Memilih Distribusi Linux Sesuai Dengan Kebutuhan Anda

PANDUAN MEMILIH DISTRO MENURUT MAJALAH LINUX FORMAT

Majalah impor yang tampaknya menjadi kiblat majalah INFO Linux edisi Mei 2009 membawa jargon: Get a Better Linux! Hal yang menarik, selain menyertakan satu DVD release distro Debian terbaru, mereka mengangkat topik pemilihan distro yang tepat sebagai fokus utama. Memang, dengan sedemikian banyaknya distro-distro Linux yang beredar, pemilihan distro yang tepat sangat membingungkan, baik bagi para awam maupun yang telah ahli sekalipun.

Majalah Linux Format membahas pemilihan distro sesuai dengan kebutuhan pengguna. Saya sendiri sampai sekarang belum pernah menemukan distro yang pas yang bisa menggantikan Windows XP. Saya pernah pakai Redhat, Mandrake, Debian Sarge, Mandriva, openSUSE, Fedora, lalu sekarang pakai Ubuntu.

Berikut ringkasannya.

  1. Newbiee: Ubuntu
    Yep, saya setuju. Saya terkesan dengan kemudahan Ubuntu. Tidak adanya user root tentunya ditujukan untuk menyederhanakan Linux. Saya yang masih newbiee di Linux cukup nyaman bertahan dengan Ubuntu sekarang.
  2. Migrasi dari Windows ke Linux: LinuxMint
    Saya belum pernah mencoba. Tapi saya baru tahu kalau Debian sudah punya cucu. LinuxMint ini anaknya Ubuntu. Sedangkan Ubuntu sendiri adalah anaknya Debian.
  3. Family Friendly: Qimo
    Mantranya: keep kids safe on the web.
  4. Everyday Desktop: Fedora 10
  5. Bussiness: OpenSUSE 11.1
    Tampaknya, kedekatannya dengan OpenOffice.org membuat redaksi Linux Format memilihnya sebagai distro yang ditujukan untuk keperluan pekerjaan kantor
  6. Light: Puppy Linux 4.1.2
    Katanya distro ini bisa dimasukkan ke dalam sebuah flashdisk dan bisa di-boot dimana saja.
  7. Sysadmin: Arch Linux
    Tidak punya antar muka grafis. Semua serba command line. Hmm… tampaknya hanya untuk orang-orang aneh saja ini. Saya sendiri lebih suka Debian sebagai basis untuk server.
  8. Coder: Mandriva 2009
    Salah satu distro yang konsisten dengan KDE dimana mayoritas distro sudah memakai Gnome sebagai window manager default. Kata redaksi Linux Format, karena KDE, maka lingkungan ini sangat sempurna untuk pengembangan aplikasi berbasis Qt.
  9. Server: CentOS
    Kenapa CentOS, redaksi Linux Format beralasan karena distro ini membawa banyak tools berbasis GUI untuk hampir semua tugas-tugas administratif server. Saya sih tetaplebih suka Debian.
  10. Music Production: 64 Studio
    Ada aplikasi Ardour yang dibawa distro ini secara default. Hampir semua aplikasi yang berhubungan dengan audio terinstall secara default.
  11. Gamers: Live.linux-gamers
    Sesuai namanya, tampaknya distro ini didesain untuk sedikit melawan opini umum bahwa Linux bukanlah pilihan yang tepat untuk sebuah komputer game.
  12. Multimedia: Mythbuntu
    Aplikasi yang terbundel adalah MythTV, aplikasi yang memang ditujukan untuk multimedia.

Sebenarnya, kalau mau jujur, Linux sudah cukup untuk kebutuhan kita. Masalahnya tinggal kultur. Tak dapat dipungkiri, Windows XP, dan apa lagi yang akan datang ini Windows 7 sangat menarik. Apalagi, dua sistem operasi tersebut juga “gratis”. Apalagi yang kita butuhkan? πŸ™‚

Author: Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

11 thoughts

  1. Tak dapat dipungkiri, Windows XP, dan apa lagi yang akan datang ini Windows 7 sangat menarik. Apalagi, dua sistem operasi tersebut juga Ò€œgratisÒ€. Apalagi yang kita butuhkan? πŸ™‚

    absolutely right :p

    untuk server, no commentlah…
    tapi untuk desktop, linux is suck!

    terlalu banyak pilihan dan banyak yang gak mutu seperti yang dikatakan http://lunduke.com/?p=429

    πŸ˜€

  2. ahaha..ahaha…
    xp dan wind7 gratis apalagi………

    satire yg terlalu ndut, mbok yao (boso ngendi maneh iki) jgn terlalu jujur bgitu

  3. Saya sendiri memang menggunakan Windows XP di notebook, sayang kan notebook sudah pre-installed Windows asli. Tapi saya menggunakan OpenBSD untuk server-server saya. Terima kasih untuk update menarik mengenai Linux, saya sendiri juga menggunakan Ubuntu setelah beralih dari OpenSUSE.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *