Jadi Blog Niche?

Tak terasa, posting-posting saya satu dua bulan terakhir ini mayoritas tentang fotografi. Sempat mencetak rekor jumlah posting tiap bulan hingga 23 posting (Juli 2007). Padahal, untuk membuat 14 posting sebulan saja biasanya sangat susah. Di benak saya timbul pertanyaan, apalah blog saya akan saya ubah menjadi blog niche saja, blog khusus tentang fotografi? Ah, lebih baik tidak. Saya tidak bisa menulis dibatasi hanya dalam satu topik saja.

Saya menulis berdasarkan apa yang saya sedang suka untuk ditulis. Waktu masih berbentuk diary, saya menulis tentang catatan harian. Waktu patah hati, saya menulis tentang melankolis. Tulisan ini mewarnai blog ini dalam rentang waktu yang cukup panjang. Banyak orang mungkin yang menilai aneh tentang tulisan ini, kok ya ada orang yang sedang sakit menuliskan hal-hal pribadi di tempat publik. Norak, memalukan, dan setumpuk istilah lain. Tapi ya… dramatisasi tentang patah hati memang selalu menyenangkan. Saya sedang menikmati sakit karena patah hati. Salah satu kesenangan ini saya tuliskan lewat blog. He..he..he..

Waktu kuliah, saya menulis tentang apa yang sedang saya pelajari hubungannya dengan subjek mata kuliah yang saya ikuti. Saya menulis tentang Java, Linux, Windows, dan segala hal tentang Teknologi Informasi. Sekarang, karena hobi motret sedang gila-gilaan sejak hadirnya Nikon D40 di kehidupan saya, saya menuliskan tentang berbagai macam hal tentang fotografi. Tentang pengalaman saya memotret. Dan ternyata, sekarang saya jadi tidak mood lagi kalau disuruh menulis soal Teknologi Informasi. Saya ingin menulis tutorial tentang Enterprise Java Bean dan Java Enterprise Edition, tapi entahlah, mood itu tidak kunjung tiba.

Jadi sebenarnya, blog saya masih tetap, blog gado-gado yang menceritakan apa yang sedang saya lakukan. Saya suka menulis, jadi saya tulis. Itu saja. Escribo, ergo sum!

*Escribo, ergosum: Aku menulis, maka aku ada. Plesetan dari ungkapan terkenal dari Descrates: Cogito, ergosum — Aku berpikir, maka aku ada. 😛

By Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

9 comments

  1. moga aja kegiatan “naek motor en berurai air mata” itu bukan merupakan dampak-akibat-hasil dari patah hati ya mas? hi.hi.
    ok..tetep semuangaat!!

  2. niche bagus juga.. tapi lebih keren jika gallerinya self hosted… bukan ngikut yahoo flickr. Terserah pake apa gitu.
    Kalo pake flickr naanti asalahnya seandaina ada peraturan yang berubah kan kita ga tau bagaimana nasib foto kita

  3. #rina:
    niche itu artinya tipis, khusus. jadi blog niche itu blognya topiknya sangat khusus, misalnya tentang fotografi saja, atau kedokteran saja. btw dok, nggak pengen punya blog soal kesehatan? 🙂

  4. iya emg akhir2 ini postingan mu tentang fotographi mas. jd agak susah juga kasih komentar.. yah.. butuh waktu juga sie mas untuk menjadi blog niche

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *