Berunding

FLICKR
Lokasi: Gunung Geulis Camping Ground, Bogor, Jawa Barat
Nikon D80 | Nikkor AF-S 18-200mm VR-II

Di sebuah bale-bale, kami panitia Family Day 2008 sedang melihat-lihat lokasi yang akan dijadikan pusat acara. Lokasinya sejuk, banyak pohon. Saya, yang kebetulan didapuk jadi koordinator seksi dokumentasi, mencoba memetakan daerah ini lewat viewfinder saya. Sekaligus berkenalan dengan si besar dan berat Nikon D80 yang dipasangkan dengan lensa long-range terbaik di kelasnya: Nikkor AF-S 18-200mm VR-II.

Bicara tentang lensa ini, kinerjanya sangat bagus jika dibandingkan dengan Sigma 18-200mm HSM atau Tamron 18-250mm. Tajam dari ujung ke ujung. Tapi harus diakui kalau saya masih lebih suka dengan tele saya Nikkor AF-S 55-200mm VR.

Anda lihat garis melengkung bengkok di sepanjang tepi balai-balai dan atapnya? Itu namanya distorsi. Ini wajar ditemui di lensa yang jangkauan fokalnya luar biasa panjang. Dibandingkan dengan Sigma dan Tamron, Nikkor tetap terbaik.

Tentu, keuntungan yang tak terbantahkan dari lensa berfokal panjang ini adalah bahwa kita tidak perlu gonta ganti lensa dalam kondisi apapun. Wide bisa, tele juga bisa. Sangat cocok digunakan untuk meliput event yang memang kualitas tidak terlalu perfeksionis, tapi sangat mementingkan ketepatan momen.

By Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

18 comments

  1. #rika wardhani:
    saya cuma fotografer hobi, jadi nggak pede kalau dianggap kayak fotografer profesional. takut hasilnya mengecewakan. kalau dimintai tolong buat njeprat njepret saja mah saya dengan senang hati mau. begitu… 🙂

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *