Agar Flickr Uploadr Bisa Menggunakan Proxy Server

fuploader.gif

Saya adalah fans Flickr. Online photo sharing yang menurut saya paling mengasyikkan dibandingkan dengan layanan yang lain semacam Picasa, Photobucket, dll. Sedemikian ngefans-nya hingga beberapa bulan yang lalu saya memutuskan untuk meng-upgrade account saya menjadi pro. Yang paling saya suka adalah model tampilannya yang merupakan photoblogging. Selain itu, Flickr juga mempunyai tool uploader dahsyat bernama Flickr Uploadr — berbasis desktop, yang bisa melakukan batch uploading.

Sayangnya, software ini tidak memiliki opsi konfigurasi sama sekali. Konfigurasi koneksi internet dengan proxy tidak bisa dilakukan lewat GUI-nya. Awalnya saya kira ia mengikuti setting proxy-nya Internet Explorer (atau default internet browser), tapi ternyata tidak. Konfigurasinya default, lewat direct connection. Jika Anda menggunakan proxy, Anda harus melakukan konfigurasi secara manual. Bagaimana cara konfigurasinya? Berikut langkah-langkahnya.

Pengaturan opsi Flickr Uploadr sebenarnya ada. Ia disimpan di file bertipe Javascript bernama prefs.js. Instalasi default menyimpannya di folder C:\Program Files\Flickr Uploadr\defaults\preferences. Silakan buka file tersebut dengan teks editor, misalnya pakai Notepad, kemudian tambahkan baris-baris di bawah ini:

pref(‘network.proxy.http’, ‘localhost’);
pref(‘network.proxy.http_port’, 6112);
pref(‘network.proxy.type’, 1);

Silakan ganti localhost dengan alamat proxy server Anda, misalnya proxy.example.com. Kemudian ganti juga angka 6112 dengan port proxy server Anda. Kebanyakan proxy server memakai port 8080

Restart Flickr Uploadr, dan beberapa saat kemudian Anda akan bisa login ke flickr melalui software ini.

Selamat mencoba! 🙂

Sumber: http://www.perfectblogger.com/2008/02/flickr-uploadr-proxy/

By Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

5 comments

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *