkan pekerjaan. Maaf jika bahasanya terlalu teknis, ini sebenarnya memang lebih untuk catatan pribadi saya agar tidak lupa. Senang sekali rasanya bisa ngeblog lagi seperti zaman-zaman saat blog ini masih berumur setahun dua tahun ha ha ha…

Published
Categorized as ITisMyWorld

By Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

1 comment

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *