Macam-Macam Kijang Kapsul

Saya bukanlah penggemar otomotif dan tidak mengerti permesinan mobil sama sekali. Saya hanya bisa menjalankannya saja. Kalau rusak ya… bawa ke bengkel. Kalau kotor ya… dibawa ke tukang cuci mobil. Malas bener yak, hahaha… yang paling cerewet soal bersih-bersih mobil ya ayah tersayang — si empunya mobil. Namun gara-gara berburu mobil buatan Toyota ini beberapa waktu lalu, saya jadi sedikit tahu detail mobil keluarga ini.

Oke, mulai dari generasi Kijang sendiri. Paling tidak ada empat generasi, yaitu kotak, agak kotak, kapsul, lalu innova. Hehe, ini pembagian generasi versi saya sendiri. Versi yang lebih benar ada di wikipedia ;)) Nah, buruan saya kemarin adalah Kijang versi Kapsul (New Kijang). Generasi ini diproduksi sekitar tahun 1997-2003. Tahun 2004 sampai sekarang adalah generasinya Innova — yang menurut saya tidak sesuai dengan filosofi Kijang itu sendiri (mungkin paksaan pasar dan desakan mobil built-up kali ya?).

Kijang Kapsul sendiri paling tidak dibatasi oleh dua bagian besar, sebelum tahun 2000 dan sesudah. Generasi sebelum tahun 2000 menggunakan karburator sebagai pencampur bensin dan udara, sedangkan setelah tahun 2000 mengganti karburator dengan teknologi bernama Electronic Fuel Injection (EFI). Warna-warna metalik seperti silver dan krem metalik juga mulai muncul setelah tahun 2000.

Dari kapasitas mesin, ada dua versi juga, yaitu 1.8 (1800 cc) dan 2.0 (2000 cc). Versi 1.8 adalah yang paling dicari orang sedangkan karena terkenal irit bahan bakar. Versi 2.0 agak gagal di pasaran karena boros. Saya sendiri sudah merasakan hehehe… Kalau dulu waktu pakai Suzuki Carry tahun 1992, Rp. 50.000 sudah bisa turing keliling antar kota (Tulungagung – Surabaya PP cuma makan Rp. 100.000 bensin), Kijang 2.0 hanya bisa buat keliling dalam kota saja. 🙁 Satu liter hanya bisa untuk 9-10 km saja.

Secara kasta, Kijang memiliki banyak sekali versi. Kasta ini sering ditunjukkan oleh huruf-huruf di kap belakang pojok kiri bawah dengan font yang khas. Versi-versi itu antara lain:

(1) Versi Pendek (short). Versi ini pendek. Ditandai dengan huruf pertama S. Kursi belakang menghadap ke samping. (2) Versi Panjang (long). Ditandai dengan huruf pertama L. Kursi belakang menghadap kedepan. Versi ini dibagi lagi dalam tiga subkasta:

  • yX: paling minimalis, tanpa AC, power steering, power window, dan asesoris lainnya. Kalau sudah pernah nyetir pakai power steering, bakalan berkeringat kalau nyetir mobil tanpa power steering.
  • ySX: versi lumayan, ada AC dan sistem audio.
  • yGX: versi mewah, AC-nya sudah double blower, power steering, power window, ada sistem audio, wiper depan belakang, dan lengkap dengan lampu kabut.
  • Krista: versi yang paling mewah. Ditandai dengan corak strip sporty pada body bagian bawah. Mirip dengan Daihatsu Taruna generasi CSX (tahun 2002 ke atas).

Huruf y menunjukkan panjang pendeknya (S atau L). Misalnya, tulisan di pojok kiri bawah kap belakang mobil adalah LGX 2.0 EFI, artinya ia adalah Kijang versi panjang, asesoris lengkap, dan memakai teknologi EFI.

Pada dasarnya, bentuk dan ukuran Kijang Kapsul dari tahun ke tahun adalah sama. Orang awam sulit membedakan sebuah Kijang Kapsul berasal dari tahun berapa. Namun ada beberapa ciri-ciri kecil yang membedakanya dari tahun ke tahun. Misalnya dari tutup radiator di bawah kap mesin depan, bentuk spion, dan lampu belakang. Generasi terakhir Kijang Kapsul (2003-2004) memiliki ornamen hiasan berbentuk segitiga di lampu belakang.

Sampai saat ini, reputasi Toyota Kijang masih sangat kuat di benak konsumen sebagai mobil keluarga yang nyaman (top of mind). Harganya sangat stabil. Generasi yang paling sukses menurut saya adalah generasi Grand Kijang (Kijang Kotak KF-42). Waktu diluncurkan, generasi ini sukses menghajar Suzuki Carry yang pada waktu itu menjadi market leader. Mulai saat itulah, konsep station wagon tanpa kepala ala Carry ditinggalkan dan berubah menjadi mobil berkepala seperti Kijang hingga sekarang.

Published
Categorized as Review

By Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

51 comments

  1. wah, makasih infonya mas. Aku lagi nyari info tentang mobil kijang nih, insya Allah mau beli.. kao duitnya cukup!

  2. lumayan !!! tapi jangan lupakan varian kijang Rangga. paling gagah dikelasnya, dilengkapi powerstering&ac. cuma beda tipis dengan variang kijang krista. yang membedakannya hanya body RANGGA short, ac double&power window.

  3. Aloo. salam kenal.. tanpa basa basi neh..
    rencana bulan ni aku mo beli mobil kijang second th 2004 keatas klo bisa dgn budget 100jt… yg bagus kira2 seperti ap.. saya baru pertama kali beli dan ga ngerti mesin… tolong kasih saya saran om thx…

  4. Ass W2. Tolong dong siapa yang punya informasi yg cukup memadai ttg Kijang Rangga. Ada yg bilang kijang jenis tsb tidak laku kurang bagus, mesinnya kasar, pemasangan bemper depannya kedodoran. Sementara itu ada yg bilang Kijang Rangga sangat keren dan saya pernah lihat sekali yg warna hitam lagi diparkir. Memang kelihatannya gagah banget. Tapi ngomong2 jarang sekali saya lihat Kijang Rangga diiklan jual beli mobil bekas. Kenapa ya. Terimakasih pertolongannya. W3

  5. Sy 12 thn lebih kegunakan kijang Rangga, ga ada pernah ada masalah baik mesin maupun body. bahkan sudah 4 orang mekanik handal mengakui mesin mobil saya, nyaris tak terdengar suara mesinnya saat langsang, aplg lagi Run.
    Menurut saya Rangga Special Edition, keluarannya ga byk krn bisa matikan pasar penjualan Krista saat itu jauh lebih mahal(thn 97-99).
    edshanto@yahoo.co.id

  6. #said : beneran mo jual Kijang Rangga ? warnanya apa ?

    #nadif : emangnya K’Rangga kaga’ ada power windownya ya. AC Blowernya singgle ? Mirrornya electric kagak ?

    tanks

  7. mau tanya gan……

    apa bedanya kijang kapsul diesel LX dan LSX baik dari segi mesin maupun interior dan eksteriornya…..??? soalnya saya baru beli kijang LX diesel tahun 2003/2002 tapi saya liat kok gak ada bedanya dengan punya temen yang mobilnya LSX 2002….

    mohon infonya gan………..

  8. Kijang Rangga memang tiada duanya. Mulus banget tuh mesin, irit dibanding kijang lainnya, tarikan oke, en….tongkrongannya ga minder biar dijejerin dengan fortuner, crv, blazer, terano, asalkan abis dicuci. Soalnya bersiin rangga ini ga susah, asal mau ngelap dikit dengan air (ga usah ke tukang cvuci) tu body dah keliatan oke. Cat nya emang bagus, apalagi kalao rajin sesekali di-kit, maka tampilan doi tetap kinclong….. aku pake rangga sudah 4 tahun (hibah daria kakak), sampe sekarang ga ada keluhan apa2, meskipun tiap taun rutin mudik ke sumatera…asyiiikk

    1. aku punya kijang rangga, kayaknya tampil beda dan nggak ada masalah dengan mesin walau sering pulkam terasanya nyaman…..apa lagi sparepartnya mudah didapat lg murah….. yang penting kijang rangga memang Okey

  9. @ erik : LSx up tu Lsx yg dikasi power window ja bro….gtu klo ak salah..

    kijang mang dari dulu terkenal bandel n gak rewel..body’ya pun gak kalah dgn mobil2 keluaran terbaru sekarang..thx banget bwat postingannya ni..

  10. boss… kijangku diesel 1997 short, 2460cc, pake power stering, AC, ada central lock, itu sx apa ssx?, saat beli nggak mikir sx apa ssx, tp lihat di iklan koran kok beda harga keduanya lumayan jauh

  11. saya minat beli rangga, posisi sy di bdg, barangkali ada temen2 yg mau jual rangga contact ke no hp 081320074212. thx

  12. saya juga mau jual mobil innova th 2005 yg minat hub……….085367978824…harga 111.000.000……nego powerstering…..powerwindow….ban racing….pajak lama….06 2012…..pemegng pertama….warna hitam metalic….body mulus mesin mulus…..jarng dibawa jauh hanya ke sekolah…….cc…2000..ban cadangan dua……ac banyak…depan empat, tengah ,tiga belakang, tiga….. baru dipakai….satu setengah tahun………bbm….bensin……

  13. akbar : soal type ketentuannya kan udah dijelasin secara lengkap diatas gan… dan mesin diatas tahun 2000 semua adalah EFI, dan bukan karburator..
    dan ternyata banyak juga ya farian kijang… T.O.P bgt deh.. sekali beli untuk seumur hidup. kelebihannya lagi kijang bisa pake part kijang lawas lho.. asalkan segi silinder (cc) sama.

  14. thanks banget infonya gan.. bantu banget, gw fans banget ama kijang.. klo ada rezeki pengen punya sendiri, crazy bnget itu mobil bisa ngikutin karakter pemiliknya… dimake-up gimanapun seperti gak rugi buang duit..

  15. Aku pengin buanget pnya mobil, tp ko ga ngumpul2 yah duitnya. Moga2 da yg mau HIBAH ke saya, hehe…
    Amien.

  16. maaf mw nnya nihh
    mobil kijang capsul tahun 2001 matic.
    porsneling’a gak pas
    maju mw tapi kalo mundur gak mw.
    ituhh penyakit dimana’a ya mas. mohon share ilmunya mas

  17. Misi gan, ada yg bisa bantu sy ga? sy mo nanya ma para suhu semua, kalau kijang rangga 97 spek interior originalnya kaya apa sih? Karna sy mo niat beli kijang rangga, di iklan tsb tertulis interior original, bisa dijelasin ga speknya seperti apa? Trims atas bantuannya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *