Tarhib Ramadhan 1429H

Berikut adalah ringkasan ulasan dari Ustadz Musyaffa Ahmad Rohim, Lc, penulis artikel di www.dakwatuna.com yang tadi dibahas dalam kajian bulanan Badan Dakwah Islam (BDI) di kantor tempat saya bekerja. Tema yang diambil adalah tarhib (persiapan) untuk menyambut event besar bagi umat Islam: Ramadhan 1429 H.

Dalam materi presentasinya, beliau memaparkan materi yang berjudul Sepuluh Cara Menyambut Ramadhan, Sepuluh Teknik Membangun Motivasi Optimalisasinya. Materi berformat dokumen MS-Word ini unik karena diawali oleh sebuah diagram bertuliskan Arab. Berikut ringkasannya saya tulis di sini.

Cara menyambut bulan Ramadhan:

  1. Memperbanyak doa agar Allah SWT memberi kesempatan kita bertemu Ramadhan dalam sehat wal afiat, bersemangat dalam mengisi Ramadhan dengan amal shalih, dan dihindarkan dari berbagai hal yang mengganggu upaya optimalisasi ibadah Ramadhan.
  2. Memperbanyak pujian dan syukur kepada Allah SWT.
  3. Mengekspresikan diri dalam keceriaan menyambut kedatangan Ramadhan.
  4. Menyusun perencanan yang baik untuk optimalisasi Ramadhan.
  5. Tekad yang sungguh-sungguh untuk optimalisasi Ramadhan.
  6. Ilmu dan pemahaman yang baik terhadap hukum-hukum Ramadhan.
  7. Tekad yang kuat untuk meninggalkan dosa dan keburukan, serta taubat yang benar dari segala kemaksiatan.
  8. Pengkondisian jiwa dan ruhani melalui bacaan, telaah kitab dan buku, mendengar kaset Islami yang berisi ceramaah atau pelajaran tentang keutamaan puasa.
  9. Persiapan dan perencanan yang baik untuk melakukan dakwah.
  10. Menyambut Ramadhan dengan membuka lembaran putih bersama Allah (dengan cara bertobat dengan sesungguhnya), Rasulullah SAW (dengan cara taat kepadanya), kedua orang tua, dan masyarakat tempat kita tinggal.

Ahlan wa Shahlan yaa Ramadhan, mari kita persiapkan diri untuk menyambut bulan yang istimewa ini. Kita tidak yakin apakah nyawa kita akan sampai pada Ramadhan tahun ini dan tahun berikutnya, maka mari kita jadikan Ramadhan tahun ini yang terbaik dari tahun-tahun sebelumnya.

Untuk materi dari Ustadz Musyaffa, telah saya upload dan bisa didownload di sini. Semoga materi ini akan selalu menjadi amal jariyah untuk beliau. Amiin…

Published
Categorized as Islam

By Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

11 comments

  1. wah bahan yang bagus menjelang ramadhan.. semoga kajian semacam itu gak hanya diadakan menjelang dan selama ramadhan..

    biar jiwa raga yang kering karena kehilangan cinta wanita bisa terobati..

    hohoho…

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *