Kekuatan Kenangan Cinta Pertama

Bagi orang yang melankolis, percaya atau tidak, kenangan akan cinta pertama begitu membekas. Luka karena cinta pertama sangat sulit diobati. Bahkan ketika luka tersebut sembuh, bekasnya akan tetap ada di sana. Setiap perkataan, sikap, benda, permintaan, apa saja darinya mengendap dalam otak dan bangkit kapan saja setiap kita menemukan hal-hal yang bisa membangkitkan kenangan.

Dulu, waktu awal-awal saya di Jakarta, ia pernah berkata (kurang lebih) begini di telepon, “Mas, aku minta dibawakan kerak telor!” Permintaan yang susah, karena kerak telor hanya ada di malam hari dan cepat basi. Tetapi akibatnya, sekarang setiap saya menemui penjual kerak telor betawi, kata-kata itu kembali terngiang di telinga saya. Gila! :))

Masih banyak lagi hal-hal yang bisa membangkitkan kenangan. Padahal semua itu kecil-kecil dan sepele. Ya.. seperti kerak telor tadi. Hal seperti ini tanpa disadari merupakan sebuah jebakan lembah waktu yang membuat kita tak bisa menatap masa depan. Terjebak dalam lembah waktu seperti ini membuat kita terus terilusi (ilusi — meminjam istilah dnial) dan luka tersebut tidak akan pernah sembuh.

Beberapa orang memiliki cara untuk lepas dari jebakan-jebakan perasaan tersebut. Jebakan ini memang bukan hal yang ringan untuk melaluinya, jadi beberapa orang memutuskan mengambil cara frontal dengan membuang semuanya, memutus tali silaturahmi. Tak heran jika ada lagu yang memiliki lirik “… merubah cintaku jadi benci.” Ada orang yang saling membenci dan memusuhi satu sama lain. Mereka lupa bahwa cinta pernah mempersatukan mereka. Cinta pernah membuat mereka mengagumi, menghormati, menyayangi, dan memuja satu sama lain. Mereka bahkan lupa apa yang menyebabkan mereka bisa pernah saling menyayangi (disarikan dari kata-kata Julia Roberts dalam film Notting Hill).

Saya bisa mengerti kenapa ada yang mengambil cara frontal seperti itu. “Akal-akalan” wanita setelah menolak dengan kata-kata, “Tetapi kita tetap bisa berteman baik…” adalah hal yang berat bagi pria. Sekali pria jatuh cinta, ia tidak bisa kembali ke state “berteman baik” lagi. Ia akan terus salah mengartikan senyuman yang tulus, ia akan terus membangun harapan biarpun sedemikian kecilnya. Dan itu tentu saja sia-sia. Itu hanya membuat pria terjebak dalam jebakan waktu lebih lama lagi.

Aha, saya mungkin tidak menyadari bahwa saya masih membangun harapan ketika pulang dari rumahnya untuk berkenalan dengan calonnya. Ditemani hembusan angin menjelang maghrib, saya tersenyum sambil membatin, “Mas, tidak ada yang perlu kamu cemburui dari aku, kamu telah mendapatkan cintanya, sesuatu yang tidak pernah lagi aku dapatkan.”

Wew… saya kira, hanya ada satu cara untuk keluar dari jebakan ilusi tersebut. Figur baru! Yeah, hanya figur baru yang bisa membuat kita membangun harapan yang benar-benar baru, membuat kita kembali bersemangat. Tidak dapat dibohongi, kita tetap membutuhkan cinta yang berbalas. Kita butuh curhat pada orang yang juga menyayangi kita juga. Itu manusiawi.

Jadi, janganlah lama-lama terjebak dalam ruang waktu masa lalu. Buka diri, buka hati, selalu membuka diri terhadap figur baru. Kegagalan demi kegagalan hanyalah keberhasilan yang tertunda. Ketika pada saatnya nanti kita berhasil, kita akan lebih menghargai keberhasilan itu. Seperti yang pernah saya katakan, cintailah dan sayangilah orang yang mencintaimu, jangan buat dia bersedih, karena masih banyak orang yang belum mendapatkan anugerah seperti itu. Saya mungkin menyesal pernah terlalu cinta pada seseorang pada saat yang salah, tapi saya tidak menyesal karena setiap kegagalan selalu membawa pelajaran baru.

Don’t ever give up, let’s see a new day has come for you.

Published
Categorized as Melankolis

By Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

134 comments

    1. Hiks…
      Cinta pertama itu…

      MENYAKITKAN!
      jangan pernah mau di budak Logika kawan 🙂
      hehehe.
      Move on..
      jodoh tak akan kemana kok..

  1. have you ever wonder if she reads all your melankolis posting, what will she say?
    ayo lah Lih, waktunya move on. kalau cinta nggak bisa memiliki trus buat apa dikenang?

    -mbakmuygsedangmencobamoveon-

  2. emank bener mas galih cinta pertama emang sulit untuk dilupakan
    apa lagi masa-masa indah pada waktu dulu jalan-jalan berdua
    duh keinget lagi deh ama pacar pertama saya ^^

  3. emang bnr kalo’ cnt prtma tu susah tuk dilupain,

    aku ngalaminya sampe’ skrng.kalo blh blng sbnrnya

    q gak mau pisah sm doi tp mau gmana lg keadaan yg

    bwt smuax terjdi.

    cnt prtma emang jd kenangan yg indah dlm hidup se2orang.

  4. cinta pertama…bukan untuk dimiliki selamanya. buktinya, aku nikah sama suamiku yg sekarang. tapi tenang bro….insyaALLAH pasti lebih bahagia koq. salam kenal ya…

  5. Albert Einstein pernah berujar dengan sangat cerdasnya tentang fenomena cinta pertama ini:

    “No, this trick won’t work .. How on earth are you going to explain in terms of chemistry and physics so important as biological phenomenon as first love?“

    Well, I guess I tend to prefer this quote. Just like an old photograph perhaps, time can make a feeling fade away. But the memory of a first love, never fade away. For me, my first love always have a special place inside my heart. Even if it doesn’t mean that she will be my last romance, but it always be unforgettable one.

    Berbahagialah jika kamu mengerti cinta pertamamu, dan masih berkesempatan mengutarakannya. Menyampaikan perasaan kadang memang bisa menyakitkan, tetapi memendamnya jauh lebih menyengsarakan. Intinya, janganlah pernah meremehkan satu kesempatan yang mungkin takkan terulang lagi kapanpun.

    First love doesn’t always be your true love, but it is the spirit of it.

    paragraph yg saya simpan sekitar 6 bulan yg lalu…
    dan mungkin sya terlalu cepat mendapatkan CP klw itu memang bnr2 CP…TT

    dr:
    http://wahyuyuns.wordpress.com/2007/07/05/first-love/

  6. wah…artikelnya bagus bngt niyh….aku setuju banget dg isi artikel ini, tapi jg merubah cinta jd benci donk…..karena kalo cinta ya tetap aja cinta. Maybe first love never ever dies

  7. Dahulu kau adalah pelangiku, Sekarangpun keindahanmu tetap kukenang, Walaupun takdir kita berpisah, ku ucapkan tulus terimakasih atas segala kenangan emas yang kau berikan di masa mudaku dulu… (memory 1997 jakarta bogor bandung)

  8. gak cinta pertama, kedua, dst..semua da kenangannya ndiri…
    tapi kok bisa y sulit lupain yang pertama..
    tapi ya dijalanin aj, pasti perpisahan ma yang pertama juga merupakan terbaek buat kita…
    ngomongin cinta mah g ad abisnya…

  9. salam kenal yach……………..gue anak manado btw tntng cnta pertama ketika kta pts ama dia pasti hati tu kayak mao ancur …..sst kta pasti gak akan melupain si dia Dahulu kau adalah pelangiku, Sekarangpun keindahanmu tetap kukenang, Walaupun takdir kita berpisah, ku ucapkan tulus terimakasih atas segala kenangan emas yang kau berikan di masa mudaku dulu… (memory 2009 manado)

  10. aduh..
    ceritanya jadi nambah aku lebih tau tentang first love aja!!
    bener banget tuh..!!
    tapi kenapa ya, buat aku sendiri, walaupun ada orang lain yang masuk ke dunia aku, aku masih tetep aja bergulat dengan cinta pertamaku itu??
    padahal aku gak tau, apa dia juga kayak gitu??
    entahlah..

  11. dear febpy doctrina,
    hai febpy,sampai sekarang kau tetap cinta pertama bagiku.walaupun keadaan yang membuat kita untuk tidak bisa bersama lagi namun kau tetap cinta sejati dalam hidup ku dan tak kan kulupakan semua kenangan yang pernah ada antara kita.andai saja ada kesempatan bagiku untuk memilikimu sekali lagi aku tak akan pernah melepasmu,kau kan kujaga dan kusayangi selamanya.namun itu semua biarkanlah waktu yang mengaturnya.ini hanya sebuah harapan di hati yang tak pernah hilang.thanks febpy atas segala yang pernah kau berikan padaku.saat ini kau tetap menjadi semangat dan inspirasi dalam hidupku (“,)

  12. ngomongin cnt pertma emank gx bsa di lupain?
    walaupun ckrang qt dah bersama orang laen
    tp q dah mencoba nglupain nya tetep ajh gx bsa
    uh,,,,,,,,,,,memang cih cnta pertama bkan berarti q pertama x nya menjalin hub dengan orang

  13. cinta pertama…
    mang susah yaa ngelupain cinta pertama qta
    mungkin kkwtan cinta pertama kali yaa yg paling kuat

    sekarang ajj gu belom bisa ngelupain cinta pertama gu,
    walau sekarang gu uwd punya pacar ,
    tapi gu msh sayang sm cinta pertama gu

  14. IRFAN… IRFAN…
    jantung q berdebar tyap q ingat pd m0e
    IRFAN… IRFAN…
    mngpa da yg krang saat kau tak da
    IRFAN… IRFAN…
    m’lhat m0e m’nyentuh m0e ntu yg q mw
    kau tak smpt tnyakan aq
    “CINTAKAH AQ PD M0E”
    tyap x aq b’lutut,,
    aq b’doa,,
    swtu saat kau bz kmbli pd q

    AMIEN……

    eh tp gx ush dech q dha dpt c0 yg bae !
    hhe….
    tp q hrap dy m0 jd MY FRIEND !

  15. ya Allah, Q harap dy (hanafi) adalah cowo terakhir dalam kehidupan Q. karena Q sangat mencintai Dy dan Q ga mau kehilangan Dy sekejap pun…
    amiiiin,,,,

  16. cinta pertama memang menyakitkan bila kita berfikir negatif thingking, tapi bila kita berfikir positif thingking akan menjadi suatu kekuatan besar untuk lebih maju…

  17. saya baru putus. . .dgn my first love. . . br putus 1 minggu dia dah punya co lagi. . . kenapa mencintai sangat menyakitkan bila terlalu dalam . . .

  18. bner juga tuh……….. soale q juga mengalaminya sendiri yang namanya cinta pertama itu sungguh sangat sulit untuk di lupakan,,,,,,,,,, walaupun q sering ganti pasangan namun kenangan yang di berikan olehnya waktu itu selalu membekas..
    bahkan q selalu berfikir gimana caranya bisa selalu bertemu ma dya dan kembali seperti yang dahulu saat q abz putus hubungan lagi……….

  19. Cnt prtma pa skuat tu? ak mngkn g tau cnt prtma ak.
    Tp ak adlh cnt prtma dr cnta sjatiku.
    dan ak pun ykin dia prgi krna trpksa. bhkn dia akn mrh jka ak smpikn kta2 ‘syang’ ‘kngen’ dn sbgi’a. ak tau prktaan tu kan mbuat dia tringt msa2 indh’a

  20. keren……………………………..gue bangetz…………….???
    SEPATU………(SEPAkat N seTUju………???)

  21. . cinta …
    . it bikin aqu taug arti kehiLangan seseorg ianx pling aqu saiiang ,
    . cinta it mengajari qhu arti kehidupan ianx sesungguh’y ..

  22. . kekuatan cinta bagi qhu hanyalah membuat aquh terjebak dalam kehancuran !!

    . manah ??

    . tag ada cinta ianx tuLuz ianx iiza ngertiin aquh ..

    . org ianx paling aquh saiiang,pergi meninggalkan aquh tanpa alasan ianx jelaz ,,
    . sekian lama aquh hidup tanpa diiya ,
    . akhir’y aquh berhasil bwad melupakan diia ..
    . dan sampai pada akhir’y ketika aquh dudug” ddpan rumah ,,
    .tanpa tag terduga diia datang !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    . AQUH BENCI !!!!

  23. sakittttt punya pasangan yang selalu mengenang cinta pertamanya,,,,,den aku sayang kamu,,,dari dulu sekarang dan slamanya,aku ingat kamu terussss .sakit hatiku membaca sms nya sama cinta pertamanya,terus aku di kemanain.

  24. aduh…………….
    kayaknya kita sama nech
    aq juga pernah ngalamin kayak gitu
    malahan aq sempet ngejomblo 2 tahun lebih
    satu2nya obat yang bisa ngelupain itu semua adalah sosok baru dalam hidup kita
    ya cari cewek lagi………….

    cinta cinta cinta……………………

  25. sakittt… cinta pertama.
    seneng, baru ada kesempatan tuk ungkapkan kedia, tapi sekaligus sedih kita harus berpisah, hiks… gimana lagi, kesempatan itu tlah hilang… ndak papalah, dia tetep menjadi kenangan terindah

  26. mungkin aku jg melankolis, tapi nyatanya…………sudah hampir 15 tahun berlalu dan kubahkan udah punya 2 anak, cinta pertama itu tak pernah hilang dari hatiku, smakin kulupakan……..smakin dalam terasa…….ternyata kesenangan tak meluruhkannya….sgala kenangan terbayang satu persatu………….bahkan terkadang terlintas pertanyaan……..Adakah waktu mengurai satu per satu pertikaian yang dulu..bagai pintaku………..semogaaaaaa (kla project)

  27. sama Brow…..
    ak jga sampe skarang blom bsa mlupakan Cinta pertama ku…….
    bahkan,,, stiap apa yg ak lakukan,, selalu mengingatkan ak pada dirinya……
    sungguh menyakitkan…….

  28. ach…aku pernah merasakan cinta pertamaku hadir lagi dalam hidupku (bayangkan seelah kami pisah 20 tahun) dan ternyata Allah telah menyatukan komunikasi lagi walau saat ini posisi dan status sudah beda…tapi kami tetap berteman, menjadi sahabat dan ach…kami sama-sama sering jadi eman curhat.

    Bravo My First Love

  29. apa yang biiisa menguatkan mu berkata seperti itu ??????????? bluom tentu juga jodoh qta adalah cinta dr pacar pertma qta . ya kan ………. makax kmw hrus tau apa itu cinta. ttp bz jg dr our first love. OC !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! mnuruk kmw gmnha ??????????????

  30. akhirnya….. sempat juga ku nulis kisahku, aduh first love is ribet banget, menyedihkan n membahagiakan banget. udah 7 tahun aku berusaha melupakan cinta pertamaku tapi gatot (gagal total), semakin ku lupakan semakin kuingat dia, semakin menyedihkan buatku.
    Andaikan aja cinta pertamaku itu adalah orang yang mencintai aku with true love, gak akan ku lepas dia…., ah tapi gak apa dech. meski rasa cinta dihati ini tidak berubah tapi cara pandangku ke dia berubah so … i can enjoy.
    Sekarang aku telah mendapatkan anugrah dari Tuhan, akhirnya aku menemukan pemuda yang sangat mencintaiku dan dia adalah figur yang ku inginkan, hee…. tapi sekali lagi cinta pertamaku belum pergi dari hatiku. Ku belah hati ini menjadi dua……
    Andaikan suatu hari aku bertemu dengan cinta pertamaku akan ku ungkapkan segala isi hatiku, he….. meski agak malu sich. Aku berharap setelah kuungkapkan tidak ada lagi beban di hati.

    “my first love kenapa u kagak cinta gue, kenapa aku bisa kenal u, u racun dalam hidupku tapi u juga madu dalam hidupku, semoga kita bisa bertemu lagi n akan ku usaikan permasalah kita”

  31. eank gw sesali gw gg prnah ngrsa.nt cnta prtama…
    n gw gg prnah ngerasa.nt apa itu cnta…
    bersyukurlah krn bsa ngerasa.nt pha tu cnta prtama…
    lbh baik mncntai drpd lond prnah sma s.x ngerasa.nt pha tu cinta….

  32. huft,,,,, first love???? males akk ngomonginnnya….. akku ndree jg hran…. np ia ko’ bsa susah bged lupa’in first love akku??????????

  33. first love????????
    hmmmm…benar” konyol klw sxa mngingatnya kembali saking sukanya sxa ma dy pas awal kenaln sxa memprknalkan diri dgan namanya…..
    tapi ujung”nya saya jadi benci ma dy tapi sxa tidak akan pernah bisa melupakannya juga………
    kalw dipikir” lebih baik dicintai drpda mencintai seseorng yg tdakpernah mencintai kita…… 🙂

  34. .kta cpa cnta prtma g’ bsa kta lpakan !!!!!!!! bktinya gue bsa lpkan cnta prtma gue!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  35. cinta pertama skaligus cinta sejatiku baru kutemukan saat aq sdh bersama yg laen. dia adalah pacar masa smpku dl.sungguh menyiksa,tp aq tetap bersyukur meski aq sdh terlambat menyadari ini..”jauh dilubuk hatiku..msh terukir namamu..”

  36. Dahulu Kau Adalah Pelangiku
    Sekarangpun Keindahanmu Tetap Kukenang
    Walaupun Takdir Kita Berpisah
    Ku ucapkan Tulus Terimakasih atas segala Kenangan emas Yang Kau Berikan Di Masa Mudaku Dulu

    Memori sd 1997
    Jakarta-Leuwiliang-Bandung

  37. Cinta pertamaku sungguh menyiksaku….. hampir saja rumah tanggaku berantakan…… lebih baik simpan di dalam hati…… ga lagi lagi deh

  38. Kenangan Cinta pertama bagi yang terlepas cinta pertama itu dari dirinya, begitu manis saat dikenang namun ada perih menusuk jiwa saat kembali tersadar bahwa semua sudah berlalu dan sedih tak kuasa membawa diri kembali kemasa silam untuk alami lagi saat bersama serta menyesali diri atas perpisahan yang terjadi, benar seiring waktu bersama sang pendamping dan buah hati cinta pertama akan terkubur dan semakin lama semakin dalam tetapi tetap tidak pernah hancur…getarannya masih terasa saat ada hal yang membangkitkan kenangan..terasa sama seperti dulu, saat pertama kali hati bergetar..yah saat pertama kali hati bergetar..lalu menjadi kelu saat kembali tersadar.. beruntunglah yang masih memiiki cinta pertamanya, beruntunglah dia..jaga dengan sepenuh jiwa..jangan sampai lepas cinta itu..maka kau akan tersenyum bahagia saat mengenangnya suatu hari nanti.. disisi dirinya..

  39. emang yang nama y cinta pertama tu susah untuk di lupakan,,bukti ya aja g,,
    g kangen banget sama temen cewe g yang dulu tu pernah sekelas g,,sampe tk pun g sekelas dia,,tapi apadaya tuhan engga mempertemukan g lagi sama dia,,yang buat g susah lupain dia,,karna dia tu orang y baee banget sama g,,kenapa si tuhan buat dia pindah dari pandangan g,,tapi g yakin tuhan pasti akan pertemukan g lagi,,

  40. jika ada hal yang ingin aku lupakan sekarang itu adalah cinta pertamaku. seseorang yang membuat aku mengerti arti cinta, cinta yang jujur, cinta yang tulus dan cinta yang apa adanya tanpa menuntut. aku ingin melupakanmu bukan karena aku tak lagi cinta padamu,, tapi karena terlalu besar rasa cinta ini untukmu dan ini menyiksa hatiku. saat aku bersama orang lain,,,bayangmupun selalu mengikutiku..
    dan kini kita bertemu lagi..namun kita tetap tak bisa bersama..aku hanya berharap kau dapat menemukan seseorang yang kau sayangi seperti kau menyayangiku,,dan demikian juga aku….
    tapi aku yakin kekuatan cinta pertama kita tidak akan pernah hilang sampai kapanpun,,,ILU

  41. cinta pertama thu memang sulit tuk dilupakan

    pi kta harus berusaha melupakan’y
    walau seberaat apa pun masalah yang datang
    kita harus brani melawan dan melewatiny………..

    kta harus berusaha menjadi yang terbaik walaupun kita sudah disakiti……….

  42. Cinta pertama itu memang sesuatu yang aneh, baik cinta pertama kita menerima kita atau ditolak, kenangan itu tetap akan hidup di hati kita. tetapi tentu saja kita harus selalu ingat bahwa kita hidup di masa kini bukan dimasa lalu, tidak peduli siapapun cinta pertama kita, istri/suami kita harus menjadi cinta terakhir.
    Jangan sampai cinta pertama menjadi beban kehidupan kita, biarkan saja dia menjadi kenangan indah yang membuat kita belajar bahwa yang telah berlalu tidak akan kembali, karena itu sayangilah keluarga kita sendiri

  43. wah, aq berarti termasuk wanita melankolis y… aq ingin menyimpannya tapi jauh dilubuk hati saja, hingga sulit untuk keluar ke permukaan. coz aq sudah lelah… aq ingin mencintai dan dicintai, dan selalu punya cinta berbalas, do’ain y^^

  44. …….dan tidak ada yang aku cintai lebih dalam selain perasaan indah yang pernah kita miliki (dan semoga masih akan terus kita miliki)
    Perasaan indah itu telah mengkristal dan aku akan menyimpannya
    selamanya……
    kamu adalah yang terindah…….

  45. ehm, kalo aku sih,sama ya ma kalian2….
    cinta pertama aku sayang banget…
    tapi harus berakhir…
    sedih sih…
    tpi kn live must go on…

  46. aq ga bisa nemuin figur baru..berkali-kali udah aq coba dan pasti sebelum memutuskan untuk menyukai yg lain aq bakal ngerasa bersalah..entahlah..aq ngerasa cuma dia yg boleh ada di hati ini..
    terakhir kali aq putusin pacar aq juga karena alasan ntu..aq masih ingin nunggu dia..padahal udah sepuluh tahun lebih aq ga ketemu dia..tapi aq selalu percaya kalau dia juga lagi nyari aq dan punya perasaan yang sama..

    hmm..ada yang bisa bantu gmn cari figur baru yang bisa nyingkirin dia dr hati aq?

  47. udh 9 tahun cinta sama dy.. tp ttp aja gatot!! gw sama skali ga ngerti knp dy benci bgt sama gw.. 1.) wkt gw ngeadd difsny dy, dy ga prnah approve 2.) add fbny jg ga diapprove mlah diabaikan, tp stlh 3x add dy akhirny diapprove jg 3.) wkt gw ngewall dy difb ngucapin met ultah, dy hapus tuh wall gw, pdhl tmn” yg laen didiemin 4.) wkt gw ngewall dy lagi krn statusny “ga seru nie..ga ada yg ngewall” gw wall “wuuy! ! kasian kasian kasian…hehe” dihapus jg.. smpe skrg gw ga ngerti knp dia brsikap ky gtu sma gw.. mgkin gra” gw ga pantes, wlupun cuma sbg seorang temen! tp knp gw ga bisa benci sama dy?? shrsny gw kan benci sama dy?? prsaan ini kuat banget.. gw ga bisa ngejelasin rasa ini.. tp yg jelas cintaku kedia bukan cinta biasa.. n gw gr wkt ada tmn yg blg klo muka gw sama dy mirip.. bekakak! tp wkt gw bndingin foto gw sama dy sih ada kmiripanny.. gw sll brhrp klo dia jodoh gw.. gw tulang rusukny.. tp jodo ditangan Tuhan.. cma dy yg ada dihti gw.. skrg dn selamanya.. cinta pertama dan terakhirku.. 🙂

  48. sampe skrg gw msh brhrp klo cinta pertama gw itu adalah true love gw… krn 9thn ini gw brtahan cuma buat dy.. gw pngn sesuatu yg spesial.. yaitu pacaran skali seumur hdup dg org yg bener” gw cintai dan dy mencintai gw apa adanya.. krn buat gw skali cinta ttp cinta seterusnya…. first love emg akan selalu tertanam dihati…

  49. gw setuju dgn kalian smua…Gw punya cinta pertama sampai sekarang gw masi inget dy…
    Uda 10 tahun gw suka ama dy…Tapi saat tau dy uda punya cwo..hati gw trasa sakit,..bahkan setiap dy upload foto mesra nya sama pasangannya, Hati gw sedih,bahkan sering menangis saat memandangnya…Gw merasa cuma dy wanita yang cocok sama gw..dy wanita yang baik,dewasa,setia…gw selalu bertanya tanya kenapa tuhan tidak jodohin gw ama dy…padahal dy tau gw uda tersiksa selama 10 tahun bahkan sampai sekarang..tapi seandainya tuhan gk ijinin gw sama dy, gw berharap di kehidupan berikutnya, gw mw berjodoh sama dy…

    For You My 1love
    Irene clarisa

  50. tenang az bro….jodoh nggak kemana,teruslah berdo’a dg keyakinan penuh dan sedekah suatu saat tuhan akan mengembalikannya kpd mu dlm waktu dan keadaan yg kita nggak ngerti ko’bisa ya…..

  51. Sahabat itu seperti bintang, walau jauh ia tetap bercahaya, meski kadang menghilang dia tetap ada, tak mungkin dimiliki tapi tak akan bisa dilupakan dan selalu ada di dalam hati………..

    memory solo ’94
    untuk sahabat kecilku

  52. cinta prtama bagi saya menyakitan kerana cinta pertama buaya darat ……..
    masih setia cinta kedua karena cinta kedua samgat sayang sama saya.tapi sayang cinta telarang…….!!!!!!

  53. ketika cinta pertamaku mengutarakan perasaannya, aku yg saat itu msh malu dan menjawabnya hnya ingin bersahabat saja. akhirnya dia menghilang entah kemana. Dan kini setlah 20 th menghilang ia hadir kembali dan menyatakan perasaannya yg tak pernah hilang dan hatikupun menjadi tak menentu…sedangkan kami masing2 sdh berkeluarga….

  54. Emng bener kenangan sama cinta pertama sulit kita lupakan cz qw ngalami sendiri….
    uda 3 tahun qw pisah sama dia tp te2p aja ingt n pngn kembali lg seperti dulu….

    tapi itu semua g mungkin….
    cz dia uda memiliki se orang istri yg lebh baek dari qw,,,,,

  55. cinta pertmaku singkat, cinta kedua yg berat bgt. sdh 5th pacaran krn jauh dia jd sm org lain. aq ga bs ngarepin dia lg, aq ga mau kontak dia lg krn takut aq ga siap nerima undangan dr dia. pngn cr yg lain seperti sdh hilang kemampuan…. how sad.

  56. cinta pertama Q mmng indah namun,,,,,,,,,,ketika semuanya t’lah berakhir,seakan keindahan yang pernh Q alami tak prnh trjadi……………………….
    semuanya hncur…..hatiQ pun sama hancur seperti ketika Dia prg mninggalkan Aq,,,,,,,,,,,,,,,tapi setelah beberapa tahun aku jalani tanpa Cinta pertama Q itu,,,,,,,,AKu mmng tdk prnh mndpatkan cinta lagi………….namun…..kini Dia datang kmbli..dan Q brharap supaya Dia mengerti akan sikapQ yang tadak sepantasnya terhadapnya………

  57. dia adalah cinta pertamaku dan aku adalah cinta pertamanya
    tak pernah terlupakan..selalu di hati..
    pernah menjadi motivator terbesar dalam hidupku

    I really loved u, yuchaku

  58. I just wanna be found by u…. Look at me and say what u wanna say 7 years ago,, Although it’s almost impsble for us, I just wanna hear it once, once a life.

  59. cinta pertamaku adlah tmenku dari kecil…6 tahun terpisah akhirnya kami di satukan lagi…..
    aku uda setahun pacaran am dia….tapi semua berakhir sad ending….dia mutusin aku dgan alasan ortunya ga mnyetujui hub kami….
    huhuhu,,,sedih bgt….bner2 hancur hatiku……..
    setelah dia putus am aku,,di sering gonta ganti cewek….sifat playboyna itu kambuh lagi…..
    aku benciiiiiii bgt diiiiiiiiiiiiaaaaaa!!!!!!!!!!

  60. hah.. cinta pertama ya..
    mungkin aku nggak punya kenangan yg begitu kuat tentang cinta pertama, tp aku pny mslh dgn cinta pertamanya org yg aku cintai.
    gini ceritanya
    aku pacaran dgn dia blm lama, tp kisah kita udah begitu lama..
    walaupun dia bukan yang pertama, tapi aku sangat mencintai dia,aku harap dia adalah cinta sejatiku.. kita udah komitmen spy mmpertahankan hubungan ini sampai pernikahan.
    tapi tiba2 cinta pertamanya muncul kembali utk mengulang semuanya. perasaan pacarku yang udah terkubur begitu lama muncul kembali.. dia terjebak diantara 2 hati.
    haft.. aku bingung..
    should I let her go? Or keep this love?
    mohon saran semuanya..

  61. dia gadis terindah,,tatapan matanya, seakan terbayang di depan mata setiap waktu….gadis lembut,,,,ku ungkapkan aku cinta padanya untuk selamanya…ketika dia mjd kekassihku,,,,aku berharap akan masa depan yang sangat bahagia,,,,,memeluknya …seharusnya tak pernah ku lepas pelukan waktu itu,,agar kau tak mengghilang,,,,aku sayang baget sama kamu,,,,,,knp kau menghantuiku sampe sekarang,,,,,kenapa tiada cinta selain dirimu,,,,,,,,knpp,,,,,

  62. ~> ,,, vhe kenapa cinta pertama harus pergi meninggalkan qhu ..
    aqhu ingien dya bersama qhu , vhe secepat itu dya pergi meninggalkan qhu …

  63. hm….kalo aku si, jika aku cowok, akan aku kejar dia hingga dapat, hingga dia cinta aku, karena aku tahu cewek adalah makhluk yang setia dan mudah takluk oleh cinta, apalagi makhluk ceweknya aku..

    tapi berhubung aku cewek, walaupun kata seseorang dia cinta pertama aku, omg..di umur 27 aku baru tau cinta pertama?
    aku tidak bisa menunggu dia, harus pihak cowok yang mengejar dan mendapatkan aku, karena aku butuh genggaman tangan dia di saat senang dan susah, bukan aku yang menggenggam dia…harus dia yang menggenggam tanganku…

    hmm..semoga ceritaku indah walaupun dalam hati kecil dia adalah cinta pertamaku=)

  64. Kenapa saya bisa membaca tulisan ini, karena saya memang sedang terjebak dalam kenangan cinta pertama, saya ingin mencari fakta, bahwa bukan hanya saya saja yang mengalami hal seperti ini, jadi saya dengan sengaja sedang mencari tulisan-tulisan yang berkaitan dengan kekuatan kenangan cinta pertama. 18 tahun saya menyimpannya, bukan waktu yang sebentar. Setiap mengenangkan keindahannya, sebanding juga rasa pahitnya. Thanks Mas Galih …

  65. Kenapa saya bisa membaca tulisan ini, karena saya memang sedang terjebak dalam kenangan cinta pertama, saya ingin mencari fakta, bahwa bukan hanya saya saja yang mengalami hal seperti ini, jadi saya dengan sengaja sedang mencari tulisan-tulisan yang berkaitan dengan kekuatan kenangan cinta pertama. 18 tahun saya menyimpannya, bukan waktu yang sebentar. Setiap mengenangkan keindahannya, sebanding juga rasa pahitnya. Thanks Mas Galih …

  66. Cinta itu anugerah, cinta pertama itu tidak bisa kita ulangi lagi tapi hanya bisa kita kenang, cinta pertama itu tulus dan suci. Itu yg kau ucapkan padaku waktu kita bisa komunikasi lagi. kau nekat mau menemuiku, aku takut sebab kau telah berdua dgn yng lain.hampir 18 tahun yg lalu kita lewati tetapi sampai detik ini bayangmu tidak lepas dari mataku. I LOVE YOU…. JUSTIN SITORUS….. aku menyesali semua situasi kita waktu berpisah, kau pergi untuk ngejar cita citamu, lalu komunikasi kita terputus dan aku tetap menunggumu di Medan bahkan sampai saat ini. Biarlah cinta ini kubawa didalam hidupku. seandainya ada kesempatan kedua untuk kita aku tidak akan melepaskanmu lagi. karna aku pasti bahagia bersama kamu. I LOVE YOU FOREVER AND ALWAYS.

  67. Kekuatan Cinta terakhirlah yang mengalahkan Kekuatan cinta Pertama……………

    klo sy sih brpkir realistis aja.. kasian donk orng yg skrang ada dihidup kta klo smpe skrng g bsa ngelupain cinta prtama kita?? itu sama sja tidak mnsyukuri cinta yg sdh ada saat ini.. so,,sadarilah bahwa cinta prtama bukanlah segalax,, jngn terbelenggu dngn cinta pertama… krn mnurtq cinta prtama hx suatu proses dlm mncri yg trbaik cinta yg ssungghx dlm hidup kita,, dan mngkin orng yg trakhir dlm hidup ini nntix adlh orng yg terbaik, cinta yg ssungghx yaitu cinta trakhirlah,, yg ada dsisi kta dsaat kta mnutup mata… tp bruntunglah orng yg bsa mnjadikn cinta pertmax skaligus mnjadi cinta trakhirx…..

  68. masih ingat saat prtama brteman dlu kami sering skli ledek”an,, aku bnci dia,,.. brtengkar hmpir stiap wktu…
    tp thun dmi thun brllu dan aneh saat ia tak ada. kami jd brteman baik. hingga akhirnya dia mnytakn cinta pdku.. :”>

    nmun, miskomunikasi gr” pish skolah,
    awal dri smua ini >.<

    mmg susah d lupakn, cnta prtama ituu,
    sayang aku bru sadar dy bgitu b'arti besar utk ku, saat kami sudh brpisah… :'(

  69. benar saja. . . begitu menyedihkan cinta pertama. biarpun saya sudah berdua dan memiliki anak. saling memiliki dan menjaga. . . masih saja terasa. Jika mendengar lagu kesukaanya tiba-tiba ada rasa sesak yang menyelinap begitu berat didada sebelah kiri begitu sakit dan miris kehidupan. tetapi hidup itu indah mari. . . kita nikmati dan syukuri setiap pengalaman yang diberikan dari Allah SWT

  70. ya ce….memang cnta pertama slalu mnghantui qt….tp qt hrus ykin…cnta terakhirlah yg bs membuat qt lbih lbih n lbih bhagia,krna cnta pertama kadang membawa luka yg amat dalam
    slam knal ea…aq ank surabaya….

  71. btul…knangan cinta prtma i2 mmiliki kekuatan yg mmbuat qta sllu mngenangx, mski dia tlh mningglknmu,mxkitimu,& tak mungqn lgi un bisa dimiliki, namun cinta prtama kn ttap abadi di hti mnjdi sbuah knangan trindah.

  72. hems cinta pertaama emang susah bgggggggggggddddddzzzzzzzzzzzzzz wt d lupain sprt yg ax almi saat nie ……………………
    hikz hikz hikz jadi sdhhhhh lo ingt smuanya

  73. untuk semua…
    cinta itu sungguh indah.., ak pun menjalani dengan semangat pada awalnya , ak bgt mencintai wanita ni, ak pun berpikir tuk serius dgn dia..
    setiap malam ak bermimpi tuk bersanding dengan dia….
    ya bersanding dgn dia..
    cuma itu mimpiku sampai detik ni…
    tapi itu sekarang sdh mnj mustahil…
    pada akhirnya karena kebodohanku kami berpisah hancur, sakit, sedih, ak ingin dia kembali tapi itu sdh tdk bisa,…ak melakukan semua hal.. termasuk mengemis cintanya…
    tapi itu pun g berhasil..pada akhirnya ak tau klo dia sdh tidak memiliki rasa itu lagi.
    disaat ak dgr itu ak hampa, ak kehilangan cita2ku, semua mimpiku lenyap..
    ak berpikir buat ap ak hidup……………..
    ak bgg sgt bingung……….
    ak sgt g rela kehilangan wanita itu…..
    samapi akhirnya kami bnr2 berpisah sekarang… sdh tdk mungkin dia menerimaku kembali…
    ak hny bisa bilang beruntung sekali pria tu karena di bbs trs hdp dalam hatimu.. tapi ak, ak sdh melakukan semua tp ttp saja tdk bisa, tolong beri ak ruang di hatimu kecil saja…….
    agar ak bisa tersenyum kembali..
    ak masih cinta kamu, ak masih sayank kamu sell….ap kamu g bisa rasain ni juga..????
    ak akn ttp nunggu km 3 thn lg…
    ak uda htng mndr di fb…
    walau mustahil ttp ak tgg…..
    tuhan beri ak kekuatan untuk melakukan ni…..
    beri ak jalan terbaikmu..
    ijinkan ak tuk bersama dia lagi…
    walau ak harus sakit, walau harus menderita.. semua itu ak siap jalani…..
    baru pertama x ak rasain cinta yg seperti ni.. ak jg g bermaksud tuk mebuang rasa ini… ak yakin mngkn pd suatu saat nanti km bisa menerima ak lagi…..
    semua ak minta semangat dari kalian…
    ak akan bertahan di sini dan menunggu dia….
    amin……

  74. First love,haha ha,
    paling jarang brsatu,
    karna udah hukum alam,..
    Untuk mengendalikan hati manusia,ketika brsama org lain ia mampu menahan perasa’an nya,.

    1. kayaknya bener deh mgkin emang hukum alam utk menguji manusia. aq skrg gitu dah nikah sih tp sering ingat cinta pertamaku

  75. .paCar pertama Lump tnTu cientha pertama. . .q cnt M dr dlu mpe ckrg,n mpe akhr hayatQ. . .gag da yg bz gnti’in U dihaty nie. . .i luph u,always

  76. Cinta pertama Q pada orang yang salah
    Aku mencintai seorang duda…aku bingung waktu itu status dudanya kah yang salah atau personnalnya. waktu itu aku sangat mencintainya, tapi karena tuntutan keluarga dan sosial di masyarakat dengan terpaksa aku harus melepaskannya. Tepat setahun setelah aku putus, sekarang aku sudah menikah. ku berharap suamiku adalah pilhhan yang tepat untuk Q. Amin

  77. cinta pertama…
    penyesalan terbesarku ketika tak ada keberanian untuk mengatakannya 10 tahun lalu,. kenapa baru skrang kupunya kebranian untuk mengatakan bahwa aku mencintaimu “panda” pada saat kau sudah ada yg punya, apakah kita dipertemukan kembali cuma untuk saling mengagumi bukan untuk saling memiliki ?? cuma bisa bilang aku slalu mencintaimu..

  78. sangat sulit mengungkapkan perasaan Q pdax, Sdh Dri kls 6 Sd sampai skrng kls 3Smp, perasaan q belum tersampaikan, mungkin krna q terlalu takut dan sampai akhirnya dia pindah rumah Q harap bisa bertemu dia lagi dan menjadi sepasang kekasih

  79. memang bener sekali cinta pertama thu sangat teramat sulit sekali kita lupakan, buktinya ja tadi saya smpat ktemu lagi ma mantan , gak tahu knpa rasa yang dulu langsung tiba2 muncul kembali di hatiku,apalagi saat dia menebarkan senyum padaku , aku langsung gak karuan rasa pada saat itu, ternyata emang bener cinta pertama itu sangat sulit di lupakan

  80. aq menemukan cinta pertamaku saat ku msh kls 1 smp 9 tahun aq bersamanya walau putus nyambung krn jarak dan ortuku yg menjosodohkanku denga ibanku akhirnya km berpisah msh kuingat tangisnya saat hari dimana aq ditunangkan dan aq pun menikah setelah itu aq hny tau kbrnya sekilas thn 2006 tanpa sengaja km bertemu pada saat natal jantungku berdebar kencang krn itu aq sampai sakit aq merindukannya ntah drmn dia bs menelponku hingga km bertemu setiap pacaran dengan seorang wanita dia pasti memperkenalkan wanita itu padaku hingga dia menikah di tahun 2009 hingga saat ini walau sudah sama sama menikah komunikasi tetap baik dan saling mendoakan supaya keluarga km bahagia… namun tak jarang aq menangis merindukannya…… inginlepas dr perasaan ini arghhhh bayangnya slalu mengikutiku to my fl our love is never ending until we die trima kasih sudah bahagia untukku semoga keluarga kita diberkati selalu
    aminnnnnnnnmmm

  81. itu benar. . saya juga pernah mengalami keggalan saat cinta. .
    tapi kegagalan itu masih bisa di perhitungkan untuk mencar pasangan yang tulus. ./ .

  82. ya,mmg cnta pertama tdk akn prnh bs d lupakan.walaupun sekarang aku sdh berumahtangga tp ak tdk bs melupakannya.dia sangat berarti dlm hdp ku.thank EMEN kau akn sll ku kenang.I LOVE YOU FOREVER.DARI GANG CINTA LORONG KASIH SAYANG

  83. memory 2004-2012
    sunny…sunny…
    apa kabarmu..kabarku baik2
    sudah hampir 8 tahun cinta ini tidak pudar, dan akan selalu mencintainya.
    cinta pertamaku begitu aku memanggilmu.
    kenangan yang indah tak bisa kulupakan begitu saja,,
    sunny,,
    jangankan untuk melupakanmu
    membencimu aku tidak sanggup..
    cinta ini selalu tersimpan jauh di lubuk hatiku,
    meskipun aku tahu engkau sudah bahagia dengan pilihan hatimu.
    tapi aku tak bisa melupakanmu mas,,
    sering menangis untukmu saat hati ini rindu.
    seandainya Alloh memberikan kesempatan hidup satu kali lagi aku ingin bersamanya, aku sungguh mencintainya
    my first love i will always love you..

  84. untuk mereka yg masih lajang,janganlah membelenggu diri sendiri pada satu kenangan dan mengharapkan lebih dari masa yang telah lewat,jika bertemu lagipun,sadari bahwa waktu telah membuat perubahan.
    untuk mereka yg sdh menikah,cobalah cari statistik berapa banyak perceraian terjadi karena salah satu pasangan mencoba membalikkan waktu (yg mustahil tentunya) dengan menghidupkan kembali hubungan dengan seseorang yang disukai di masa yang lewat,ada yg berkomitmen tetap berhubungan sebatas untuk hal hal yang baik menurutnya,mengapa harus demikian? bukankah komitmen apapun seutuhnya hanya untuk pasangan yang berlaku bagi dirinya dimasa kini serta untuk masa mendatang?
    something past just memory,now and future is reality.

  85. Cinta pertama? 7 tahun saya memendam rasa, mungkin sampai nanti. Sampai masing² dari kami sudah punya pemiliknya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *