Moonlite Sonata

FLICKR
Lokasi: Beranda Rumah Tulungagung, Jawa Timur
Nikon D40 | Nikkor AF-S 55-200mm VR | Velbon CX-440

Kawanku,
Malam ini kamu kulihat indah sekali
Hitamnya langit begitu pekat,
Satu-satunya yang menerangi cuma merahnya sinarmu

Kamu tetap sama seperti bulan-bulan yang silam
Dan kamu akan tetap sama esok, lusa, dan tahun depan
Kadang sekali-sekali kamu tersenyum mengejek melihat berjuta mata di bumi
Kadang pula, kamu tersenyum manis juga kok…

Sebab sobat, dalam suasana seperti ini, penontonmu cuma ada dua model
Ada yang menonton sambil berdendang,
Bulan indah berkilauan, namun lebih indah wajahmu…
Ada yang diam sambil mengeluh dalam hati,
Diriku kini sendiri…. menghitung hari… detik demi detik…

Aku tak tahu, sekarang ini aku di posisi yang mana
Yang aku tahu, aku sedang memandangimu
Ditemani angin bergerisik yang seharusnya dingin menusuk tapi kenyataannya kok gerah
Ditemani tiga kaki dari karbon hitam terkunci baut plastik bernama tripod…

Aku cuma sedang berpikir sobat,
Dulu, aku bisa memandangimu dengan perasaan paling melankolis yang aku bisa
Bisa paling hancur, tersayat, patah, pecah, atau entah apa pun kata yang bisa menggambarkan perasaan

Tapi sekarang aku bertanya, kemana perginya?
Kosong nggak, tapi isi juga nggak.
Padahal aku sedang ingin bersedih-sedih ria, berpatah-patah ria

Aku cuma kuatir, sobat, batang ranting kuncup daun itu telah patah
Sehingga tak akan ada lagi kuncup-kuncup daun berikutnya
yang berharap akan muncul mahkota mawar atau harum melati di sana

Semoga tidak.
Semoga batang itu tetap ada dan masih bisa berharap,
Seperti aku yang berharap bisa menontonmu besok, lusa, bulan depan, tahun depan.

By Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

14 comments

  1. wetset… galih jadi melankolis, apa gara2 gadis berjilbab itu ya? hihi 😀 btw apik yo 200mm iso nembak bulan, nek lensa poket nggak nyucuk 😀 difragma/kecepatan piro iki cak?

  2. @fahmi!:
    Gara-gara nonton film Way Back into Love nya Hugh Grant ama Drew Barrymore :p
    Settingan F/16, speed sekitar 5 detik-an kira2, lupa, pokoknya di bikin under beberapa stop, meteringnya spot.

    @LuXsmaN:
    rembulan di wajahmu

    @Fenty:
    Bisa asal langit sedang cerah.

  3. cakep mas Galih, bulannya keemasan. jadi inget sekitar 2 minggu lalu waktu purnama, bulannya cantik sekali, mau motret yg keliatan pendarnya, tp lha kok malah OE, di turunin EV-nya malah bunder ser gak ada pendarnya, en akhirnya nyerah 😀

    WB opo kiy ?

  4. @dzaia-bs:
    Ukurannya tetap, cuma dicrop banyak sekali, pakai settingan RAW, ISO 400

    @d:
    terima kasih

    @tukang foto keliling:
    suwon

    @mae:
    WB-nya Shading (lebih merah daripada Cloudy), kalo di Canon istilahnya nggak tahu, kalau nggak ada coba manual WB saja lalu dibandingin sama cloudy. Yang lebih merah dari Cloudy itu yang aku pakai.

  5. kenapa yah semua foto yg di jepret sama yg namanya galih satriaji itu selalu bagus2 .. ??
    mantap kali itu .. hehe ..

  6. nah skalian nanya nih…
    mas kata org2 ps-s5is bisa moto bulan, kok saya gk pnah bisa moto bulan sampe jelas gtu sih? paling lingakaran putih doang gtu….ngeblur pula….hiks TT

  7. @geblek:
    metadata? tanya pak kmrt roy suryo aja kali ya 😀

    @biru:
    terima kasih 🙂

    @fifiani:
    Bisa kok, syaratnya:
    1. Harus dan wajib pakai tripod
    2. Cuaca harus cerah nggak ada awan yang menutupi
    3. Bulan sedang purnama sempurna
    4. Posisi zoom kamera ada di posisi paling panjang/jauh (135mm ekuivalen kalo nggak salah S5-IS
    5. Biar cahayanya nggak putih, pakai white balance cloudy atau shading
    6. Buka diafragma di sekitar F/16 (atau yang paling sempit S5-IS bisa)
    7. Set metering di Spot
    8. Bikin underexposed sekitar dua sampai tiga stop (-3EV), atau sampai pendarnya berkurang dan tekstur bulannya terlihat, tapi tidak terlalu gelap. Coba2 aja.
    9. Di potoshop, pakai filter unsharp mask buat menegaskan lingkarannya bulan.

    Selamat eksperimen, eh… tapi belajar buat ujian dulu yah 🙂

Leave a Reply to LuXsmaN Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *