Panduan Dasar Instalasi openSUSE 10.3

Sudah lama saya tidak menulis panduan dan tutorial IT yang “membumi”. Kalaupun menulis, apa yang saya tulis sangat spesifik sehingga tidak semua orang mengerti maksud dari tulisan saya :D. Maklum, saya menulis untuk mendokumentasikan pengalaman saya saja. Saya tidak bisa menulis tutorial on demand — karena paksaan permintaan.

Nah, kebetulan, saya baru saja mencoba melakukan instalasi Linux openSUSE 10.3 seiring dengan rilisnya versi terbaru ini. Mungkin karena sudah lama sekali saya tidak menggunakan Linux sehingga saya sudah sangat ketinggalan zaman. Saya kagum ketika instalasi berjalan dengan otomatis — semua dilakukan oleh installer: partisi hardisk, deteksi hardware, instalasi driver, dan segala hal yang dulu harus saya lakukan manual. Saya masih ingat ketika saya harus mengetikan secara manual snd-via82x untuk instalasi driver sound card saya. Sekarang, hmm… tak ada lagi. Semuanya telah dilakukan installer. Kita tinggal tekan Next-Next-Next, semudah instalasi Windows.

Saya merasa lebih ketinggalan zaman lagi ketika menggunakannya. Mencolokkan apa pun di USB: flash disk, hard drive external, modem GPRS, hingga kamera digital SLR saya, semuanya langsung dideteksi secara otomatis dan langsung disuguhi dialog apa yang akan dilakukan dengan device yang baru saja dicolokkan tersebut. Wew… canggih juga openSUSE, pikir saya pertama kali ketika saya mengalami ini. Saya kemudian dengan agak geli berpikir mungkin saja semua generasi Linux terbaru telah mampu melakukan hal “sepele” ini. Kemudian saya lagi-lagi ingat bahwa saya harus selalu mengetikkan perintah mount /dev/sda1 /media/flashdisk ketika mencolokkan flash disk. Zaman telah berubah Lih!

Saya pikir, saya juga orang yang awam mengenai sistem operasi ini. Banyak pertanyaan yang mesti dijawab antara lain: bagaimana cara koneksi internet, kenapa sama sekali tidak ada media codec yang bisa memutar mp3, mpeg, dkk? Kenapa YasT masih belum bisa mengalahkan kemudahan apt-get install-nya Debian? ๐Ÿ˜€ Saya yakin, teman-teman di komunitas openSUSE punya jawabannya ๐Ÿ™‚

Dan semoga panduan dasar ini bisa menjadi sedikit sumbangsih bagi perkembangan FOSS (Free and Open Source Software) di Indonesia. Halah! :))
Silakan didownload di: Panduan Dasar Instalasi Linux openSUSE 10.3 [PDF Format].

Segera diupload: koneksi internet dengan HP ber-GPRS dengan openSUSE 10.3! Ditunggu yaaa…. ;))

PS: Kenapa saya tidak pernah tertarik untuk menjadi penulis Ilmu Komputer yach? Padahal saya kepingin juga loh, tapi kalau melihat banyaknya kontributor IKC, saya jadi minder. Mas Romi? Ada saran? ๐Ÿ˜‰

Published
Categorized as Linux

By Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

20 comments

  1. Karena open source berangkat dari komunitas, saya yakin pasti akan bisa semudah windows. Butuh waktu sih, tapi progresivitasnya mengagumkan ๐Ÿ˜€

  2. Open source..
    itulah yang seharusnya menjadi masa depan bangsa Indonesia. karena harga lisensi terlalu mahal, bahkan saya saja ngga mampu membayarnya..
    jadi tunggu apa lagi mas..
    ayo kita kampanye-kan..
    GO OPENSOURCE…

    Nb. Hehehe… Tag baru lagi nih (Linux)

  3. KESULITAN INSTALL OPEN SUSE 10.2 dan 10.3
    Ya, itu masalahku sekarang. aku dapet kemaren dapet distro open suse 10.3 dari temenku. aku kesulitan dengan instalasinya.

    Gini, komputerku ada windowsnya. Sku udah siapkan partisi kosong di harddisk untuk linuxnya. Aku tau kalo mau install 2 OS harus diatur partisinya.

    Nah, kesulitannya adalah software bawaan dari Open Susenya itu selalu mau masuk ke partisi drivenya windows, dan bukan mengarah ke partisi kosong di harddiskku. Aku udah coba atur2 partisinya dari cd open susenya tapi tetep aja instalasi softwarenya mengarah ke partisi windowsnya.

    Gimana nih, tolong segera solusinya. kirim aja ke emailku di haqimian@gmail.com atau tsn_united@yahoo.co.id. Kasih offline message di YM juga bisa. makasih sebelumnya!

  4. Halo..
    Blog yg bagus,..
    Saya sdh download,Thank
    Hanya saya sebenarnya cari2 manual, upgrade opensuse 10.2 –> 10.3.
    Sebelumnya saya pakai 10.2 berjalan dg bagus,
    krn baru pertama kali mau upgrade, maka cari2 info dulu,
    Apa saja yg disiapkan, apakah perlu backup data dsb..

    Sekali lagi thank telah mau berbagi

    Sukses selalu buat Anda

    Salam

  5. Pak Agung

    Saya menggunakan SLED 10 SP1 di notebook thinkpad z61t sebelum upgrade ke 10.3. Tidak ada masalah berarti waktu upgrade kecuali menghapus kernel image yg lama krn partisi boot saya kecil. Dan bootsplash tdk muncul krn SLED menggunkan theme NLD dan bukan suse. Pada notebook saya hal ini bisa dibereskan dengan command “mkinitrd -s 800×600”

    Perlu diketahui saya tdk melakukan fresh install tapi “upgrade existing installation”

  6. Mas Galih, saya ada pertanyaan nih…
    saya sudah install XP di notbuk saya, saya ingin dual boot dengan opensuse 10.3. Notbuk saya sudah dipartisi jadi 3, nah saya ingin taro opensuse di partisi yg ketiga.

    Sewaktu proses instalasi opensuse, saya sudah pilih create custom partition -> resize partition, tapi hasil akhir selalu error terus… Mohon langkah2 pencerahannya… Terima Kasih…

  7. ==========Quoted=======
    Segera diupload: koneksi internet dengan HP ber-GPRS dengan openSUSE 10.3! Ditunggu yaaaรขโ‚ฌยฆ.
    =======================

    Loh,.. bukan e iku biyen ideku ndut?…??

  8. hehehe… ketoke bukan awakmu sing ketinggalan zaman. tp kesalahan awakmu ketemu debian dhisik daripada opensuse :p.

    peace lih ^__^.

  9. Thanks ya, dah kasih cara installnya, aq punya yang live cd, aq ngak tau cara menjalankan is programnya, dan trus ada ngak tutorial aplikasinya untuk menjlankan program2 didalam open suse 10.3, tolong kasih tau ya bisa kirim ke email saya ronaldoedi@yahoo.co.id

    thanks banget atas perhatiannya

  10. Thanks bnget, aku mau tanya gimana cara simpan setting DNS,Routing di Suse 11 krena saya menggunakan Suse 11 untuk routing Speedy…tapi setelah komputer restart ko settingan jaringan jadi berubah dan harus di setting ulang..
    saya tunggu kabarnya di emal saya..terimaskasih

  11. bgmn cara instalasi update kernel,instalasi driver VGA ATI seri 3650? trims….aku mau gabung……tolong ya daku butuh arahan dari anda………

  12. apa perintah untuk konfigurasi VGA di open suse 10.3? mslhx stlah sy install open suse, tamoil pesan “failed X server service”, sy pake notebook HP 520, VGA intel

  13. makasih mas,,,buat tutorialnya…maklum,aku masih awam banget dengan linux,,,ni lagi mau mulai instal,,,yang laen jangan lupa kasih info2 buat para pemula ya…go opensource….kalo da info baru bisa dikirim ke Ans_setya@yahoo.com,,makasih sebelumnya…

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *