Keajaiban Sholat Subuh

Judul Buku: Keajaiban Sholat Subuh
Pengarang: Imad Ali Abdus Sami’ Husain
(doktor bidang dakwah dan tsaqofah islamiyah universitas al-azhar kairo)
Penerbit: Wacana Ilmiah Press

Sholat terberat bagi orang-orang munafik adalah sholat Isyak dan Subuh. Padahal seandainya mereka mengetahui pahala pada kedua sholat tersebut, tentu mereka akan mendatanginya walaupun harus merangkak.

(HR. Ahmad)

Inilah pembukaan buku yang tak terlalu tebal (167 halaman) dan dicap sebagai Best Seller ini. Sungguh sangat menohok dan sangat mengena. Bagaimana tidak mengena? Lihatlah keadaan masjid kita saat sholat Jum’at dan lihatlah lagi ketika fajar menjelang. Masjid yang penuh sesak saat sholat Jum’at tiba-tiba menjadi sepi di kala sholat Subuh. Satu shof pun mungkin tak penuh.

Berawal dari keprihatinan penulis mengenai fenomena ini, topik dalam buku ini diangkat. Bagian pertama buku ini membahas mengenai waktu dan keutamaan sholat Subuh secara mendetail. Ringkasan keutamaan sholat Subuh yang disebutkan dalam buku ini antara lain:

  1. Sholat Subuh adalah faktor dilapangkannya rezeki
  2. Sholat Subuh menjaga diri seorang muslim
  3. Sholat Subuh sama dengan sholat malam semalam suntuk
  4. Sholat Subuh adalah tolok ukur keimanan
  5. Sholat Subuh adalah penyelamat dari neraka
  6. Sholat Subuh adalah salah satu penyebab seseorang masuk surga
  7. Sholat Subuh akan mendatangkan nikmat berupa bisa melihat wajah Allah yang mulia
  8. Sholat Subuh adalah suatu syahadah (kesaksian, bukti), khususnya bagi yang konsisten memeliharanya
  9. Sholat Subuh adalah kunci kemenangan
  10. Sholat Subuh lebih baik daripada dunia dan seisinya

Setelah dibahas keutamaannya, bagian kedua buku ini membahas tips dan trik bagaimana agar sholat Subuh bisa dilaksanakan dengan sempurna. Misalnya tidur lebih awal, memasang jam weker di tempat yang sulit dijangkau, dan masih ada 12 tips lagi yang bisa dicoba. Dan bagian terakhir buku ini membahas fiqih sholat subuh, lengkap dengan bid’ah yang sering terjadi, dan dzikir yang menyertai. Sebagai penutup, bab terakhir membahas bagaimana wanita salaf dengan tekun melaksanakan sholat subuh, dan diakhiri dengan pertanyaan yang lagi-lagi menohok, “Dimanakah kaum lelaki kita?”

Buku ini cukup ringan untuk ukuran buku yang membahas Fiqih sehingga enak dibaca sambil makan. Tak perlu menyediakan waktu khusus dan energi khusus untuk membaca buku ini karena dikemas dengan bahasa yang komunikatif. Mungkin jika dikategorikan berdasarkan kategorisasi novel, buku ini adalah chick lite namun tetap tidak meninggalkan keseriusannya. Wajib dibaca untuk kita semua, apalagi untukku yang sering susah bangun pagi, hehehehe….

By Galih Satriaji

Bookaholic, Workaholic. Chubby. That's me!

151 comments

  1. #mbak rhani:
    minjem, boleh kok mbak, tapi musti ke sini, ke kantorku 😛

    #Nilla:
    aku suka buku apa aja, mulai dari teologi, teknologi, novel, biografi, konspirasi politik… tapi emang yang paling suka baca novel, soalnya ringan dan bisa dibaca kapan saja sebagai teman makan dan pengantar tidur 🙂

  2. saya jadi teringat lagunya almarhum Chrisye dan Achmad Dani, Surga dan Neraka. Bisakah orang melakukan sesuatu karena kemurnian hati dan keihklasan, bukan karena iming2 pahala yang kadang ukurannya terasa sangat berlebihan dan kurang masuk akal? Salam.

    1. Saudaraku, agama tdk melulu harus dipahami dengan akal, krn agama adalah keyakinan dan keimanan, keterbatasan dan kebodohan akal kitalah yg menjadikannya tdk masuk akal. seperti ketika melihat orang berjalan lama2 akan hilang dari pandangan mata, apakah dia hilang, tentu saja tidak. tetapi mata kita yg tidak sanggup lagi melihat keberadaan org itu. bgtu pula dengan agama dan pahala yg dijanjikan tdk bisa dipahami dgn akal kita yg bodoh dan terbatas ini…..wass…..

  3. #aroengbinang:
    astaghfirullah, kurang masuk akal? berlebihan? boleh minta penjelasan lagi apa maksud kata berlebihan ini?

    untuk lagu surga dan neraka sendiri, saya pribadi agak takut jika mendengar lirik-liriknya. saya takut membelokkan kata ikhlas menjadi pengingkaran terhadap surga dan neraka. contohnya? ya… pernyataan iming2 pahala akan surga dirasa berlebihan dan kurang masuk akal. Karena hal ini sudah menyangkut aqidah/keimanan, urusannya sudah bukan akal, tapi hati. saya takut karena saya sendiri belum cukup mampu untuk mengerti apa arti ikhlas itu.

    itu tanggapan saya, maaf jika kurang berkenan.

  4. klw gue m wajib bangat arus bisa dapatkan buku ini apa
    lagi aq benar2 belum banyak tahu dalamnya tentang agama aq…
    karena selama ini aq banyak mengabiskan waktuku dengan hal2 tentang penelitian tentang isi hutan yang ada di tanah air kita ini dan menjadikan aq sangat banyak membaca buku2 tentang biologi di bandingkan buku2 tentang agama.
    emangsi aq mengakuinnya bawah aq sangat kurang tahu tentang agamaku sendiri.
    setidaknya dengan aq mulai membaca buku ini aq menjadi bisa menambah tahu bagai mana sebenarnya isi tentang agamaku ini…
    kapan dong aq bisa dapat bukunaaaaaaaaaa………….???

  5. Barangkali tidak hanya menjalankan Sholatnya aje tapi mengimplementasikan doa, bacaan, dzikir sholat ke dalam keseharian,

    Keutamaan Sholat Subuh:

    1. Diharapkan pagi-pagi dah njemput rezeki
    2. Diharuskan menjaga hati pikiran tetap jernih
    3. Hadisnya mana ?
    4. Tidak ada orang malas yang mampu melakukannya
    5. Apabila dilakukan dengan khusyu’ Insya Alloh.
    6. Juga harus diikuti dengan amalan-2 yang laen.
    7. Gimana caranya ya, may be dengan kehusyukan itu kita
    bisa ketemu ama yang namanya Sang Khaliq
    8. Pasti
    9. I hope so
    10.Kalo gak salah itu Sholat sunnat sebelum Subuh (Qobliyah Subuh).

  6. Assalamu’alaikum… pertama nulis komen di blog galih nih 😀
    Waaah … baguos bukunya. Hmm klo ada buku2 bagus yg galih baca … ditulis disini yak .. biar jd referensi utk nambah koleksi dirumah …:). Klo bsa pinjem galih sih …. pinjem 😀 . Btw … kapan nih mampir ke rumah ?:) .. sekalian bawa bukunya galih .. biar bisa dipinjem 🙂

  7. #ratna:
    wa’alaikumsalam, suatu kehormatan bisa dikunjungi seorang ratna 🙂 . Sebisa mungkin aku nulis review buku-buku yang aku baca. bisa dilihat dibawah di kategori Review. Thanks for coming

  8. wah.. sya rasa buku yang bagus.. mengajak setiap orang untuk terhindar dari sifat munafik.. dgn menunjukan keajaiban shalat shubuh.

  9. ya allah..
    Berikanlah kesejahteraan bagi para ulama kami yang telah menerangi hati kami dari kegelapan.. amin.
    buku ini amat berman faat bagi ku…

  10. oceee bgt tuch..sholat shubuh emang buuuanyat bgt pahalanyaaa,,,,,bukunya dah gua baca isinya ocee bgt tuch,,,ayooo beliiiii

  11. wiiiih…ia tach…???
    Belakangan ini jdi agak susah bangun pagi,
    tapi kalow balasannya bisa lihat wajah sang PENCIPTA…. ayow iye.. nyubuh lagei

  12. bagus…karna setiap ummat muuslim di anjurkanuntuk melaksanakan sholat karna suatu kelak nanti kita akan di perhitungkan amal baik kita bagai mana di dunia

  13. wah selama ini saya jarang kali shalat subuh….setelah melihat buku keajaiba shalat subuh hati ku terbuka untuk menunai kan nya

  14. Alhamdulillah.. Dengan adanya buku ini, saya semakin bersemangat untuk melaksanakan shalat shubuh. Apalagi kalau shalat tersebut dilaksanakan secara berjamaah.. MASYA ALLAH.. Nikmatnya ..

  15. bukunya bagus sekali,semoga kita semua selalu mendapatkan hidayah agar menjadi orang yang tetap menegakkan sholat subuh berjamaah di masjid…Amien

  16. kalo mau beli bukunya dimana ya?tp kalo misal ada yang udah punya boleh tuch pinjem aja………..he he he.

  17. lakukanlah selama minimal 40 hari berturut-turut sholat secara berjama’ah tanpa ketinggalan takbir pertama imam, dan buktikan kebenaran dan manfaat sholat. (rezeki, merubah musibah besar jadi kecil dan yang kecil jadi tiada, terjaga dari ma’syiat dan lain2) manfaat bergantung pada tingkat kesempurnaan kebersihan diri lahir (wudhu) maupun batin (khusyu’).

    sholawat dan salam sebanyak jumlah atom semesta alam teruntuk nabi tercinta Muhammad SAW yang telah membawa oleh-oleh sholat dalam isra’ mi’rajnya.

  18. Seharusnyalah pemerintah (Departemen Agama republik Indonesia) atau orang-orang muslim/muslimat yang kaya (mampu) di Indonesia mengangkat alim ulama/ahli agama islam untuk ditempatkan disetiap masjid/langgar di seluruh indonesia guna memimpin sholat berjamaah untuk setiap waktu sholat, sehinga masyarakat termotivasi untuk melakukan sholat berjamaah di masjid/langgar, terutama pada waktu isya dan subuh, sehingga Insya Allah masjid/langar kita akan terisi terus (relatif banyak) setiap waktu sholat tiba, Allahu Akbar semoga balaq jangan Engkau timpakan lagi kepada kami, …. Amin

  19. Astagfirullah, saya memang sering tinggalkan sholat subuh dan isya karena mungkin karena saya kecapek-an makanya kalau sudah sampai dirumah jadi ketiduran dan pagi2 baru kebangun jam 7, tapi mulai sekarang saya berjanji tidak akan tinggalkan sholat wajib lagi karena saya takut akan dosa saya.doakan ya moga2 ibadahnya bisa dijalankan.amiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiin

  20. heheee….q biasanya dh alaram tuk sholat subuh….ktk azan subuh q dh bangunn..tp,kadang2 mata ku gk bisa mengerti …q gk munafik q ada yg gk solat subuh.perasaan ku waktu itu dh jdi sholatya tp kytan y msh bo2…..q bangun beneran jm 8.30 kbtulan q hri itu libur kul n libur ker….

  21. emang terkadang aku lupa akan sholat subuh mungkin karna aku bulum bisa menghargai apa yang diwajibkan kepada ku, tetapi dengan ini doa kan saja aku akan berubah dan akan melaksanakan sholat 5 waktu semampuku terutama sholat subuh, jadi para pembaca dika mohon doa nya untuk selalu bisa hadapi segala cobaan yang dika hadapi untuk bisa melaksanakan perintah allah ini. dan dika harap bukan hanya dika tetapi semua ya. amin

  22. wah…mesti beli buku itu dong klu mau baca…mang gak ada referensinya yah……..kan biasanya ada tuh kayak laskar pelangi contohnya……….tapi yah secara keseluruhan dah bagus and banyak yang bisa aku petik dari artikel ini

    wasalam and terima kasih

  23. mau donk bukunya gimana ? karna sekarang ini untuk sholat subuh agak malas di mesjid tapi keloloran juga sekarang di rubah trims

  24. hmmm. jadi nyesel.. selama ne q selalu menunda2 waktu shalat subuh.. padahal tiap kali adzan q selalu bangun.tapi trus bobo lagi.
    doain q biar bisa jadi lebih baik.. amiennnnnn

  25. gimana nich ….. mohon Ya Allah hambaMu ini menjadi orang yang lebih khusyuk lagi dihadapanMu terutama untuk menjalankan sholat Subuh memang terasa cukup berat apalagi hari hujan…Masyaallah ….

  26. trimakasi atas nasihatx mga ane bsa jlanin solat dgn baik ane jg ge bljr solat cz ane gak mau ngelakuin solat dgn stngah2 yang cma 3 atau 2 waktu doank pdhl kan 5 waktu. jazakallah

  27. assalamualaikum ……saudara2 seiman dan seagama.andai saja tak ada neraka dan surga masihkah kita menjalankan sholat??????.yaALLAH SWT..//peliharalah,jagalah agama MU dari rongrongan dajjal dan antek2nya.walaikum salam

  28. assalamualaikum……saya sngt bth buku2 demikian,paling tidak bwt reperensi.saudara2 ku seiman seagama,jgnlah kau tinggalkan sholat.sholat mencegah perbuatan keji dan munkar.

  29. Kayanya ok deh…. memang sholat subuh rasanya paling berat…ngantuk..apalagi kalau tidurnya kemalaman….So… Sip dehhh…Mudah2an kita semua menjadi kekasih-kekasihNya dan menjadi orang2 yang terpilih..Amiennn.

  30. hmm… bukunya emang bagus banget. tapi emang susah banget bangun utk sholat subuh. dan emang sih.. ternyata pukul 4 pagi sampe jam 5 tuh pas dingin-dinginnya (kata buku ipa smp). jadi setannya mudah banget ngambil slimutnya dan enakan teteptidur ggrrrr…. TAPI JUSTRU SAAT ITULAH ORANG-ORANG YANG SHOLAT SUBUH ADALAH ORANG-ORANG PILIHAN

  31. kalau saya sholat juhur ashar, magrib dan isya, mengerjakan kalau shubuh berat banget negrjainya. tolong saya ya Allah beri Kekuatan pada saya untuk mengerjakan ibadah dengan penuh hikmah dan khusu.

  32. assalamualaikum, alhamdulillah setelah saya membaca buku ini pikiran saya jd terbuka,lebih semangat menjalankan sholat 5 waktu trimz yah
    atas terbitnya buku ini, saya tunggu buku berikutnya
    wasalamualaikum

  33. buku ini emang bener2 bagus, jadi kudu di beli biar kita2 pada gak males lagi u/ sholat subuh kan sudah pada tahu manfaatnya. wassalam

  34. subhanalllah. . . .
    bukannya sbg muslim qt mesti sholah subuh…???
    jangan jadikan sholat subuh sbg kewajiban seorang muslim. .
    melainkan sbg suatu kebutuhan. . .

  35. Rajin rajin lah sholat subuh karena setiap ada masalah atau problem pasti datang pertolongan Allah. karena saya pernah mengalaminya. Subhanallah …..

  36. yang lebih enak, sebelum sholat shubuh lakukan sholat sunat masjid 2 rakaat dan 2 rakaat sholat fajar. Setelah sholat subuh dengarkan kultum lalu tadarus….selesai tadarus..(ini enaknya lagi) tawaf keliling komplek sebelum pulang ke rumah dengan arah yang beda saat pergi sholat subuh dimasjid…karena di saat subuhlah…ozon atau embun turun ke bumi…segarnya nikmat allah….subhanallah…alhamdulillah…

  37. buku sebagai jalan buat mencari dan mempelajari segala hal.. tapi jangan lupa bila ingin memperdalam keagamaan buka bagai pembukanya, cari guru yg benar2 dapat menerangkan apa yg telah kita baca agar pola pandang kita tidak salah dalam melaksanakan prakteknya.

  38. Subhanaallah, indahnya kalo bisa sholat subuh brjamaah tiap hari. Ya Allah berikanlah hambamu ini keindahan itu. Ingin skali bs sholat berjamaah dirumah tapi ga bisa membujuk yg lain untk diajak..

  39. waduuuhhh

    uusiikum wa iyya..ya.. nafsi bitaqwallahu

    tipsnya klo mo bangun shubuh niatkan tuk bangun dan lillah klo bisa wudhu dulu sebelum tidur

  40. Sholat terberat bagi orang-orang munafik adalah sholat Isyak dan Subuh. Padahal seandainya mereka mengetahui pahala pada kedua sholat tersebut, tentu mereka akan mendatanginya walaupun harus merangkak.

    (HR. Ahmad)

  41. wah klo bukunya bagus untuk umat… kenapa ngaa dibuka aja + klo bisa digratiskan.. agar smua bisa membaca, klo buku dikomersilkan ya sy kira sama aja dg buku2 lainnya yaitu buku dg motif2 mencAri untung.

  42. Memang sholat subuh hrs kita laksanakan setiap hari tuk berjamaah siapa lagi kalau bukan kita yg memakmurkan masjid memang berat, tapi pahalanya besar sekali ditambah sholat fajar sblm subuh hebat tuh pahalanya.

  43. sholat 5 waktu, di awal waktu,jamaah di masjid u/ laki2, bisa ga’ yach.? tanya pada diri sendiri, kuat kan niat bribadah hanya u/ ALLOH smata..
    ,,PASTI bISA..

  44. y jangan jadikan sholat tu sebagai kewajiban sehingga jadinya berat, tapi jadikan sholat tu sebagai Panggilan Jiwa.>0<

  45. emang bener sih walaupun mata msh ngantuk berat yg namanya kewajiban hrs dong d laksanakan,tp kalo dah ambil wudhu mata pasti melek….

  46. salah seorang orientalis yahudi berkata :”jika jamaah sholat subuh umat islam sudah sebanyak jamaah sholat jum’at, niscaya orang-orang kafir tidak akan dapat tertidur nyenyak”.
    maka sholat subuh berjamaah dimasjid merupakan salah satu tolak ukur kebangkitan UMAT ISLAM.

  47. assalammu’alaikum.wr.wb……………………………………………….
    Kaum Muslimin harus sadar……….sekarang banyak pemimpin klo kite nanya dmana beda azan subuh dengan azan shalat laen nya g’tau……… gmana ya kita ikut pemimpin tersebut pha g’ngaur umat islam ni……..

  48. Luar biasa. Menohok memang kata2 yg tepat utk menyentil agar hati tergugah. Usulan ya : dibwh resensi yo mohon ditambahkan harga dan tempat belinya. Review2nya boleh dong di kirim ke emailku. Terimaksh.

  49. memang benar barang siapa yang ngaku-ngaku ulama atau pak kiyai,atau ustadz dan siapa saja maka lihatlah pada waktu sholat subuh kamu nongkrong di depan rumahnya nah kalau dia keluar untuk sholat subuh berjama’ah baru boleh orang-orang tersebut disebut seperti sebutan tadi,kalau tidak weah tak pantas bung

  50. pendapat saya adalah sholat hari raya adalah tandanya orang islam
    sholat jum’at adalah tandanya orang yang beriman dan sholat subuh
    adalah tandanya orang bertaqwa

  51. Benarkah salat subuh itu menghormati kebangkitan yesus kristus, kami sebagai umat kristiani sangat tersanjung dengan yang kalian lakukan….trims GBU

  52. subhanalloh termulialah mereka yang selalau menjaga sholat dan imannya ke pada alloh, sesungguhnya jika alloh berkehendak semuanya bisa terjadi, semoga kita termasuk orang orang yang di rahmati oleh alloh amin 3x

  53. Dengan baca buku ini kita akan lebih paham makna dan tujuannya serta menambah wawasan kita
    insya Allah kita bisa jadi member shalat subuh di mesjid disekitar rumah kita masing2 ya…

  54. Assalammu’alaikum wr.wb.
    Bila kita akan niat bangun pagi sebelum tidur baca ayat kursi 1 x , QS Surat Al-Ikhlas 3 x , QS AL-Falaq 1x , QS Al-Annas 1x , Shalawat Nabi dan mohon kepada Allah Dibangunkan pukul 3.00 WIB ( bantalnya ditepuk 3 x ) Insya Allah kita dibangunkan oleh Malaikat Allah sesuai permintaan kita sebagai catatan sebelum tidur kita bersuci dulu (bebas hadas besar dan kecil ).
    Selamat mencoba !!!
    Wassalammu’alaikum wr.wb.

    IKHWAN

  55. aku tinggal jauh dari musholla, ( Maklum Dikampung, lewat empang, kebon singkong )
    kemaren2 aku rajin shalat subuhnya.
    tapi sekarang takut keluar kalo subuh…. apalagi kalo diceritain yang serem2. ditambah lagi Hujan .
    ya ALLah Tolonglah aku, aku mau sholat SUBUH berjamaah LAGIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIII.

  56. sy tinggal di kos brsma dg tmn2 sy, n tmn sy itu ada yg tdk sholat, sy sdh brusaha utk mngingatkn dy, tp klo hrz tiap hr mngingatkn sy mrasa gk enk sndiri krn omongan sy gk prnh digubris,.dan kbtulan umur dy jg lbih tua drpd sy..
    sy bingung, apa yg hrz sy lakukan kpd tmn sy itu,??
    tlng beri saran donk,..
    mksih sblumx…

  57. assalamualaikum.wr.wb….
    terimakasih akhi atas ilmux,,,betul baget kata akhi untuk shlat shubuh berjamaah begitu berat.rasa ngatuk,dingin sellalu mengingap dalam diri,ana minta doax,agar ana sellau di berikan jalan yg lurus dalam mengapai ridhonya,,,amin
    wasssalamualaikum.wr.wb

  58. ass…..
    trm ksh infonya,kl ada referensi buku2 bagus boleh di infokan lg
    smg kita selalu dalam lindungan Allah SWT
    aminnnnnh

  59. saya ingin berbagi cerita tentang sholat subuh, saya sebenarnya paling males dan susah untuk sholat subuh, tetapi beberapa bulan yang lalu saya sakit demam berdarah yang lumayan parah dari hidung dan mulut saya keluar darah, setelah sembuh saya mengalami kejadian yang agak aneh saya tidak pernah lagi ketinggalan sholat subuh dan saya melakukan sholat shubuh secara berjamaah di masjid..itu sangat aneh bagi saya, saya merasa bisa sholat shubuh bukan karena saya orang yang beriman tapi semata-mata karena kehendak ALLAH yang membuat saya bisa sholat shubuh.

  60. Saudaraku seiman dan seagama, sungguh luar biasa buku keajaiban sholat subuh, setelah aku baca dr pinjam teman saya april 2009 menyadarkan hatiku selama ini keliru, saya ini pekerja keras, pindah dari kota ke kota meninggalkan keluarga dirumah, panas hujan tidak saya hiraukan, apa yang saya dapatkan? hanya uang dan kepuasan lahir. sedangkan sholat subuh berjamaah di masjid (wajib bagi Laki-laki) dan sholat sunah dua rokaat sebelumnya yang pahalanya dunia seisinya, seperti yang dijanjikan Allah, kenapa tidak saya perjuangkan. dengan pertimbangan logika pikir saya seperti itu akhirnya atas ijin Allah, saya berhasil menjalankan sholat subuh berjamaah dimasjid dengan istiqomah sampai sekarang, Alhamdulillah saya diberi kekuatan oleh Allah untuk mendatanginya dimanapun saya berada sekarang harus sholat subuh dimasjid dan saya merasa mendapat nikmat dan kemudahan dari Allah jauh lebih banyak dari sebelumnya. ALLAHU AKBAR

  61. ya enggkou maha besar , engkau yang agungkan sebagimana yang berikan kepada hambah”mu ini sangat besar dan sangat luas , saya bersyukur dengan nikmat yang engkau berikan kepada ku …

    aku setiap hari selalu shollat 5 waktu , agar aku selalu ingat kepadamu ya allah …
    la ilah ha’ilallah …….

  62. smoga aq bukanlah menjadi orang 2 yang munafik,smoga dengan bacaan ini aq bisa menjadi orang yang taat pada agama dan tidak malas dalam menjalankan perintah nya.amin ya robbal alamin

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *