Wajah Pantai Prigi dalam Sudut dan Cuaca yang Berbeda

FLICKR
Lokasi: Pantai Prigi, Trenggalek, Jawa Timur
Lepas Pantai | Nikon D40 | Sigma 10-20mm HSM

Dalam rangka jalan-jalan yang bertajuk “Kado Cinta Terakhir Untuknya”, liburan lebaran yang lalu saya mengunjungi Pantai Prigi lagi. Tetapi, berbeda dengan kunjungan saya yang ini, cuaca pantai Prigi kurang fotogenik. Mendung. Maklum, musim hujan telah tiba, bukan menyesuaikan dengan suasana hati yang sedang meneriakkan kata perpisahan. Tetapi, ini justru membawa view yang berbeda dengan biasanya. Prigi yang mendung? Apakah masih oke untuk difoto?

Pantai Karanggongso

Lumut di Karanggongso | FLICKR | Nikon D40 | Sigma 10-20mm HSM

Pantai Karanggongso | FLICKR | Nikon D40 | Sigma 10-20mm HSM

Kawasan wisata pantai Prigi sejatinya adalah sebuah rangkaian pesisir yang membujur dari timur ke barat yang langsung berbatasan dengan Bukit Kapur Selatan. Pantai Karanggongso sendiri sebenarnya tidak memiliki pantai yang luas karena berada di balik perumahan-perumahan dan resort. Kawasan ini mayoritas dikuasai oleh resort yang dibuat sedemikian rupa sehingga bagian belakang resort langsung berhadapan dengan pantai selatan, sedangkan bagian depan berhadapan dengan jalan utama yang sama sekali tidak memiliki view yang bebas ke arah pantai.

Pantai Pasir Putih

Terletak di sebelah barat Karanggongso, pantai ini telah saya eksplorasi habis di tulisan ini. Kemarin waktu liburan lebaran, pantai ini sama sekali tidak bisa dinikmati karena penuh oleh orang. Lebih mirip pasar daripada pantai. Cari tempat parkir mobil saja susah. Khusus pada hari itu, tempat parkir didominasi oleh mobil-mobil luar kota berplat B (Jakarta), F (Bogor), H (Semarang), dan L (Surabaya). Kode plat AG untuk karesidenan Kediri (Kediri-Tulungagung-Trenggalek-Blitar) seperti terpinggirkan.

Dermaga Pantai Prigi

Mendung Menggelayut | FLICKR | Nikon D40 |Sigma 10-20mm HSM

Dari Dermaga Pantai Prigi | FLICKR | Nikon D40 | Sigma 10-20mm HSM

Dermaga Prigi | FLICKR | Nikon D40 | Sigma 10-20mm HSM

Dermaga pantai Prigi sebenarnya merupakan megaproyek di era Presiden Megawati Soekarnoputri. Mencoba membuat sebuah pelabuhan di pantai selatan. Saya kira, proyek ini lebih banyak segi politisnya karena memang Trenggalek dan sekitarnya adalah basis kantong PDI Perjuangan. Sekarang dermaga ini hanya tersisa bekas proyek yang tak dilanjutkan. Garis batuan pemecah ombak telah selesai dan bisa dipakai parkir perahu-perahu nelayan. Pusat pelelangan ikannya pun telah selesai. Namun sarana selebihnya, masih belum dibuat sama sekali.

PS: Menjawab komentar Nafik’ah: Wisata pegunungan di Tulungagung di Sendang Pagerwojo memang belum tersentuh, masih belum punya akses dan kawan untuk menemani ke sana.

Published
Categorized as Landscape

By Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

20 comments

  1. mendung- mendung…tetep aja bagus mas…
    walau nuansanya jadi mencekam…[hoho, tatut…]

    oiya mas, saya sangat menyesal…mengapa tidak menunggu untuk mendapatkan d40…malah pingin cepet dan berpikir menggunakan ps- s5is saja…TT

    tp, ttap saja kucinta esiskuw…^^v

  2. sok Insyaallah tak kancani mas, tapi ini masih tahap survey,,,haduh kok survey sih, cuman mencari view yg bagus,,
    tapi kalo musim hujan gini, suasana belum mendukung…skrg anak2 banyak yg seneng moto-moto,,jadi ntar kalo pas mudik bareng, qt bisa rame-rame ^_^

    *cek dowone 😀

  3. mas.. fotonya bagus. saya sendiri belum pernah ke prigi. tapi sekali pernah ke pantai di daerah Munjungan, Trenggalek. bagus dan suasana masih asli.

  4. pantai prigi & pasir putih emang bagus, tp pernahkah singgah di pantai munjungan???
    klo lum pasti rugi deh, masih asli, bisa liat laut lepas > ‘uji kekuatan mata’ liat selatan ukur sampai mana mata kamu bisa memandang, pokoknya keren abis,,,,

  5. mas galih,
    email yang di contact itu masih aktif ga?
    saya kirim pertanyaan macem2 tuu, soal
    trenggalek/tulungagung…plisss segera dijawab, mass

    saya tertarik ke tempat ini soalnya

  6. q mw tau donk… jalan ke arah prigi tuh nyaman ngk?! banyak tanjakan pa ngk ya?! trus klo bis wisata yg gedhe itu kira2 gampang ngk masuk ke sana…?! thx ya

  7. Hey..ku jg putra prigi,tepat’x karanggoso. Sungguh ku turut bangga dengan di angkat’y tntang pantai prigi di blog ini. Mksh en lam knal.

  8. Hay yg blgnya anak karanggoso td namanya cp ya?tlg kctau.coz aq lama bgt dsana. And kalo nama”org sana kyaknya aq msh hafal.dr bangkokan sampe pasir puth.085651237575.tanks

  9. benar2 indah pantai prigi gk ad bosen2ya wlpun q sering maen ksn…aplgi kl hari minggu,,,,sempurna……… tp q brharap di thn 2011 ni pantai karanggoso bs lbh baik…………………….

  10. Pantai yg benar2 indah…. Fotonya bener2 bagus… Q asli prigi,tpi dah lama tiada q rasa semlirnya angin pantai prigi tercinta.

  11. waw exotic.. pengen banget pergi ke pantai prigi. padahal deket bngt dari rumahku kediri, tapi gak tau jalan.. maklum lah orang kampung kuper pula.. BTW thanks for info ntar klo ada waktu mampir dah ke prigi ma temen2 biar gak nyasar

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *