Font-Font Baru Windows Vista

Salah satu yang selalu saya suka dari Windows dari versi satu ke versi berikutnya adalah font. Setiap Microsoft menelurkan versi yang baru, mereka selalu membawa bentuk-bentuk font baru dan sebagian besar meledak populer. Misalnya, era Windows 2000 menggunakan title bar dengan jenis font Tahoma, kemudian menyusul Windows XP mempopulerkan Trebuchet MS.

Demikian pula Windows Vista. Saya tertarik mencari nama font baru yang dibawanya karena melihat font yang digunakan Vista sangat mengusik perhatian. Baru dan luwes. Apa saja font-font tersebut? Ini dia:

  • Calibri.
    Diproyeksikan sebagai pengganti font Arial. Calibri secara total telah menggantikan Arial di jenis font default pada aplikasi Microsoft Office 2007.
  • Cambria.
    Sangat mirip dengan Georgia. Georgia adalah font serif (memiliki kait) yang paling enak dibaca di halaman web. Meskipun di dunia kertas, Times New Roman masih merajai, namun di halaman web saya rasa Georgia lebih nyaman dibaca.
  • Candara.
    Candara adalah jenis font yang benar-benar baru. Jika diukur kemiripannya, mungkin mirip Trebuchet MS.
  • Consolas.
    Font jenis monospaced: setiap huruf memiliki lebar yang sama. Era Windows 2000/XP mencoba membawa Lucida Console. Namun, belum ada yang bisa mengalahkan Courier New saya rasa. Paling nyaman untuk coding adalah Courier New. 🙂
  • Constantia.
    Font ini berjenis serif. Mirip dengan Times New Roman tapi masih belum bisa menjegal kejayaan Times New Roman, saya rasa.
  • Corbel.
    Nah, ternyata font inilah yang mengusik perhatian saya. Font ini digunakan Vista sebagai title bar-nya. Kecil, jangkung, sejelas Verdana. Enak dilihat. Saya rasa, saya suka font ini.

Sumber: The Windows Vista Fonts

Published
Categorized as Intermezzzo

By Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

5 comments

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *