Film Valkyrie dan G 30S PKI

Saya menontonnya tadi malam di studio XXI Plaza EX di Jl. MH. Thamrin. Film yang dibintangi oleh Tom Cruise ini bercerita tentang usaha pembunuhan terhadap pimpinan Nazi Jerman, Adolf Hitler yang didalangi oleh beberapa petinggi angkatan militer Jerman, dengan pemimpin pelaksana Kolonel Claus von Stauffenberg (Tom Cruise). Usaha pembunuhan ini disebut 20 July Plot (karena terjadi pada tanggal 20 Juli 1944).

Film sejarah yang bagus. Sinematografi, efek visual, dan plot ceritanya menarik. Memperluas wawasan saya tentang sejarah Nazi Jerman. Tetapi bukan itu saja yang membuat saya tertarik dan menulis review ini. Ketika mengikuti jalinan cerita plot ini, saya seperti dihajar de ja vu. Sepertinya saya pernah membaca rangkaian plot kudeta seperti ini. Tapi di mana ya…

Saya terhenyak ketika menyadari bahwa Valkyrie sangat mirip dengan Gerakan 30 S PKI. Tentu saja ini hanya analisis usil saya tanpa ikut dalam kontroversi sejarah 1966 itu.

Alat dan Kekuatan
Kudeta 20 Juli 1944 menggunakan Operasi Valkyrie sebagai alat untuk pengambil alih kekuasaan. Operasi ini disetujui oleh Adolf Hitler sebagai bentuk tindakan darurat yang melegitimasi angkatan perang untuk mengambil alih kekuasaan. Ini mirip dengan Supersemar yang ditandatangai PJM PBR Presiden Soekarno bukan?

Tokoh kunci operasi Valkyrie, Kolonel Stauffenberg, memobilisasi pasukan cadangan untuk melaksanakan operasi ini. Ini mengingatkan saya bahwa tokoh kunci militer dalam peristiwa G 30S PKI, Letnan Jenderal Soeharto, adalah seorang Panglima Kostrad. Panglima Komando Cadangan Strategis TNI Angkatan Darat. Pasukan cadangannya TNI. Hehe…

Isu yang Dikembangkan

Usaha Kudeta 20 Juli 1944 mengkambinghitamkan SS telah melakukan kudeta dan membunuh Hitler. Hal ini menjadikan operasi Valkyrie menangkap semua pimpinan yaitu SS, SD, Gestapo, dan Partai Nazi.  Seorang pengamat dan fans sejarah Nazi, Mas Puntadi, menjelaskan kepada saya bahwa SS sebenarnya di luar angkatan perang Jerman meskipun ia dipersenjatai lengkap. Ia adalah sebuah organisasi khusus yang melindungi sang pemimpin Nazi, Adolf Hitler.

Gerakan 30S PKI juga memiliki isu angkatan yang khusus ini. Ia adalah Angkatan Kelima di luar TNI yang beranggotakan sipil dan akan dipersenjatai dari Cina.

Namun sayangnya, Gerakan 30S PKI adalah sejarah yang penuh kontroversi. Selain versi resmi yang kita pelajari di buku sejarah di sekolah, berkembang ribuan versi teori konspirasi mengenai persitiwa yang mengakhiri rezim Orde Lama ini. Andai katakanlah saja salah satu teori konspirasi itu benar, bahwa Jenderal Soeharto terlibat dalam kudeta ini, tentu saya bisa berkata bahwa inilah suatu bentuk modifikasi dari Operasi Valkyrie yang berhasil dengan gilang gemilang.

Published
Categorized as Review

By Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

15 comments

  1. Baru semalam nonton film valkyrie. Menurutku sih gak bagus. Entah kalo yang suka dan berselera tinggi pada semacam spionase dan sejarah ya. Tapi menurutku, alurnya gak begitu jelas dan gak ada pesan2 moral apapun dari film ini.

  2. saya mau nonton tapi kok kayaknya sepi jadi pingin cari tahu..nah review ini membantu banget..saya jadi tertarik mau nonton.kalu urusan sejarah yang mirip atau bagaimana..saya sih idem ajah..sejarah itu enak di ikutin.kayak baca dongeng atau nonton film gini, urusan bener salah mah gak penting lagi..wong sudah terjadi,
    macam sekarang, dunia mau kiamat,ilmuwan masih bingung meneliti asal usul kehidupan..kalau udah ketemu trus keburu kiamat..kan ga membantu juga.

  3. iya bagus sih. tapi sediki berbeda dengan g30s ya. meskipun sama2 mengincar kekuasaan, tapi pergerakan konspirasinya berbeda.
    oiya angkatan kelima yg buruh tani utu beda dgn ss. karena kalo ss juga terkait sebagai think tank. mungkin kalo di sini seperti politbiro nya pki. tapi sih tetep aja beda.

    udah ah gitu aja.

    *tapi keren kok. film yang cukup bagus. menegangkan banget ya konspirasi jaman dulu ya. bener2 ribet. gak ada Hp.hehee

  4. filmna emg kren,,w dah tnton,,n brencana pnya ank mw w kasih nma “valkyrie”…

    hahahaha….

  5. sejrah itu g kan mungkin semuanya terungkap……….itu hanya menjadi lembaran hitam sejarah indonesia

  6. Saya setuju dengan anda, bisa jadi ini menginspirasi “tokoh tokoh” yang terlibat peristiwa G 30 S PKI. Saya baru nonton di DVD tadi malam, langsung merasakan deja vu yang sama…. operasi valkyrie memang hebat. mengatur semuanya ketika alat komunikasi masih primitif. pelajaran yang bisa diambil adalah : kalo mau kudeta jangan lupa menguasai kantor telekomunikasi….hehehehe

  7. saya merasakan hal yang sama, sebuah model ‘Coup’ yang serupa mungkin model pemberontakan G30/S kita berkaca juga dari sana karena ituah disini bisa berhasil

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *