Panduan Dasar Membuat Template pada Joomla

Joomla, suksesor Mamboo, merupakan salah satu CMS (Content Management System) yang paling terkenal. Ia cepat populer karena instalasinya yang sangat mudah dan cepat. Meskipun mudah, struktur Joomla tidak sekompleks Mamboo sehingga mudah dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan.

Nah, kali ini saya tidak berbicara mengenai bagaimana melakukan instalasi Joomla. Panduan instalasinya bisa dicari langsung di blog developer Joomla yang juga mentor Google Summer of Code: Mbak Iin, di http://ai23.wordpress.com. Di sini saya akan membahas sesuatu yang agak lanjut sedikit, yaitu mengenai membuat layout template Joomla kita sendiri. Bahasa gampangannya sih: membuat tampilan Joomla berdasarkan desain kita sendiri.

Ternyata membuat template Joomla sangat mudah. Semudah membuat template-nya WordPress. Kita bisa atur Joomla sedemikian rupa sehingga sebenarnya kita bisa memperlakukan Joomla sebagai semacam framework atau bingkai kerja kita untuk membuat situs berbasis isi seperti misalnya portal. Tak perlu membuat dari awal. Hampir semuanya sudah disediakan oleh Joomla.

Panduannya, dalam bentuk PDF, silakan download di sini. Sedangkan file-file praktiknya, menyusul. (ketinggalan di laptop. saya di warnet. indosat m3 gprs lagi ngga bisa diarepin)

By Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

7 comments

  1. ahahaha… kayaknya sama nie kasusnya ma ane, indosat 3g pun lagi jongkok 2 hari ini!

    ya ‘terpaksa’ pake axis gratisan ini huhuhuhu…

    tentang joomla, memang lebih powerful daripada wordpress tapi kata orang struktur permalinknya rumit.. ndak SEO 🙂

    apa benar demikian cak?

  2. #det:
    bisa dikonfigurasi biar kayak wordpress kok. WordPress dan Joomla sedikit beda konteks, jadi nggak bisa diperbandingkan.

    #tukang foto keliling:
    ngejoomla sambil ngejoomblo :))

  3. Insya Allah kalo ada waktu nanti saya tambah untuk J! 1.5 Templating

    Great Tutorial Dik

    Keep good writing

    @det :
    SEO di Joomla tidak rumit kok, tinggal centang SEO url dah jadi 🙂

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *