Kamera-Kamera Saku Terbaik Menurut DPReview.Com

Mungkin sudah saatnya saya mengupdate tulisan review kamera 2 jutaan secara sampai sekarang masih banyak yang mendownload file Excel itu meskipun mungkin banyak tipe-tipe yang ada di situ yang sudah discontinue.

Well, apakah saya mau membeli kamera saku baru? Hm.. bisa iya, bisa tidak (tergantung budget dan mood yang impulsif haha). Tetapi saya menyadari satu hal bahwa nampaknya saya tidak pernah cocok dengan karakter warna Canon. Terlalu pucat! Emang kamera hitam putih? Jagoan saya, Ixus 860, tampil mengecewakan waktu saya pakai untuk mengambil gambar di panti asuhan Al-Hasanat Mampang, ramadhan kemarin. Jadi saya mencoba mencari alternatif karakter warna selain Canon.

DPReview.Com menyediakan beberapa review super komplit yang membuat Anda bosan membaca detailnya (karena sangat mendetail) dan ingin segera menuju ke konklusinya. Kalau Anda masih malas membaca konklusinya, ini saya rangkumkan buat Anda.

Kamera Murah – Dibawah 1,5 Juta

Mereka merekomendasikan Sony Cybershot W120 dan Panasonic Lumix LZ8. Dua kamera ini sudah memiliki adik, yaitu Lumix Z10 dan Cybershot W130. Jika kedua kamera ini cukup kecil untuk dikantongi, saya akan segera lari ke toko kamera, hehe.

Kamera Super Kecil

Pemenangnya adalah Canon SD 790 IS dan Panasonic DMC FX-37. Jika tak menemukan SD 790 IS di sini, Anda juga bisa memilih Canon SD 780 IS (Canon Ixus 100 IS). Sedangkan FX-37, Anda bisa memilih FX-48. Nah, berhubung saya sudah putus asa dengan Canon, seri FX ini cukup menggoda saya, mengingat saya ingin kamera saku yang benar-benar bisa dimasukkan saku celana dengan nyaman layaknya handphone.

Kamera Tahan Air

Kamera waterproof sempat saya lirik waktu saya akan berangkat ke Karimun Jawa, Juli lalu. Kandidat saya waktu itu adalah Olympus seri mju yang cantik. Tapi ternyata, menurut DPReview, pemenangnya adalah Canon Powershot D10 dan Panasonic Lumix DMC TS-1. Tampilannya sih mereka memang didesain untuk tahan air. D10 tampil seperti plastik yang gemuk, sedangkan DMC TS-1 tampil seperti kotak garang tahan air. Kamera tahan air sudah tidak menarik lagi buat saya, siapa yang tega kamera mahal-mahal dicelupkan ke air? Hehehe

Kamera Super Zoom Panjang

Anda mencari kamera saku yang bisa dibuat mengintip orang pacaran? Artinya Anda bisa meng-close-up objek yang jauh? Di sini Panasonic lagi-lagi memborong trophy DPReview.Com. Dua kamera andalannya menjadi pemenang, yaitu Panasonic Lumix ZS1 dan Lumix ZS3.

Kamera saku super-zoom juga tidak menarik saya. Saya lebih mencari kamera saku yang wide angle-nya luas, karena akan lebih sering saya gunakan untuk memotret landscape (hei, saya landscaper kan?) dan memotret dokumentasi orang-orang narsis. Mengambil zoom panjang dengan kamera saku berisiko noise dan goyang. Saya lebih mempercayakan urusan intip-mengintip ini ke Nikon D40 + Nikkor AF-S 55-200 mm VR saja.

Jadi, mana pilihan Anda? Semoga membantu kegiatan pilih-pilih. Saya sih belum memutuskan hehehe…

Published
Categorized as Review

By Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

12 comments

  1. informatif, lih…tapi ada kamera Panasonic yang agak tricky, kalo ga salah lupa sih yang Lumix Z-10. Trus aku dikasih tahu paman tyo, katanya yg punya lensa bagus (relatif tahan terhadap cahaya dari depan) adalah yg bodi kameranya tebal, bukan tipis spt genre-nya Sony atau olimpus. Yo opo?

  2. @hedi:
    maksudnya tricky gimana mas? Hm, kalo menurut aku nggak tentu juga sih, tingkat chromatic aberration itu dipengaruhi oleh lensa, bukan bodi, tapi mungkin bodi yang bagus dibuat untuk lensa yang kokoh. Paling tidak hasil tes dpreview.com ini cukup representatif, selebihnya tergantung selera kita masing-masing. Misalnya aku yang lebih suka warna ngejrengnya Nikon Coolpix, meskipun secara tes Canon Ixus mengalahkan kualitas gambar Coolpix. Begono…

    @detx, Fenty:
    kan sudah dikasih link mas deteksi dan mbak fenti? secara sayah nggak punya gambarnya, kalo mau lihat gambarnya sila diklik masing-masing link tersebot.

    Thanks

  3. saku juga bermimpi suatu hari memiliki kamera digital mini yang tahan air. mengingat saia juga sangat tertarik dengan fotografi…

    tapi tak apalah,s ekarang saia bisa sedikit puas dengan kamera ponsel saia yang telah memiliki kekuatan 2mpx.

  4. saya lagi bingung memilih kamera pocket untuk istri saya yang sudah males bawa dslr milik saya pilihanya antara lumix fx48 dengan ixus 110is…. pilihan yang sulit dengan range harga yang mirip.

  5. maaf mau tanya, saya suka gambar landscape sama gambar yang focusnya macro :d, kira2 kamera yang bagus buat landscape apa yah? untuk kamera2 SLR bisa smua g yah (landscape dkk + focus macro) terima kasih

  6. em.. mas, saya pengin beli kamera saku..
    Kira2 ada gak ya, kamera saku yang bisa ditambahi lensa lagi, ketika kita pengin lebih figh dalam mendapatkan gambar..?

    trim’s

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *