Instalasi Windows XP di HP Compaq Presario V3660

Saya mendapatkan HP Compaq Presario 3660 warna hitam berlampu biru ini dari sebuah toko di Mal Ambassador. Meskipun didesain untuk Windows Vista, notebook ini datang tanpa sistem operasi pre-installed. Hanya sebuah FreeDOS sekedar untuk menunjukkan bahwa notebook ini berjalan dengan baik. Saya punya firasat bahwa melakukan instalasi XP di sini akan cukup berdarah-darah. Kenapa? Karena hardisk yang digunakan si Compaq ini adalah SATA, sedangkan installer XP secara default tidak menyertakan driver SATA. Nah lo…

Saya harus mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya untuk Mbak Gita lewat postingannya tentang cara-cara instalasi Windows XP di notebook ini. Praktis, saya tidak perlu berdarah-darah, cukup mengikuti step-by-step yang dengan gamblang dijelaskan oleh Mbak Gita. 🙂

Nah, masalah yang tak kalah peliknya adalah instalasi driver-driver hardware. Terutama audio yang sulit dibunyikan. CD bawaan yang diberikan toko penjual notebook juga tidak sesuai dengan perangkat kartu suara Conexant dengan speaker Altec Lansing ini. Mbak Gita juga tidak terlalu banyak membantu sampai step ini karena installer driver yang saya download dari situsnya tidak bisa dijalankan di notebook ini. Wah, gimana dong?

Thanks to Bang Juis. Ia menyarankan untuk mendapatkan driver dari situs Windows Update? Hah? Sedia driver juga to si Microsoft? Saya coba konek ke internet dan menghubungi Windows Update. Wah, ternyata benar. Driver-driver yang dari CD tidak bisa jalan (audio, modem, dan ethernet card) ada semua di sini. Jadi tinggal download dan install. Sedangkan untuk driver VGA, card reader, WLAN, bluetooth bisa terinstall dengan sukses. Tentu saja, syarat agar bisa mendownload dari Windows Update, Windows-nya harus legal, bukan bajakan, sehingga lolos dari pemeriksaan software piracy oleh Microsoft.

Kenapa saya tak pakai Linux yang segala-galanya lengkap termasuk driver-driver hardware? Well, sekarang ini, banyak pekerjaan saya yang saya rasa belum bisa tergantikan sepenuhnya di Linux. Saya kira, satu-satunya software yang telah tergantikan hanyalah Open Office saja. Selebihnya, belum. Saya tak mau berdebat jargon di sini. Realistis saja lah, kalau belum bisa tergantikan, kenapa harus memaksakan diri? Konsekuensinya, Anda harus pakai software propietary yang mahal. Apakah harus membajak? Oh, tentu tidak. Apakah harus beli? Belum tentu. Banyak cara mendapatkan software legal tanpa membajak, meng-crack, mencuri, atau apapun istilahnya. Ayolah, be creative! ;))

By Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

24 comments

  1. Salah satunya, kerja di perusahaan besar yang melek IT, sehingga kalo minta software gampang.
    YAng lain, kuliah di kampus yang ikut MCA (Mikocok Kampus Agrimen).
    Yang lain, nyari software sekon… Yang ini aku g paham mekanismenya :p

    btw lih, berhubung kamu yang sudah bebas dari bajak-membajak…. bikinin post soal model lisensi po’o…

  2. >galihyonk
    hi hi hi galih menyapa galih 😛
    Jadi ingat komentarnya nRa di blog ai23, yuhana menyapa yuhana.

    >galih
    Selamat buat HP Compaq Presario V3660 nya ya Lih. Kalau ibu pengen yang kecil deh, yang bisa ditenteng kemana-mana dengan ringan. Pake Asus W3H00A aja masih berat kalau kemana2, apalagi yang 2,5 kg nih 🙂

  3. #vend:
    wah, aku blum pernah. pernah punya notebook yang ada vista-nya tapi tak berani diuninstall. sayang ama lisensinya.

    #galihyonk:
    salam kenal juga, mas galih 🙂

    #dnial:
    siapa bilang sudah bebas? ada beberapa yang belum tuh. kenapa? ya karena vendornya belum sejahat microsoft 😛 ;))

    #ibu yuhana:
    masak 2,5 kg berat sih bu? ya lebih berat dari acer 6292 saya kemarin, tapi masih make sense-lah daripada toshiba satellite 135 yang 15 inchi itu…

  4. Aku punya V3660 sudah terinstall vista, tapi kurang maksimal

    Masalahnya:
    – Audio ga singkron klo pake Yahoo Messenger
    – Klo nonton DVD, gambarnya ga jernih, ada patahan-patahan
    – Trus Fire Wirenya ga ke detek
    – Trus klo masuk ke DXDIAG, ga ada test VGA ama Audio

    Ada yang punya solusi

  5. #adrian:
    thanks 🙂

    #srocates:
    solusinya? pakai XP… ;))
    saya sudah pakai vista selama beberapa bulan di Acer Travelmate 6292 (12 inchi WVGA, 1 GB RAM, Core 2 Duo) dan sama sekali tidak puas karena sebagian besar resource diambil oleh Vista. Saya kapok deh pakai Vista… 🙂

  6. Salam knal. saya buy new CompaQ Presario V3725AU preinstalled vista basic, so aku install win-xp sp2 kok gak ada Driver motherboard dari dealernya. sepertinya HP.corp. Lepas dari tanggung jawab layanan kosumen purna jual. bagaimana saya dapat driver lengkap untuk motherboard saya. for attentione thanks.

    regard.

  7. syukur deh XPnya udah terinstall. kreatif gimana seh maksud dari tulisan “banyak cara mendapatkan software legal tanpa membajak, meng-crack, mencuri..”?

    office saya sedang sekarat nih. crack office 2007, please! masak cuman dapet trial doank, padahal office 2007 bagus. cocok buat lappie HP baru gue o_o

  8. selamat ya bos.. gw juga baru beli presario v3660 dua hari yang lalu, trus baru inget kok drivernya kagak dikasih, eh pas ditelpon ke tokonya memang ngga dikasih mas katanya.. bener ngga bos?? kalau bener, harus donlot dulu gitu??
    thanks.. oh ya gw udh instal windows xp juga, cuman harus pake floopy kata org tokonya.. tp sampai skrg masih top kinerja nya bos.. apalagi dikasih kaspersky asli lagi..

  9. hai, saya baru beli laptop compaq v3736. koq susah amat nginstall windows xp, mesti beli floppy disk lagi jadinya kalo di hitung2 habis juga 8 juta. mw nanya gmna cara modifikasi installer windows utk laptop compaq itu?

  10. Yah…download dari ms update kudu windows asli ya…gimana dunk dunk dorodongdong

    gw baru instal ulang lappie gw

  11. salam kenal, aq hafiz di pekanaru.
    aq mo nanya nich. sekitar 3 hari yang lalu aq dimintain instal win xp ke laptop compaq cq40 2 unit, mulanya ga bisa karna xp yg aq punya ga detek hddsata tu lapie. kemudian aq coba masukkin driv sata dgn menggunakan n-lite, lalu aq instal tuh laptop akhirnya jadi. tapi masalahnya pada laptop ke2 mulanya sih lancar2 aja. hdd bisa di format dan copy xp, lalu restart. tapi setelah restart kok malah ga mau lanjutin instalasi..????? ada tulisan system not failure (begitulah kira2). dan aq restart lagi malah jadi haang bios pun ga mau kebuka….
    gimana dunk…. rasa mo rontok nih semua rambut….
    bagi yang tau solusinya please kasih tau ….
    ini alamat email qu: hafiezt@gmail.com

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *