Javascript:parseInt

Fungsi yang bernama parseInt (parse integer, bukan parseInt*** 😛 ), banyak ditemukan di bahasa pemrograman, antara lain Javascript. Fungsinya untuk menerjemahkan suatu angka dalam tipe String ke dalam tipe integer sehingga bisa dimanipulasi lebih lanjut, misalnya untuk kebutuhan penghitungan Matematis.

Fungsi ini adalah fungsi global JS, sehingga bisa langsung dipanggil tanpa harus menginstansiasi suatu objek tertentu. Bentuk umumnya adalah sebagai berikut:

parseInt( valueInString [, radix] )

valueInString adalah angka dalam tipe data String yang akan diterjemahkan ke dalam integer. Nah, kemudian parameter kedua ini yang seringkali dilupakan. Parameter ini memang opsional, bisa disertakan atau tidak. Radix adalah ke dalam bilangan basis berapa nilai string tersebut dikonversi, apakah desimal, oktal, dan lainnya. Nah, jika parameter ini tidak disertakan, maka Javascript akan menerjemahkan nilai string dengan aturan sebagai berikut:

  • Jika string dimulai dengan “0x”, maka JS akan mengkonversi ke dalam bilangan heksadesimal (basis 16).
  • Jika string dimulai dengan “0”, maka JS akan mengkonversi ke dalam bilangan oktal (basis 8).
  • Jika string dimulai dengan nilai selain itu, JS akan mengkonversi ke dalam bilangan desimal (basis 10).
  • Jika string tidak dapat dikonversi, maka return value-nya adalah NaN (Not a Number).

Jadi, melihat aturan ini, kita harus sedikit hati-hati dalam memanggil fungsi parseInt tanpa menyertakan radix-nya. Tadi aku dipusingkan oleh konversi string “08” yang menjadi angka 0, bukan 8. Ternyata memang JS mengkonversinya ke dalam bilangan oktal, pantesan deh hehehehe…

Catatan pengingat ini bersumber dari artikel ini.

By Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *