Giant Mampang Prapatan

FLICKR
Lokasi: Mampang Prapatan, Jakarta Selatan
Canon Powershot A400 | Canon Zoom Lens 5.9-13.2mm

Hero Supermarket Mampang hari ini melakukan repositioning dengan brand Giant. Tapi bukan Hypermarket seperti posisi Giant pada umumnya, namanya tetap Supermarket. Strategi pasar yang baru dilakukan jaringan retailer Hero (Giant, Hero, dan Starmart)?

Kalau melihat perkembangan pemain di bisnis retail, posisi Hero memang terjepit dan nanggung. Di kelas retailer kecil, Alfamart dan Indomaret berebut posisi. Sedangkan di kelas hypermarket jelas dikuasai Carrefour dan Giant. Posisi Hero terjepit di tengah-tengah. Saya melihat Hero mencoba bertahan dengan memposisikan diri sebagai supermarket untuk pasar kelas menengah ke atas yang mengutamakan kenyamanan. Ini terlihat dari lokasi Hero yang berada di tepi jalan utama dan penataan rak-rak dagangan yang menyisakan ruang yang luas.

Sepertinya strategi ini tidak berhasil. Mungkin orang berpikir kalau hanya mencari keperluan sehari-hari, orang cukup berjalan kaki ke Alfamart atau Indomaret di sebelah rumah. Kalau ingin mencari kebutuhan untuk sebulan, lebih lengkap ke hypermarket daripada ke supermarket. Mungkin karena itulah, Hero Mampang menyerah dan menyerahkan brand ke Giant masih cukup tegar menghadapi gempuran Carrefour.

By Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

8 comments

  1. #det, Hedi:
    Mereka ada dalam satu group. Ada tiga brand yang mereka punya. Giant di kelas hypermarket, Hero di kelas supermarket, dan Starmart di kelas minimarket. Hero dan Startmart memposisikan diri untuk pelanggan kelas menengah ke atas melihat lokasi mereka yang tidak pernah berada di pelosok perkampungan penduduk. Bahkan startmart hampir selalu berada di kompleks perkantoran mewah.

  2. Di tanah kusir deket kampus pariwisata trisakti jg ada kejadian kaya gini. Tapi ga cuma ganti nama kok, manajemennya juga ganti d kayanya. Harga lbh murah, isi lebih lengkap, tapi pelayanan msh dibawah carefour d kayanya.

  3. proses re barnding memang marak dilakukan selain hero ke giant, alfa yg sudah dibelisama carefour juga rebarnding menjadi carefour express…..

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *