Sang Pemburu Ganggang

FLICKR
Lokasi: Tepi Jembatan Lembu Peteng, Tulungagung, Jawa Timur
Nikon D40 | Nikkor AF-S 55-200mm VR | 1/1000 s | F/5.6

Yes! Akhirnya sampai waktunya buat upload foto-foto dari kampung halaman Tulungagung, Jawa Timur. Hehehe…

Suatu siang yang cukup terik, saya menyusuri tanggul sebelah barat kali Lembu Peteng dari arah selatan dan tertarik pada bunga ungu bermekaran dari tumbuhan Ganggang yang tumbuh subur di tepi sungai ini. Musim kemarau memang sedang meranggas. Bukan bunga Lotus yang saya temukan, tapi Ganggang.

Ketika saya sampai persis di seberang studio Radio Kembang Sore FM yang ada di sisi timur sungai, saya melihat beberapa bapak-bapak sedang asyik kungkum (Jawa: berendam) sambil mengepulkan asap rokoknya. Senjatanya adalah galah bambu panjang dan semacam jaring untuk wadah di sisinya. Saya tak tahu mereka mencari apa, mungkin cacing. Apapun yang mereka cari, saya telah siap dengan kamera tersambung lensa tele dari atas tanggul.

Saya tersenyum puas. Selamat bekerja, Sang Pemburu Ganggang… (saya namakan saja begitu biar lebih dramatis kesannya ^_^)

By Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

15 comments

  1. hm.. indah sekali mas galih, ditambah dg narasi yg ditulis menambah emosi pembaca dalam menghayati karya seni ini. eh btw ak pernah lewat situ gak ya *mikir*

    eh jangan2 lg nyari ikan, kodok, atau apalah itu, lih?

  2. eh itu mencari ganggang yah? bukan eceng gondok? *btw sy juga ngak ngerti model ganggang itu seperti apa, eceng gondok juga 😀 hehehe ngomong apa aku ni 😀 *

  3. #Anang:
    Mungkin, kerjaan orang siapa tau? Cuma fotografer usil yang tanya-tanya bapak itu lagi ngapain, hehe

    #aRuL:
    Judulnya jadi nggak dramatis lagi dong? Sang Pemburu Enceng Gondok 😛 Karena enceng gondok dan ganggang memiliki kekerabatan yang dekat, aku pilih ganggang meskipun kalau yang di foto itu lebih ke enceng gondok

    #det:
    Bukannya malah agak under? Kalau yang mbok maksud bagian bunganya, you’re exactly right. Baru sadar aku waktu ngedit foto ini kalau membuka diafragmanya terlalu lebar (F/5.6)

  4. #ryht:
    salah satu teknik penulisan bukan? pilihlah judul yang sedikit menggelitik dan mengundang tanda tanya pembaca.

    #ulan:
    Yaah… paling nggak mereka masih satu keluarga tumbuh-tumbuhan.

    #andy:
    menurut saya kurang bagus karena efek kecipak airnya tidak akan kelihatan. yang terlihat malah tanggulnya. kesan sungainya jadi hilang.

    #dnial:
    kamu yang terbaik kalau soal beginian, sobat =))

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *