Jalan-Jalan Tulungagung: Pantai Prigi

prigi.jpg

Ups, maaf, sebenarnya pantai Prigi tidak berada di daerah Tulungagung, tetapi kabupaten Trenggalek (kalau nggak diberi pernyataan begini bisa-bisa mas selebritis ini protes ^^). Namun dari sekian banyak pantai di pesisir pantai selatan di pulau Jawa, pantai Prigi adalah yang terbaik. Berhubung jaraknya yang tidak terlalu jauh dari kabupaten Tulungagung, orang Tulungagung malah jauh lebih senang ke pantai Prigi daripada pantai-pantai lain di daerah kabupaten Tulungagung: Pantai Popoh, Sidem, Sine, atau Brumbun.

Pantai Prigi berjarak sekitar 40 km dari jantung kota Tulungagung. Anda bisa mengambil jalur utara: Tulungagung – Gondang – Durenan – Bandung – Prigi, atau lewat jalur selatan: Tulungagung – Boyolangu – Campurdarat – Bandung – Prigi. Jalan menuju ke pantai ini sudah bagus. Hotmix atau korea kata orang jawa.

Kawasan pantai ini ada yang langsung berhadapan dengan samudera Hindia, ada juga yang berada di ceruk teluk kecil berombak cukup tenang karena sudah dipecahkan oleh karang-karang yang ada. Orang sering menyebutnya Pantai Pasir Putih Prigi.

Waktu saya kesana kemarin (lanjutan dari Pantai Brumbun), saya memang sedang beruntung. Langit sedang fotogenik. Bahkan waktu jam satu siang sekalipun — saat cahaya terlalu kencang untuk foto — langit masih cantik buat difoto. Selain itu faktor lensa super wide Sigma 10-20 mm HSM yang sangat-sangat prima. Tak perlu banyak olah digital lagi. Anda kalau seorang landscaper, tak perlu beli Nikkor AF-S 12-24 mm yang harganya selangit. Dengan harga separuhnya, Anda bisa mendapatkan kualitas Sigma yang saya rasa lebih dari cukup untuk penghobi fotografi pemandangan.

Berikut foto-fotonya (akan ada banyak foto, jadi awas buat yang sedang fakir bandwidth).

FLICKR – Siapapun yang tinggal di kota besar macam metropolitan Jakarta akan selalu merindukan bisa menikmati lukisan langit biru seperti ini

FLICKR – Eh, eh, pasir putih yang cantik. Tak perlu ke Bali buat cari paradise seperti ini.

FLICKR – Tak pernah saya lihat langit Prigi sebiru dan seindah ini.

FLICKR – Saya menamakan foto ini: The Beach. Garis pantai yang melengkung karena memang pantai ini adalah sebuah teluk kecil yang membentuk sebuah laguna biru yang sangat indah.

FLICKR – Pasir putih dalam sudut pandangan katak (frog view). Pasir putih ini hasil air laut yang memecahkan batu karang selama bertahun-tahun. Seperti halnya kontur-kontur pantai di Tulungagung-Trenggalek, pantai selatan akan langsung berhadapan dengan perbukitan berbatu.

FLICKR – Garis pantai Prigi dari ujung ke ujung. Tempat yang sangat ideal sebagai tempat muda-mudi memadu kasih. Karena atmosfernya — berangin sejuk, view yang indah, tenang, dan damai. Juga… rerimbunan hijau (Anda tahu maksud saya kan? 🙂 )

FLICKR – Saya menamakan foto ini: The Rocks. Setelah mendapat foto ini saya tertawa terbahak-bahak sendiri. Wajar, karena setelah itu saya tidak bisa membuat foto yang sama persis dengan ini.

Really-really had a successfull hunting. Thanks.

Published
Categorized as Landscape

By Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

56 comments

  1. ya harus lih.. hehehehe masa prigi mau diklaim jadi kepunyaan tulungagung.. ya ndak betul itu.. wkwkwkwkwkw. sebenernya prigi ga kalah sama pantai2 di bali…. hanya kalah tenar aja… hiks..

  2. yes! untung pake spidi. foto2nya cepet kebuka semua. gyahahaha… *kok jd iklan?*
    huaaaaa… pantainya indah bgt! huhuhu… kapan bisa ke pantai lg, ya? 🙁
    eh, langit jg bisa fotogenik, toh? 😛

  3. #Anang:
    Kurang mendapat perhatian serius dari pemerintah 🙂

    #Juminten:
    Langit itu fotogenik kalau warnanya biru atau merah kekuningan. Tidak fotogenik kalau warnanya putih atau abu-abu. Contoh langit yang tidak fotogenik itu Pantai Marina Ancol.

    #tukang foto keliling:
    Sido gak bleh nginep ngomahku?

    #cinker:
    Hehehe, hati2 juga sama tipuan kamera 😀

  4. #tiui:
    Fotografi ada beberapa genre. Salah satunya jurnalistik. Genre ini tidak boleh melakukan manipulasi fotografis sama sekali seperti pengambilan angle, penggunaan lensa, manipulasi digital, bahkan suasana atmosfer serta latar belakang sosial pada saat pengambilan foto.

    Lain halnya dengan genre fotografi landscape seperti ini. semua hal-hal yang terlihat indah di kamera adalah faktor manipulasi fotografis agar terlihat indah. Bukan berarti foto yang dimanipulasi benar-benar jelek, tetapi pada aslinya memang terlihat indah. Tugas dan tantangan fotografer landscape adalah membuat sesuatu yang biasa menjadi jauh lebih indah di frame foto, entah itu dengan pemilihan penggunaan lensa, pengambilan sudut gambar, kombinasi diafragma dan shutter speed, dsb.

  5. koreksi mas galih .. itu bukan prigi .. tapi pasir putih karanggongso 😀 ..sebelahnya prigi
    kalo pantai prigi mah ombak nya gedhe.. tempatnya rame.. tapi masih bisa direnangi … jadi asyik banget kalo mau renang dan bermain bersama ombak… (memorizing my childhood ) ..

  6. allow……
    wuaaaaaaacccccchhhhhhh…………
    TOELOENGAGOENG mang TOP BGT dah!!!!!
    I Luph tulungagung town…..
    popoh beach^_^

  7. mau dong tau lebih jauh kabar TA, aku wong Jakarta yang sekolah di TA. khangen buanget udah lama g ke TA. ada g ya perkumpulan orang TA d Jakarta ini?

  8. prigi aku dari kecil aku tinggal disana,kini rindukan hati jauh disini..?
    air mataku jatuh tak bisa tertahan setiap ku pandang jauh disini.prigi aku rindu

  9. tapi sekarang ini ada yang sangat mengganggu di pantai prigi. bau amis campur busuk yang makin hari makin tak terkendali, di bagian timur pantai prigi bau itu sangat terasa, begitu juga di sepanjang pantai prigi. memang masyarakat kita kurang pandai mengelola potensi yang ada. ironisya pantai Damas (di barat prigi) juga mulai terkontaminasi, padahal pantai Damas itu sangat teduuuh, dan airnya hijau. terakhir 3 hari yang lalu aku kesana. kayaknya sepanjang pantai2 di pesisir jawa kudu mulai dijaga ketat, coz jalur lintas selatan udah mulai jalan 60 %, kalau gak dikelola dengan baik bisa menyebabkan kerusakan lingkungan.

  10. Masa sih hanya dengan mengutak-atik lensa, shutter speed, diaframa, etc, pada kamera digital bisa mengambil gambar langit sebiru itu?
    Memang bisa ya tanpa harus pakai photoshop, etc?

  11. beNEr brSih KYk gTOE??
    BknNA PnuH Dgn SMpah D tePI PntAI…..
    Toe pNTAi kRG dPERHatiKAN Ma pmERINtah SNa…
    tPI tETep pNTai yG INdaH….

  12. wah, kebetulan nich aku lagi ngambil obyek tuh pantai buat skripsiku…
    honestly….aku agak sedikit kecewa ma pemerintah daerahnya….soalnya kurang max dalam pembangunannya,tapi ya…it’s ok lah klo cuma buat nglepas stres otak,liat pemandangan disana dah lumayan refresh juga kok.ini bisa dilakukan buat orang2 yang mati gaya klo mo liburan plus ga ada duit buat ke Bali.pantai Prigi bisa jadi alternatif.heheheheehehe>>

  13. kapan bisa kesana dengan cinta eh citra i love you prigi ku harap km msh sm kyak pantai ku dl…………………………………………………………..i mizz you prigi ku tak bisa ungkap kan kata selain lo indah banget sih maksih alloh telah menciptakan prigi yg begitu indah buat kmi

  14. PRIGI-PRIGI-PRIGI……pantai prigi,….riuh riak kernet2 diseputaran terminal Durenan mencoba mencari penumpang.
    Waktu itu aku masih kelas 1 smp,…kata bapakku ” mungkin bulan depan bapak dipindah tugas ke prigi ”
    wow…prigi..???…pantai dong…gumamku…
    dalam hati,…” Tuhan memang aku dulu pernah bermimpi,…punya rumah deket Pantai,…rerimbunan pohon Ketapang terhampar di halaman rumah,…dan nyiur melambai mengiringi derunya ombak lautan….drezzz…zz…”
    Riuh-riang suara kicau burung menggema , membelah cakrawala hati yang lama bersembunyi,…dan seraya mengucap syukur ” Terimakasih Tuhan Kau Telah Ciptakan Pantai yg Indah ini untuk kami…”, semoga kami senatiasa menjaganya, merawatnya, memanfaatkannya sesuai dengan kapasitasnya…dan tidak melebihi apapun yg bisa menyakitinya…Amien.

  15. @neneng : maaf atas ketidaknyamanannya,…emang qlo pemdanya ya gitu deh…sangat-sangat mash kaya anak kecil.
    malu juga tatkala mendengar keluhan dari pemda2 lain, atas kinerja Pemerintah Daerah Trenggalek yg tercinta.
    skali lg maafkan.

  16. Minggu, 17 Mei kemarin aq dari sono, sippppp bagus bgt pantainya……
    sayangnya (maaf) pengelolaannya kurang bagus…

  17. saya asli prigi tepatnya di njurang mangu,cuma sy sekarang di kaltim,saya sangat menyayangkan pengelolaan pantai yang indah ini kurang begitu perawatan,tolong dari pemda sebagai pengelola langsung kawasan wisata pantai prigi lbih perhatian lagi,karna ini adalah aset yang tak ternilai harganya,contoh seperti pedagang2 yg ada di pinggir pantai di alokasikan sedemikian rupa,supaya keindahan pantai prigi biar gk kelihatan kumuh,satu lagi fasilitas umum tolong juga di perhatikan,PRIGI TEMPATKU LAHIR DAN DI BESARKAN SEMOGA ENGKAU MAKIN CANTIK,INDAH DAN BERSIH,MAJU TERUS PRIGIKU……………………………….

  18. Wah sip banget tuh fotonya hehe.. Langitnya terutama.. Bagus banget ya Prigi.. Mari dilestarikan biar tetep bersih! Nice post.. Btw, udah nyobain Pantai Lombang belom? Ga kalah bagus lho.. ^^

  19. Aku wong tulung agung omagku Kepatihan, saiki tingal nek batam kangen banget karo pantai prigi

  20. Subhanallah memang pantai prigi di kecamatan watulimo trenggalek luar biasa, dalam waktu singkat kita bisa ke 3 atau lebih pantai sekaligus…. aku dulu tinggal disana 15 tahun dan sekarang aku di lampung… masih kangen banget dengan pantai prigi….

  21. saka jane aku kepingin banget nyang pantai prigi jarena apik tenan salam kanggo wong trenggalek salm kenal saka mbak ulfa gresik

  22. aq udah pernah kesana lho, pantainya aduhai, batu karangx seperti lukisan tp itu tempatx bahaya klu mau cari aja d deretan batu2 yg bsr naik turun dulu ya.

  23. permisi,numpang tanya nih
    saya dari surabaya,kalau mau k pasir putih brangkat pkl 16.00 nyampe sana jam brapa ya?naik motor nih
    trus ada referensi penginapan yg murah gak y dsana?
    tengkyu

  24. tolong yang tahu aq dikasi info hotel tempat menginap juga…..yang tahu tlng info ya….thx so much sebelumnya 🙂

  25. mantab gan. teringat masa remaja. dulu aku sering main ke popoh & prigi. baik sama geng anak muda, maupun kadang sama keluarga. jadi pengen pulang kampung. hadoowwwwhhh…..rindu kampung halaman.

  26. ya ampuuunnn kkeeerrreeennnn bgt pliz dech keren gitoe loeh. . . . . LOE,GW END. . . .
    aq ke pantai prigi perjalanan dr Sidoarjo jm 3 pagy nyampai sana jam setengah 8 uhz g sabar untuk menikmati gulungan ombak yang memanggil2 aq untuk menghampirinya. .
    setelah aq ganti baju langsung jebur lagh kok mropat ku perih g repot a ngunu ikuw. . .
    hohohohohho

  27. sebenarnya di dekat pantai prigi juga ada yg bagus ( pantai damas ) pasirnya pasir hitam, pantainya panjang, di sepanjang pinggir pantai pohon nyiur melambai… sayang kurang perhatian, jadi ndak ada yang ngelola, kotor

  28. Weehhh.. prigi yah…dah lama banget kesana …terakhir ksana waktu SD..jarqang skali balik ke Tulungagung.. mudik lebaran juga sebentar aja…lain kali mau touring ah ksana…btw bro… ada penginapan atau losmen dsana ga?? punya spot buat snorkeling ga??atau diving kali?? infonya yah…

  29. ngingetin gue ma kenangan di pantai prigi
    ah kpn lagi bsa ke sana udah berthun2 gk main,,
    aq dari tulungagung sja suka ku mlah ke prigi dri pda ke popod,sidem dan srabah ihiihhi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *