Ceria

FLICKR
Lokasi: Kebun Binatang Ragunan, Jakarta
Nikon D40 | Nikkor AF-S 55-200 mm VR | 1/60 s | F/5.6

Keceriaan khas anak-anak, hehehe…

Tips dan Trik

Memotret dengan posisi sumber cahaya membelakangi objek seperti ini agak berisiko kehilangan detail muka. Istilahnya adalah backlit. Backlit sangat berguna untuk membuat siluet, tetapi menjadi bermasalah ketika kita ingin membuat objek yang detail.

Untuk mengatasinya, usahakan sumber cahaya paling kuat tidak menabrak lensa secara langsung. Untuk foto di atas, matahari berada di belakang sebelah kanan dan sudah tinggi. Konsekuensinya, background menjadi overexposed. Tapi tak mengapa, yang penting objek detailnya tetap terlihat, dan kabar baiknya adalah: terbentuknya sedikit rim light di bahu objek.

Jika detail objek masih tidak terlihat, solusi berikutnya adalah melawan backlight dengan lampu flash dari kamera. Ini disebut fill in flash. Jadi, lampu flash tidak hanya berguna sebagai penerangan di cahaya yang minim, tapi juga untuk memperjelas detail objek ketika terkena backlight seperti ini.

Selamat mencoba!

By Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

5 comments

  1. Wah..boleh dicoba nih tipsnya. Saya sering banget ngadepin kasus kayak gini. Cuman masalahnya kalo pake kamera pocket gmana ? Lam kenal ya? Bukan seorang fotagafer ato seniman. Hanya org biasa yang pengen banget belajar moto yang baik dan benar..Thanks.

  2. #bofyla:
    sama saja, ini berlaku untuk kamera apa saja. saya juga bukan fotografer atau seniman kok, cuma amatiran yang lagi gila motret aja he..he..he..

    #anang:
    thanks ^^

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *